Senin, 30 November 2020

Genmuda – Kabar buruk nih buat kamu para pecinta sandal karet, Kawan Muda! Terlalu lama pakai sandal karet ternyata bakal ngasih masalah buat kaki kamu loh!

Sejak tahun 2002, sandal karet emang jadi salah satu jenis alas kaki yang diminati oleh masyarakat. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, semua suka pakai sandal karet. Hal itu pun terjadi bukan cuma karena bahannya yang ringan dan mudah dibersihin, tapi juga karena harganya yang terjangkau (apalagi banyak versi KW-nya).

Sayangnya, para dokter ternyata berpendapat bahwa sandal karet engga sesuai buat digunain sepanjang hari. Menurut ahli podiatri Chicago bernama Dr. Megan Leahy, walau sandal karet punya bantalan sol yang layak pakai, sandal karet engga cukup ngelindungin bagian tumit kaki kamu, sehingga kamu sebaiknya engga pakai sandal karet dalam jangka panjang.

Saat tumit tidak stabil, jari kaki cenderung mencengkram, sehingga dapat menyebabkan peradangan pada tendon, memburuknya kelainan kaki, masalah kuku, mata ikan, dan kapalan. Hal yang sama dapat terjadi dengan flip flop atau sepatu sejenisnya karena tumit tidak dilindungi,” jelas Dr. Leahy kepada Huffington Post.

(Sumber: en.wikipedia.org)

Sementara itu, Dr. Alex Kor, selaku Presiden American Academy of Podiatric Sports Medicine ngungkapin bahwa fitur paling penting pada sepatu adalah bagian struktur pendukung di antara tumit dan jari kaki. Beliau pun sering banget dapat keluhan nyeri di bagian lengkung dan tumit kaki dari para pasiennya yang sering pakai sandal karet.

Hanya ada dua tipe pasien yang akan memperoleh manfaat dari penggunaan [sandal karet], yaitu pasien yang memiliki lengkung kaki yang sangat tinggi atau mereka yang menderita edema berlebihan dari kaki dan pergelangan kaki mereka. Namun, dalam situasi apapun saya tidak menyarankan memakai [sandal karet] 8 sampai 10 jam,” papar Dr. Kor.

Engga ketinggalan, senada dengan Dr. Kor, Dr. Leahy nambahin pula bahwa sandal karet bisa digunain buat jalan-jalan di pantai atau kolam renang. Sebaliknya, sandal karet sebaiknya engga dipakai buat jalan-jalan yang panjang dan lama, soalnya beliau ngelihat bahwa anak-anak dan bahkan orang tua cenderung lebih sering kesandung dan jatuh saat pakai sandal karet.

So, keputusan pada akhirnya balik lagi ke kamu, Kawan Muda. Muka udah cetar dan penampilan udah kece, tapi kalau kaki sakit mah sama aja bohong. Intinya sih bukannya kamu sama sekali engga boleh pakai sandal karet, cuma waktunya aja yang perlu kamu seimbangin. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer