Jum'at, 3 Juli 2020

Genmuda – Buat kamu yang selama ini masih ogah-ogahan sarapan, abis ini kamu pasti bakal berubah pikiran. Apalagi kalo kamu lebih suka makan es krim ketimbang makan nasi, dijamin kamu bakal langsung rajin sarapan deh, Kawan Muda!

Jangankan disuruh sarapan, buat bisa bangun pagi setiap hari aja mungkin kamu udah susah payah banget. Untungnya, engga lama lagi kamu udah bisa ngucapin selamat tinggal sama masa-masa suram semacam itu, soalnya kini kamu punya satu lagi alasan buat buru-buru bangun pagi dan sarapan.

FYI, sebuah riset terbaru udah ngungkapin bahwa makan es krim buat sarapan bisa bikin kamu lebih pintar. Menurut The Telegraph, riset tersebut udah dilakuin oleh seorang ilmuwan Kyorin University, Tokyo bernama Yoshihiko Koga, yang penasaran apakah ada manfaat dari makan es krim di pagi hari.

via imgur.com

Lebih lanjut, lewat serangkaian uji klinis yang ngelibatin sejumlah peserta (yang beruntung abis), Prof Koga berusaha nyari tau apa jadinya kalo es krim dikonsumsi saat sarapan tepat setelah bangun tidur. Hasilnya pun ternyata hal tersebut bisa ngebantu ningkatin fungsi mental dan daya kerja otak.

Lah, kok bisa gitu? Well, pertama-tama, Prof Koga dan timnya ngebagi peserta jadi dua kelompok, yaitu kelompok yang makan es krim buat sarapan dan kelompok yang sebaliknya. Kedua kelompok tersebut lalu diminta nyelesain tugas-tugas mental di komputer, supaya waktu reaksi dan kemampuan mereka dalam ngerproses informasi bisa dibandingin.

Namun demikian, buat mastiin bahwa hasil yang diperoleh benar-benar berasal dari es krimnya dan bukan semata-mata dari suhu dinginnya, Prof Koga dan timnya kemudian ngulangin eksperimen serupa dengan ngegunain air dingin pada suhu yang sama. Siapa sangka, walau ada sedikit tanda peningkatan kemampuan mental, ternyata hasilnya engga sesignifikan es krim.

Terlepas dari itu, bukan berarti makin banyak kamu makan es krim di pagi hari kamu bakal makin pintar loh ya, Kawan Muda. Lagi pula, dengan adanya riset tersebut bukan berarti kamu bisa ngelupain pilihan sarapan sehat begitu aja. So, buat variasi, coba deh makanan otak lainnya yang engga kalah lezat dari es krim, kayak 5 contoh berikut ini misalnya:

1. Bluberi

via blueberrycouncil.org
(Sumber: Istimewa)

Menurut tim peneliti di Tufts University, bluberi engga cuma mampu ningkatin memori, tapi juga bisa ngebantu ngembaliin hilang ingatan. Selain itu, ‘The Journal of Neuroscience’ juga udah nerbitin sebuah riset yang nemuin bahwa bluberi bisa ngehasilin ingatan jangka pendek yang lebih baik, kemampuan belajar yang lebih cepat, dan peningkatan keseimbangan. Semua jenis beri pun pada dasarnya punya kombinasi antioksidan potensial yang bisa ningkatin memori dan koordinasi motorik.

2. Cokelat murni

via telegraph.co.uk
(Sumber: Istimewa)

Engga cuma es krim, tapi makanan manis yang satu ini juga bisa bikin kamu lebih pintar. Menurut para peneliti dari Harvard, kandungan flavanol pada biji kakao bisa ningkatin ingatan dan kemampuan berpikir. Bahkan, sejumlah dokter udah mulai ngasih resep kakao buat ngebantu ngurangin risiko kardiovaskular pada pasien, soalnya cokelat punya kemungkinan ningkatin persediaan darah pada otak. Asal kamu makannya engga berlebihan sih itu engga masalah.

3. Sayuran hijau

via Sobeys
(Sumber: Istimewa)

Hayo, mana nih di antara kamu yang engga suka makan sayur? Pantas aja kamu engga bisa jadi juara kelas. JSYK, sayuran hijau kayak bayam misalnya udah terbukti bisa ngelambatin masalah yang berkaitan dengan usia dan gangguan kognitif. Tingkat zat besinya yang tinggi juga ngebantu ngembaliin energi dan ningkatin fungsi sel darah merah. Lain halnya dengan brokoli, kandungan vitamin K-nya justru bisa nguatin kemampuan kognitif dan kandungan kolinnya bisa ningkatin ingatan.

4. Salmon

via MeawZa
(Sumber: Istimewa)

Kandungan asam lemak omega 3 pada salmon merupakan kandungan yang penting bagi kinerja otak. Akan tetapi, para ahli ngerekomendasiin agar kamu milih salmon liar ketimbang salmon ternak, soalnya kandungan omega 3-nya lebih banyak. Kalopun kamu engga suka salmon, kamu bisa coba tuna atau halibut, yang sama-sama punya kandungan omega 3 yang melimpah.

5. Alpukat

via HealthiNation
(Sumber: Istimewa)

Lebih dari sekedar nawarin rasa yang super lezat, alpukat ternyata juga bisa nguatin fungsi otak secara signifikan. Alpukat bisa ningkatin persediaan darah dan oksigen ke otak kamu sekaligus ningkatin kemampuan perencanaan dan berpikir kritis. Ada pula kandungan tinggi asam lemak tak jenuh tunggal pada alpukat yang bisa ngelindungin sel-sel syaraf di otak. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer