Kamis, 21 Januari 2021

Genmuda – Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi, saat ini kita memang jadi lebih mudah buat kenalan sama siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Tapi, dari sekian banyak orang yang kita kenal itu, ternyata cuma segelintir orang doang yang benar-benar bisa jadi teman kita loh, Kawan Muda.

Engga peduli seberapa banyak followers atau ‘teman’ kamu di media sosial, kamu pada dasarnya cuma bisa punya 5 teman baik sekaligus pada satu titik kehidupan kamu. Lebih tepatnya, menurut sains, otak kita cuma mampu buat punya maksimal 5 teman baik secara bersamaan.

Lah, kenapa bisa gitu? FYI, di awal tahun 1990-an, seorang antropolog Inggris bernama Robin Dunbar udah ngelihat adanya hubungan di antara ukuran otak seseorang dan ukuran kelompok sosialnya. Dari situ, beliau akhirnya nyimpulin kalau makin besar otaknya, makin banyak pula teman orang tersebut.

Namun demikian, di samping itu Dunbar juga nemuin yang namanya ‘Dunbar’s number’. Menurut beliau, walau ada beberapa perbedaan di antara para introvert dan ekstrovert, setiap orang umumnya punya jumlah ‘Dunbar’s number’ yang sama. Beliau pun yakin kalau orang-orang cuma bisa punya jumlah teman yang terbatas karena ukuran neokorteks, yang merupakan sub-bagian korteks serebral.

Intinya, Dunbar ngeprediksiin kalau sebagai manusia kita cuma bisa benar-benar ngejalin hubungan yang berarti dengan maksimal 150 orang (kayak Path di awal-awal). Dari 150 orang tersebut, 5 di antaranya adalah teman baik, 10 lainnya teman dekat, 35 lainnya kenalan, dan 100 sisanya kontak tambahan.

Belum usai sampai di situ, Dunbar kemudian ngegunain temuannya tersebut sebagai dasar dari sebuah survei yang beliau adain bareng sekelompok peneliti Inggris di University of Oxford. Dalam survei tersebut, beliau dan rekan-rekannya itu ngeanalisis 6 miliar panggilan telepon yang dibuat oleh 35 juta orang dan ngekategoriin hubungan mereka berdasarkan seberapa sering mereka saling menelepon.

Nah, dari analisis tersebut, Dunbar dan timnya berhasil ngungkapin kalau para peserta survei rata-rata punya 4 orang dalam lingkaran terdekat mereka, 11 dalam lingkaran kedua, 30 dalam lingkaran ketiga, dan 129 dalam lingkaran terluar dari teman-teman mereka. Angka-angka itu pun masih engga jauh beda dari estimasi Dunbar di tahun 90-an.

So, kalau kamu penasaran kenapa serial TV kayak ‘How I Met Your Mother’ cuma terdiri dari 5 orang sahabat, kini kamu udah engga perlu pusing-pusing lagi mikirin alasannya. Sayangnya, di sisi lain alasan tersebut bisa jadi kabar buruk juga nih buat Taylor’s squad, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer