Kamis, 21 Januari 2021

Genmuda – Kalo ada media sosial yang layak disebut sebagai medsos sejuta umat, maka bisa jadi itu adalah Facebook. Sejak berdiri di tahun 2004, Facebook pun engga cuma berhasil narik perhatian orang-orang, tapi juga ngebentuk karakter mereka berdasarkan jenis kelamin.

Secara garis besar, pengguna Facebook lebih didominasi oleh para cewek ketimbang para cowok. Namun demikian, hal tersebut sebenarnya bukanlah satu-satunya fakta menarik seputar Facebook dalam kaitannya dengan jenis kelamin para pengguna medsos itu sendiri.

FYI, baru-baru ini udah terungkap kalau di Facebook cewek itu cenderung lebih sopan dan lebih penuh rasa iba daripada cowok. Meski begitu, bukan berarti di sisi lain para cewek justru jadi bersikap kurang tegas akan diri mereka saat mereka muncul di medsos yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu.

Bukan cuma itu, riset gabungan dari sejumlah universitas di Melbourne, Cambridge, Pennsylvania, dan Stony Brook pun nambahin kalo cewek ternyata mampu nyampein pesan mereka dengan cara yang hangat tapi tegas. Sebaliknya, cowok justru lebih “dingin, engga ramah, dan impersonal” daripada cewek.

(Sumber: jadeafrican.com)

Kami bisa menangkap pergeseran kelompok dari waktu ke waktu, di mana perempuan menjadi lebih tegas secara alami. Ini akan selaras dengan tren sosial perempuan yang lebih banyak di tempat kerja dan di posisi kepemimpinan,” kata Dr. Margaret L. Kern dari University of Melbourne, seperti dikutip dari Metro.co.uk.

Lantas, gimana sih para peneliti bisa sampai pada kesimpulan bahwa di Facebook cewek cenderung bersikap lebih ramah daripada cowok? Well, para peneliti yang terdiri dari psikolog dan ilmuwan komputer itu udah ngamatin update-an status orang-orang selama dua tahun. Hal tersebut mereka lakuin buat nentuin perbedaan dalam cara komunikasi cewek dan cowok.

Nah, setelah mempelajari ‘topik’ atau kata-kata yang serupa secara semantic dari 10 juta update-an status, para peneliti berhasil nemuin bahwa cewek cenderung ngegunain kata-kata yang berhubungan dengan ‘semangat’ dan ‘kegembiraan’. Sementara itu, cowok malah lebih banyak ngomongin soal politik dan olahraga.

So, gimana, Kawan Muda? Kamu setuju engga sama hasil riset berjudul ‘Women are Warmer but No Less Assertive than Men: Gender and Language on Facebook’ yang diterbitin di Plos One itu? Terlepas dari kamu setuju atau engga, yang jelas selalu usahain buat gunain Facebook maupun medsos lainnya buat hal-hal yang baik dan bermanfaat ya! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer