Sabtu, 4 Februari 2023

Genmuda – Hidup kamu ceritanya lagi indah nih. Matahari pagi menjamah kulit kamu perlahan, mengintip dari sudut jendela yang sedikit terbuka. Suara burung menemani langkah kamu pergi. Siang hari juga panasnya diskon yang tumben-tumben banget. Markir motor di mini market sampe dikasih gratis. Indah pokoknya.

Sampai ketika kamu ceritanya udah pulang di sore hari. Langit mendung, aroma hujan tercium dan gerimis mulai berjatuhan. Buka sepatu, lempar celana sana-sini sembarangan. Tiba-tiba kamu terdiam (pasang lagu tegang), di pojok kamar tempat celana kamu tergeletak, terlihat sosok masa lalu yang udah kamu kubur selama ini. Yak, foto mantan. Jreng… Jreng…

Perasaan mendadak jadi gundah gulana. Nyokap nanya mau makan apa kamu jawab “Aku baik-baik aja mah”. Engga nyambung. Perlahan, rasa sakit yang pernah kamu perjuangkan buat dilewati akhirnya bangkit lagi. Terbesitlah keinginan buat membumi hanguskan benda itu.

“Kok masih ada foto dia sih?” Muka cemberut padahal hati meringis bertanya, “Dia apa kabar ya?” Klasik.

Kebanyakan dari kita pasti kalo nemuin foto mantan secara mendadak gitu rasanya campur aduk ya. Kayak beli gado-gado minta biasa tapi dikasihnya pedes. Udah gitu engga bisa ngomel soalnya yang jualan cantik pake daster. Jadinya ngedumel sendiri di dalem hati sambil godain mba-nya. Disuruh bayar sepuluh ribu, malah kamu jawab, “Saya single mba,” Klasik.

Foto mantan dielus-elus, diliatin, dipegangin, akhirnya nangis. Daripada kesel sendiri, mendingan foto mantan kamu giniin aja nih, Kawan Muda. Metode ini udah diajarkan sama band sesepuh Indonesia, Kla Project. Jangan kaget ya.

 

1. Sapu bareng daun yang berguguran

(Sumber: Youtube)
(Sumber: Youtube)

Daun yang berguguran itu melambangkan masa lalu kamu yang rapuh sampai jatuh ke tanah. *Sotoy. Kalo kebetulan nyokap lagi nyapu di depan, engga perlu repot-repot mikir foto mantan mau di taro kemana. Kasih aja ke nyokap, nanti juga disapu dan diambil tukang sampah. Paling nyokap ngomong dikit, “Mama kangen deh sama dia, ajak dong main ke rumah lagi.” *Musnahlah kamu.

2. Goreng bareng telor ceplok

(Sumber: Youtube)
(Sumber: Youtube)

Engga habis pikir gimana ceritanya Kla Project bisa bikin foto mantan digoreng bareng telor ceplok. Rasanya apa? Oke, mungkin melambangkan rasa lapar akan mantan. Lapar kasih sayangnya, sentuhannya, perhatiannya, bola matanya. Coba deh kamu bayangin? Galau? Kontaknya mungkin masih ada, coba pura-pura kirim clover ‘Get Rich’.

3. Skripsian

(Sumber: Youtube)
(Sumber: Youtube)

Kertas habis tapi kamu lagi begadang skripsian. Tukang fotocopy juga pasti tutup. Bijaksanalah, keluar malam itu bahaya, apalagi begal kembali marak. Jadi pakai aja foto mantan kamu itu buat jadi kertas skripsian. Pelan-pelan ngetiknya kalo lagi kesel.

4. Main kelereng

(Sumber: Youtube)
(Sumber: Youtube)

Kelereng atau nama lainnya gundu biasanya dimainin sama anak-anak sampe ngalangin jalan. Tapi kalo nemu foto mantan? Bergundulah (?). Alihkan rasa galau kamu dengan permainan. Kuncinya yang penting kamu bisa happy!

5. Dicat biar artsy dikit

(Sumber: Youtube)
(Sumber: Youtube)

Pake cat warna merah biar melambangkan amarah kamu yang tiba-tiba nemuin foto itu. Inget hal-hal kurang menyenangkan tentang dia, biar kamu lebih ekspresif dalam berkarya. Siapa tau nanti lukisan corat-coret kamu bisa jadi barang berharga. ‘Siapa tau’ ya.

6. Meja catur

(Sumber: Youtube)
(Sumber: Youtube)

Kalo ke rumah doi sering banget diajakin main catur sama bokapnya, cara satu ini bisa jadi pelampiasan kamu. Atau kalo doi suka pake dress kotak-kotak kayak papan catur, mainkan aja imajinasimu. Jadilah raja dan kalahkan semua kuda, pion, dan benteng dari masa lalumu. *cieleh…

7. Bakar

(Sumber: Youtube)
(Sumber: Youtube)

Bakar foto mantan itu sejatinya doktrin yang kita terima dari film-film di TV. Galau dikit, fotonya dibakar. Bagus sih, biarkan amarah dan dendam kamu di bumi hanguskan bersama foto si mantan itu. Secara simbolis kamu udah menghilangkan doi dari hadapan kamu dan dari hidup kamu selama-lamanya pokoknya forever.

8. Kasih ke dukun

(Sumber: Youtube)

Kalo yang ini engga ada di video klipnya. Jadi jangan ditiru, kecuali kamu ngebet banget mau balikan sama si doi. He-he.

Terima kasih KLa Project udah ngasih pelajaran berharga lintas generasi buat kita-kita. Btw, kamu tau kan KLa Project? KLa Project adalah band asal Indonesia yang terkenal di era 90-an. Om Katon bareng Lilo, Adi Adrian, Ari Burhani udah mencetak segudang lagu hits dimasanya, salah satunya ‘Tak Bisa ke Lain Hati’. Kali deh kamu belum pernah denger?

Lagu ‘Tak Bisa ke Lain Hati’ tuh ngajarin kita juga, Kawan Muda. Ngelupain mantan itu susah, apalagi kalo pacarannya udah bertahun-tahun. Coba deh kamu tanya ke hati kamu sendiri, di balik amarah kamu nemu foto mantan masih ada engga dikiiit aja rasa tentang dia? Sedikit aja.

(sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis