Jum'at, 10 Juli 2020

Genmuda – Sebelumnya, merk smartphone asal Korea Selatan, Samsung diisukan bakal mengeluarkan ponsel dengan sensor fingerprint di bagian layarnya pada seri terbarunya yaitu S8 dan S8+. Tapi setelah ditunggu-tunggu, nyatanya teknologi itu belum bisa diterapkan di ponsel yang dibanderol dengan harga sekitar 10 juta itu.

Apple pun belum bisa menerapkan teknologi ini di ponsel keluarannya yang terbaru yaitu iPhone 7 dan iPhone 7+. Tapi banyak penggunanya yang berharap sensor sidik jari di layar ini untuk diterapkan di iPhone 8 yang bakal dirilis nanti.

Baik Apple maupun Samsung masih sama-sama sibuk dengan kamera yang luar biasa canggih, desain yang makin minimalis, dan menghilangkan atau malah mengganti tombol home untuk fingerprint.

Sementara itu, ponsel tandingan lainnya, Vivo, baru-baru ini dikabarkan bakal mengeluarkan seri terbaru yang pastinya beda dari yang lain. Brand asal Tiongkok ini digadang-gadang bakal jadi ponsel pintar pertama yang gak akan menaruh touch ID atau tombol fingerprint di bagian bawah layar atau yang biasanya bersamaan dengan tombol back dan option.

Image result for vivo x9 plus optical screen finger print

Ponsel pabrikan Tiongkok ini emang belum berhenti buat terus bikin inovasi di bidangnya. Setelah sebelumnya Vivo meluncurkan ponsel ‘Perfect Selfie‘ dan promonya pun kenceng banget di Indonesia dengan melibatkan banyak artis dan pekerja di industri fashion serta hiburan, kali ini Vivo malah mau menyalip teknologi dari pesaingnya yaitu Samsung dan Apple.

Bocoran prototype seri terbarunya yang mirip sama Vivo X9 Plus pun udah keluar di media sosial. Yang bikin tamilan ponsel ini beda adalah adanya gambar sidik jadi di layarnya, yang menandakan kalo ponsel ini udah mengusung teknologi sensor sidik jari optik di bagian layar ponsel.

Di video yang durasinya singkat banget yaitu cuma 4 detik, menunjukkan kalo Vivo ini emang beneran pake sensor sidik jari dilayarnya. Cuma tinggal di tap sedetik, trus ponsel yang tadinya kekunci jadi otomatis kebuka.

Sebenernya logo fingerprint Vivo ini mirip sama yang dimiliki Samsung di seri S8 nya, tapi sayangnya mereka belum bisa menerapkan sensor sidik jadi pada layar ini, dan akhirnya sensor fingerprint tersebut disematkan di bagian belakang, sebelah kamera utama.

Dilansir dari laman gizchina.com, Vivo bakal mengadakan acara pada tanggal 28 Juni 2017 nanti di konferensi MWC Shanghai, dan mungkin aja prototype ponsel pintar keluaran terbaru dengan sensor sidik jari di layar ini bakal diperkenalkan.

Wah, banyak banget ya inovasi yang dikeluarkan sama Vivo. Gimana menurut kamu dengan seri yang satu ini? Bakalan keren atau biasa aja? Tulis komentar kamu di bawah dong! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.