Senin, 5 Desember 2022

Genmuda – Film “Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald” mungkin jadi salah satu film yang paling Kawan Muda tunggu bulan ini. Selain menawarkan cerita sihir dari dunia Harry Potter, beberapa waktu lalu film ini juga sempat ramai di dunia maya tanah air gara-gara kehadiran sosok Nagini yang ternyata terinspirasi sama mitologi dari Indonesia.

Terlepas akan strategi marketing inspirasi J.K. Rowling atas Nagini, kisah Newt Scamander emang berhasil jadi obat kanget buat para Potterhead (sebutan fans Harry Potter). Terus apa aja sih yang bakal ditawarkan sama film terbarunya? Daripada kamu penasaran, baca dulu aja review dari Genmuda.com berikut ini sebelum pergi ke bioskop.

Perjalanan Newt dan hubungannya dengan Dumbledore

©Warner Bros./2018
©Warner Bros./2018

Cerita film berlanjut setelah Newt (Eddie Redmayne) meninggalkan Amerika Serikat untuk menemukan hewan-hewan magis di penjuru dunia dan Grinderwald (Johnny Deep) tengah menjalani hukuman dari Kementerian Sihir Amerika Serikat.

Enam bulan setelah kejadian di film pertama Kementerian Sihir Amerika Serikat sedang berupaya melimpahkan kasus kejahatan Grinderwald ke Kementerian Sihir Inggris. Saat pemindahan itulah Grinderwald berhasil melarikan diri atas bantuan pengikutnya.

Di lain pihak, Newt sedang dilarang pergi ke luar negeri oleh Kementerian Sihir Inggris karena dianggap menyalahkan aturan atas kasus yang terjadi di film pertama. Kakaknya, Theseus Scamander (Callum Turner) berupaya menyelamatkan Newt dan membujuknya untuk bergabung di Kementerian. Tapi usulan tersebut ditolak oleh Newt dan membuat dirinya tetap dalam pengawasan Kementerian Sihir Inggris.

Kegalauan ilmuan sihir itu makin menjadi setelah ia bertemu dengan sahabatnya, Albus Dumbledore (Jude Law). Newt yang gak mau kembali terlibat sama masalah diminta Dumbledore untuk mencari keberadaan Credence Barebone (Ezra Miller) sebelum ia dihasut oleh Grinderwald dan pengikutnya.

Meski sempat menolak, Newt akhirnya luluh setelah ia mengetahui bahwa Tina Goldstein (Katherine Waterston), yang sekarang menjadi Auror juga tengah menyelidiki kasus serupa. Petualangan Newt akhir berlanjut ke kota Paris dengan misi menemukan Credence untuk menghindari perang sihir yang direncanakan oleh Grinderwald.

Banyak karakter baru dari cerita lama

©Warner Bros./2018
©Warner Bros./2018

Sejak sekuel kedua ini dibuat, J.K. Rowling emang menjanjikan bakal mengajak penonton nostalgia dengan banyak karakter yang tampil atau cuma pernah disebutkan dalam cerita Harry Potter. Selain sosok Dumbledore dan Grinderwald muda, ada pula Nagini (Claudia Kim), Profesor McGonagall (Fiona Glascott), Nicolas Flamel (Brontis Jodorowsky), hingga gambaran Hogwarts sebelum kedatangan Harry Potter.

Menariknya lagi, ada juga adegan flashback saat Newt dikucilkan dari Hogwarts untuk melindungi Leda Lestrange (Zoe Kravitz) yang masih satu keluarga dengan Bellatrix Lestrange (Helena Bonham Carter), penyihir kegelapan anak buah Lord Voldemort (Ralph Fiennes), musuh utama Harry Potter.

Cerita sekuel kedua dari Fantastic Beasts emang terasa lebih dark, bahkan gak seringan film pertamanya. Walau masih ada humor-humor receh antara Newt dan Jacob Kowalski (Dan Fogler), tapi kali ini filmnya justru lebih fokus menggambarkan sejumlah karakter baru, –dimana peran mereka mirip kayak kepingan puzzle yang perlu kamu susun supaya lebih paham sama inti ceritanya.

Kesimpulan

©Warner Bros./2018
©Warner Bros./2018

Sebagai film berjilid-jilid, sangat wajar jika kemudian “Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald” terasa kentang buat ditonton sama semua orang. Buat para Potterhead filmnya mungkin bisa bikin kamu kagum dan semakin penasaran.

Sedangkan kamu yang gak terlalu ngikutin cerita Harry Potter atau minimal belum nonton film Fantastic Beasts sebelumnya, besar kemungkinan kamu bakal ‘sedikit skip’. Bukan artian gak bisa ngerti sama ceritanya ya, tapi kayak kurang greget aja.

Jadi saran dari Genmuda.com ada baiknya kamu nonton film ini barengan sama Potterhead supaya lebih kenal sama karakter dan jalan cerita kayak gimana.

Di Indonesia filmnya tayang lebih awal, yaitu tanggal 14 November 2018. Kawan Muda mau nonton sama siapa nih?

Our Score

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.