Rabu, 27 Oktober 2021

Genmuda – Ada-ada aja kelakuan unik orang Tiongkok yang bisa bikin geleng-geleng kepala. Dalam beberapa hari terakhir ini aja misalnya, banyak netizen di sana lagi pada keranjingan ngetokin semangka loh, Kawan Muda.

Kehebohan para netizen di Negeri Tirai Bambu bermula dari suatu hal aneh yang terjadi di Italia. Di negara asal pemain sepak bola Gianluigi Buffon dan Andrea Pirlo itu, sebuah supermarket terlihat masang suatu tanda yang minta orang-orang supaya engga ngetok-ngetokin semangka mereka karena semangkanya “tidak akan merespon”.

Well, ya sebenarnya engga tahu juga sih pihak supermarket di Italia itu memang bermasalah sama pelanggan-pelanggan yang suka ngetok-ngetokin semangka atau mereka cuma pengen masang tanda buat lucu-lucuan aja. Yang jelas, foto dari tanda yang mereka pasang itu tiba-tiba aja muncul di Weibo (medsosnya orang Tiongkok) dan jadi viral.

Nah, berawal dari situ dan ditambah pemberitaan sejumlah media di Tiongkok, banyak orang di negara tersebut akhirnya percaya bahwa tanda pada supermarket di Italia itu ditujuin langsung buat mereka. Banyak di antara mereka pun ngebagiin foto dan video mereka yang lagi ngetokin semangka sambil pura-pura nunggu balasan dari semangkanya.

Namun demikian, kegiatan ngetokin semangka sebenarnya bukanlah suatu perilaku yang spesifik buat orang-orang Tiongkok aja. Dengan kata lain, tanda yang ada di supermarket di Italia itu otomatis engga secara khusus ditujuin langsung buat mereka (yailah secara bahasanya aja pakai bahasa Italia).

FYI, ngetokin semangka merupakan cara yang umum digunain buat nguji apakah buah tersebut segar dan udah matang. Kalo kamu ngetokin semangka dan suaranya terdengar kayak kosong atau berongga, itu tandanya semangkanya udah matang. Sebaliknya, kalo suaranya ternyata penuh, itu berarti semangkanya masih belum matang dan belum siap dinikmatin.

Bukan cuma itu, kalo semangkanya berat serta terasa keras dan kenyal saat kamu tekan-tekan, itu jadi tanda lain bahwa buahnya udah matang. Yang engga kalah penting, kalo di semangkanya ada kayak bagian yang berwarna putih dan bukan kuning, itu artinya semangkanya belum matang. Selamat berburu semangka, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer