Rabu, 25 November 2020

Genmuda – Kebutuhan remaja dan anak muda buat ngetik, browsing, dan main medsos sebenernya gak butuhin ponsel kelas ‘atas-atas’ banget. Ponsel kelas menengah yang harganya jauh lebih sesuai kantong sebenernya udah cukup penuhi kebutuhan itu.

Rata-rata, RAM-nya kan udah di atas 2GB, baterainya di atas 2.000mAh, dan prosesornya minimal quadcore berkecepatan 1,5Ghz. Sukur-sukur kalo kamera ponselnya jernih untuk foto pemandangan ataupun selfie.

Jadi, gak ada salahnya ponsel kelas menengah jadi pilihan kamu apabila cuma ngantongin bujet maksimal 3 juta rupiah. Dari ratusan ponsel yang ada, di bawah inilah 5 pilihan terbaik menurut Genmuda.com.

1. Motorola Moto M

via gsmarena.com
Moto M. (Sumber: gsmarena.com)

Harga ponsel dengan RAM 4GB ini lagi turun hingga di bawah 3 jutaan rupiah pada beberapa toko online, Selasa (25/7). Sayangnya, harga diskon itu berlaku untuk jenis yang kapasitasnya 32 GB, bukan 64GB.

Kameranya oke juga, kok. Di depan, kamera 8MP siap jepret selfie dan di belakang 16MP bagus dipakai jepret landscape. Baterai ponsel Android 6 Marshmallow ini juga terbilang oke karena berkapasitas 3.050mAh.

2. Lenovo K6 Power

via digit.in
Lenovo K6 Power. (Sumber: digit.in)

Dengan baterai 4.000mAh, ponsel Android 6 Marshmallow ini tahan lama meski dipakai internetan seharian. RAM 3GB ponsel ini udah cukup untuk multitasking meski emang gak sebanyak Moto M.

Hanya aja, prosesor 1,4GHz bikin ponsel ini lebih lemot dari Moto M yang prosesornya 2,2GHz. Terus, kamera utama 13MP dan kamera depan 8MP cukup kece untuk jeprat-jepret, kok. Fiturnya sebanding lah dengan harganya yang 2,4 jutaan.

3. Xiaomi Redmi Note 4X

via netans.com
Xiaomi Redmi Note 4X. (Sumber: netans.com)

Kamu yang bujetnya ngepas pasti seneng banget nih sama ponsel yang juga rilis dalam Hatsune Miku limited edition ini. Dengan bujet 2,6 jutaan, ponsel ini nawarin desain keren, kamera utama 13MP yang jernih, tapi kamera selfie 5MP terbilang biasa aja.

Ponselnya bakalan “tahan banting” dipakai ngetik kerjaan, browsing, dan main medsos karena baterainya 4.100mAh. Ditambah lagi, RAM-nya udah 4GB. Meski hasil modif, OS Android 6 Marshmallow ponsel ini gampang dipakai, kok.

4. Samsung Galaxy J7 Prime SM G610F

via YouTube.com
Samsung Galaxy J7 Prime. (Sumber: YouTube.com)

Sejak rilis September 2016, Galaxy J7 Prime langsung jadi salah satu primadona ponsel kelas menengah. Harganya sekitar 3 jutaan tapi fiturnya gak kalah kece sama yang kelas atas. Layar 5,5 inchinya udah dibalut Gorilla Glass tahan baret.

Hasil jepretan kamera utama juga keren, karena kamera 13MPnya sensitif cahaya dengan apperture f/1,9. Begitupula dengan kamera 8MP di depan. Meski begitu, baterai ponsel ini terbilang standar karena masih 3,300mAh.

5. Polytron Prime 7S

via yangcanggih.com
Polytron Prime 7S. (Sumber: yangcanggih.com)

Jangan remehin produk lokal ini, gaes. Meski harganya 3 jutaan rupiah, fiturnya gak kalah dari ponsel kelas lebih tinggi. Memorinya emang masih 3GB RAM dan 64GB internal, tapi kameranya dilengkapi ISOCELL yang sensitif cahaya.

Di belakang, kameranya dilengkapi sensor 16MP sementara di depan, kameranya 8MP. Namun sayang, baterainya cuma 2.300 jadi harus dicharge lebih cepet daripada ponsel-ponsel lainnya yang udah disebutin di atas. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.