Minggu, 19 September 2021

Genmuda – Kabar buruk buat kamu para pecinta selfie di manapun kamu berada! Hobi foto pakai kamera depan yang sering kamu lakuin itu diam-diam ternyata bisa berdampak buruk buat kesehatan kamu loh, Kawan Muda!

Selfie sebelumnya emang udah diketahui bisa ngerusak hubungan kamu dengan orang-orang di sekitar kamu. Tapi, baru-baru ini akhirnya udah terungkap pula bahwa selfie bisa nimbulin masalah kesehatan selfie elbow, yaitu semacam nyeri sikut yang mirip kayak tennis elbow atau golfer elbow.

FYI, temuan selfie elbow tersebut bermula dari kondisi yang dialami seorang pembaca berita dan pembawa acara televisi Amerika, Today Show, bernama Hoda Kotb. Kotb baru-baru ini mulai ngerasain nyeri di bagian lengan dan sikunya, sehingga dirinya mutusin buat pergi ke ahli ortopedi.

Saat bertemu dengan sang ahli ortopedi, Kotb langsung ditanyai apakah dirinya bermain tenis atau ping pong. Tapi, beliau ngakuin kalau dirinya engga ngelakuin kedua olahraga tersebut dan lebih sering ngelakuin selfie. Kini, dirinya pun harus ngasih es ke sikutnya, ngelakuin olahraga khusus, dan minum obat buat ngurangin nyerinya.

Namun demikian, Kotb bukanlah satu-satunya orang yang harus berurusan dengan selfie elbow. Menurut Dr. Jordan Metzl, seorang dokter olahraga di Rumah Sakit New York untuk Bedah Khusus, masalah tersebut makin hari jadi makin umum terjadi, khususnya pada mereka yang kebanyakan selfie.

Anda mengalami tennis elbow karena terlalu banyak bermain tenis dan Anda mengalami selfie elbow karena terlalu banyak selfie. Anda memberikan terlalu banyak tekanan pada otot dan itu menyebabkan iritasi pada daerah di mana otot terlepas dari tulang dan Anda memperoleh respon peradangan ini,” jelas Dr. Metzl kepada Elle.

Yang lebih mirisnya lagi, masalah kesehatan serupa ternyata udah ada dari jaman hp Blackberry marak dipakai orang-orang, bukan cuma baru-baru ini. “Kami dulu melihatnya pada ponsel Blackberry — itu adalah masalah yang nyata. Orang-orang mengalami tendonitis pada ibu jari mereka karena mereka menggunakan Blackberry sepanjang waktu,” ungkap Dr. Metzl.

So, kalo kamu engga mau ngalamin selfie elbow dan nyesel di kemudian hari, kamu disaranin buat ngegunain tangan kamu secara bergantian buat selfie. Selain itu, kamu sebaiknya juga ngelakuin stretching secara rutin dan ngegunain tongsis buat ngurangin tekanan yang dialami sikut kamu.

Jika kamu udah mulai ngerasain nyeri pada sikut kamu, mungkin itu tandanya kamu juga harus istirahat dulu dari media sosial kayak Path, Instagram, atau Snapchat. Ingat, jangan korbanin kesehatan kamu yang jauh lebih penting cuma demi ngedapetin banyak likes, Kawan Muda. Engga lucu ‘kan lagi musim libur dan mau Lebaran kamu malah ngalamin selfie elbow dan jadi susah buat salaman? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer