Selasa, 28 Juni 2022

Genmuda – Mengoleksi mainan emang udah menjadi hobi dan dianggap bisa memberikan kepuasan batin bagi para kolektornya. Bahkan, engga jarang kita jumpai kolektor mainan yang rela mengeluarkan uang puluhan juta hanya demi mendapatkan mainan koleksi idamannya.

Meski begitu, masih banyak juga orang yang berminat mengoleksi mainan tapi terbentur dengan masalah keuangan. Contohnya adalah yang masih jadi pelajar atau mahasiswa yang belum mempunyai penghasilan sendiri, atau seseorang yang berpenghasilan “pas-pasan”. Kalo Kawan Muda salah satunya, baca deh tips persembahan dari Genmuda.com dan Colony.co.id di bawah ini:

1. Gabung sama komunitas mainan

via: WordPress
(Sumber: Action Figure Medan)

Udah ada banyak komunitas kolektor mainan di Indonesia, dan akan sangat menguntungkan kalo kamu bergabung dengan para komunitas tersebut. Dalam komunitas, kamu akan dapat menemukan orang-orang dengan minat yang sama, update info mainan terbaru dan bisa berbagi pengalaman tentang mainan koleksi yang dipunyai. Bahkan, engga sedikit kolektor yang mau menjual koleksi pribadinya dengan harga yang relatif murah.

Selain itu, komunitas kolektor juga sering banget ngadain lelang mainan baik secara offline maupun online, tentu ini bisa kamu manfaatkan buat ngedapetin barang koleksi dengan harga yang lebih optimal dan pas di kantong kamu.

2. Tau waktu yang tepat buat beli mainan

(Sumber: Brickfan)
(Sumber: Brickfan)

Kalo Kawan Muda mau ngedapetin mainan koleksi dengan harga yang lebih murah, kamu harus tau juga waktu yang tepat buat membeli mainan. Biasanya, suatu produk mainan akan berharga lebih murah ketika masa promosi, yaitu ketika mainan tersebut baru saja dirilis oleh pihak produsen.

Beberapa produsen mainan bahkan berani memberikan potongan harga sampai 20% dari harga jual aslinya. Contohnya adalah Hot Toys dan Good Smile Company yang sering membuka pre-order online sebelum mendistribusikan suatu produk mainan. Sebaliknya, biasanya harga suatu mainan akan semakin tinggi ketika mainan tersebut udah engga diproduksi lagi. Semakin langka, ya semakin mahal deh.

3. Tentukan jenis mainan kamu

via: Tumblr
(Sumber: Istimewa)

Kalo kantong kamu pas-pasan, sebaiknya kamu tentuin dulu tema mainan yang mau dikoleksi. Dengan menentukan tema mainan yang kamu koleksi, kamu akan dapat mengatur barang koleksimu sekaligus mengatur budget yang kamu keluarkan. Sebagai contoh, kamu bisa fokus mengkoleksi LEGO Star Wars atau action figure Toy Story aja.

Walaupun mungkin banyak jenis lain yang menarik, tapi dengan menjadi selektif dan spesifik, budget yang kamu keluarkan akan bisa ditekan dan lebih tepat penggunannya. Komitmenmu dalam mengoleksi suatu jenis mainan sangat diperlukan supaya engga menghabiskan budget buat barang koleksi yang sebenarnya engga kamu inginkan.

4. Custom mainan kamu sendiri

(Sumber: Jewisbussines)
(Sumber: Jewisbussines)

Kalo kamu termasuk kolektor yang kreatif, kamu bisa juga mendapatkan mainan yang diinginkan dengan cara meng-custom sendiri dari mainan murah yang ada. Dengan begitu, kamu akan dapat membuat mainan yang kamu inginkan sesuka hati.

Syukur-syukur kalo kamu cukup jago pasti bakal banyak orang yang tertarik membeli mainan kamu. Contoh yang paling baru adalah figure murah Wonder Woman yang ‘disulap’ menjadi tampak nyata oleh seorang seniman bernama Noel Cruz.

5. Rajin dateng ke pameran mainan

Penampilan DJ THROOPER bersama C-3PO dan R2-D2 (foto: Genmuda.com/2016 Liki)
Penampilan DJ THROOPER bersama C-3PO dan R2-D2 (foto: Genmuda.com/2016 Liki)

Di festival toys atau pameran mainan sering kali ditemukan mainan koleksi dengan harga yang lebih murah dari harga pasar. Bahkan, beberapa festival toys emang khusus mengadakan bazar mainan koleksi seperti action figure, diecast dan sebagainya.

Salah satu festival toys adalah Colony Collection Market yang diadakan oleh Colony pada Desember mendatang. Di event tersebut, Kawan Muda bisa berburu berbagai jenis mainan koleksi, mengikuti lelang mainan dan banyak lagi lainnya.

6. Jangan lupa ‘Have Fun’

Diorama dari booth Gorillas di The Jakarta 12th Toys and Comics Fair 2016 (foto: Genmuda.com/2016 Liki)
Diorama dari booth Gorillas di The Jakarta 12th Toys and Comics Fair 2016 (foto: Genmuda.com/2016 Liki)

Tujuan utama mempunyai hobi adalah menghibur diri sendiri bukan? Begitu juga dengan hobi mengoleksi mainan. Jadi, koleksi-lah mainan yang kamu suka semampunya aja, jangan terlalu ngotot sampai mengorbankan uang untuk kebutuhan sehari-hari, apalagi sampai hutang ke sana sini. (Jangan sampai kayak gitu)

Selain itu, belum tentu semua mainan bisa dijual kembali dengan harga tinggi ketika kamu membutuhkan. Jadi engga ada salahnya cukup nikmati hobi kamu itu, kalo pun bisa dijual dengan harga lebih tinggi, anggap aja bonus buat koleksi mainan kamu. He-he.

Itu dia beberapa tips dari Colony buat kamu yang tertarik mengoleksi mainan. Kawan Muda bisa membahas lebih banyak seputar dunia koleksi bersama para komunitasnya di acara Colony Collection Market: Toys & Games yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 3-4 Desember 2016.

Di acara tahunan yang diselenggarakan oleh Colony ini, kamu juga dapat bertemu dengan tokoh-tokoh ikonik di dunia toys & games, mengikuti berbagai kegiatan seru seperti kompetisi cosplay, rare item auction, games virtual reality dan juga mencoba motion sensor yang sedang hits. Buat informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Colony Collection Market atau hubungi cs@colony.co.id. (sds)

Comments

comments