Rabu, 17 Juli 2024

Genmuda – Kabar gembira nih buat kamu para cewek yang doyan tidur, Kawan Muda. Abis tahu fakta yang satu ini, dijamin kamu bakal langsung nyari kasur!

Menurut sebuah temuan terbaru, para cewek ternyata butuh lebih banyak tidur dibandingin sama para cowok. Bahkan, para cewek yang kurang tidur bisa berpotensi buat ngalamin masalah kesehatan yang jauh lebih buruk. Gokil banget ‘kan tuh, Kawan Muda?

Bagi para perempuan, kurang tidur sangat terkait dengan tingkat tekanan psikologis yang tinggi serta rasa permusuhan, depresi, dan kemarahan yang lebih besar. Sebaliknya, perasaan-perasaan ini tidak terkait dengan tingkat yang sama dari gangguan tidur pada para lelaki,” kata Profesor Jim Horne, direktur Sleep Research Centre di Loughborough University.

Bukan cuma itu, Profesor Horne ngejelasin pula kalau otak para cewek sebenarnya jauh lebih rumit daripada otak para cowok. Hal itulah yang turut berpengaruh dalam nentuin seberapa besar kebutuhan tidur para cewek dibandingin sama kebutuhan tidur para cowok.

giphy (8)

Semakin banyak Anda menggunakan otak Anda di sepanjang hari, semakin otak Anda perlu untuk memulihkan diri dan, akibatnya, semakin banyak tidur yang Anda butuhkan. Para perempuan cenderung multitasking — mereka melakukan banyak hal sekaligus dan fleksibel — sehingga mereka lebih banyak menggunakan otak mereka ketimbang para lelaki. Oleh karena itu, kebutuhan tidur mereka lebih besar.

Meski begitu, kamu yang para cowok engga perlu sedih kok, Kawan Muda. “Lelaki yang memiliki pekerjaan kompleks yang melibatkan banyak pengambilan keputusan dan pemikiran lateral mungkin juga memerlukan lebih banyak tidur ketimbang lelaki biasa. Meskipun mungkin tidak sebanyak para perempuan,” tutup Profesor Horne.

Lantas, sebenarnya berapa banyak sih waktu tidur yang kita butuhin? Well, kata orang sih waktu tidur yang ideal itu sekitar 8 jam. Tapi, kayak yang udah pernah Genmuda.com bahas sebelumnya, kebutuhan tidur kita itu berbeda-beda alias bervariasi pada setiap orang.

Dengan kata lain, walau udah tidur selama 8 jam, sebagian orang masih ada aja yang suka ngantuk di siang harinya. Sebaliknya, buat sebagian orang lainnya — kayak misalnya mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher, tidur selama 3 sampai 5 jam aja justru udah terbilang cukup. So, kalau mau ambil tengahnya, ya kamu tidur aja selama kira-kira 7 jam. *buru-buru tarik selimut* (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer