Senin, 6 April 2020

Genmuda – Tinggal di kosan punya banyak kelebihan dan kekurangan. Letaknya yang deket kampus strategis banget buat mahasiswa yang banyak kegiatan, tetapi cukup menantang bagi yang masih belajar hidup mandiri.

Di kosan kan gak selalu ada orangtua, sodara, atau bibi yang rela bangunin tiap hari. Kesiangan itu udah pasti dan buru-buru itu udah lekat banget sama keseharian mahasiswa ngekos.

Akibatnya, anak kos sering mengabaikan beberapa prinsip sepele yang sayangnya berdampak buruk. Salah satu contohnya banyak barang yang harusnya tahan lama jadi cepet rusak. Sifatnya kayak di bawah ini, gaes.

1. Milih kabel ekstensi dari murahnya doang
via Istimewa

Bisa jajan enak emang penting, tapi bukan berarti mengabaikan keselamatan kosan. Colokan yang murah belum tentu terbuat dari logam yang bagus, sehingga cepet berkarat, panas, lama-lama gosong. Kalo bisa, pilih yang logamnya kuningan atau tembaga. Sedikit lebih mahal, tapi awet kan gak masalah.

2. Lupa nyabut colokan listrik saat gak dipakai

Setelat apapun, jangan pernah lupa nyabut colokan dari soketnya untuk menghindari korslet yang gak diinginkan. Biar lebih aman, matiin juga listrik satu kamar dari steker pusat.

3. Colokan ekstensi dicolokin ekstensi lagi

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Saat ada temen main ke kosan, masalah yang pasti dihadapi adalah kekurangan colokan. Akibatnya, kabel ekstensi yang udah penuh di kamar makin dijejelin kabel ekstensi lagi. Itu yang bikin cepet rusak.

Makin banyak kabel dicolok, otomatis makin besar beban listriknya. Berarti, makin rentan juga colokannya rusak. Sekedar korslet terus mati lampu aja sih masih mending. Kalo ada percikan api lalu kebakaran, gimana hayo?

4. Narik kabel

Bapak-bapak, Ibu-ibu, mencopot kabel dari soket itu bukan dengan cara narik kabel, ya. Tapi, dengan cara narik plug colokannya. Makin sering ditarik, makin cepet putus kabelnya. Hayo, jangan males untuk berdiri dan nyamperin colokannya, hayo.

5. Gulung kabel gak pake hati

via istimewa

Karena terburu-buru, para anak kos juga suka gulung kabel seenaknya aja kayak lagi gulung tali tambang pramuka. Pantesan aja uang jajan habis buat beli kabel USB dan headset dalam sebulan. Meski keliatan sepele, justru kesalahan terhadap urusan perlistrikan lah yang paling sering anak kos lakuin.

6. Kelamaan nyimpen piring kotor

Ajaib banget sih kalo ada anak kosan yang rajin nyuci piring. Dia patut diacungi jempol. Soalnya, kebanyakan anak kos memilih nyimpen piring kotor di wastafel sampe akhirnya kotorannya mengerak, susah dibersihin, dan bikin alat makan dari logam pada berkarat.

7. Males pake penjepit jemuran

via tenor.com

Salahmu yang terbesar setelah mencuci baju sendiri hanya satu. Yaitu, jemur cucian tanpa penjepit jemuran. Saat jemuran itu jatoh ke tanah karena terhembus angin, baru kamu paham arti perbuatan yang sia-sia.

8. Lupa masukin alas kaki ke kosan

Poin ini bukan maksud nyuruh kamu curiga sama tetangga kosan. Faktanya, alas kaki yang sembarangan ditaro di luar kamar sering dipinjam tanpa izin hingga akhirnya teroper-oper ke gedung kosan sebelah, atau entah ke mana perginya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.