Selasa, 9 Maret 2021

Genmuda – Bukan maksud mau nakutin atau gimana nih, ya. Bagi anak-anak kelas XII, masa-masa indah di sekolah kayaknya udah mau berakhir deh. Soalnya, deretan ujian akhir masa SMA udah nangkring menunggu.

Pertama, ada Ujian Nasional (UN) yang dijadwalin buat anak-anak SMK/MAK pada 3-6 April. Sementara itu, UN SMA/MA diadain pada 10-13 April. Bukan maksud sombong (tapi emang sombong), UN sih masih gampang.

Yang susah banget justru ujian SNMPTN yang pendaftarannya dibuka lebih dulu, pada 21 Februari – 6 Maret dan ujiannya diselenggarain sekitar 15 Maret – 15 April. Kamu perlu banyak belajar dan segala doa supaya bisa masuk jurusan favorit.

Ngambil jurusannya jangan ikut-ikutan temen apalagi gebetan yang belum tentu mau sama kamu, ya. Kalo butuh panduan, di bawah ini adalah daftar ilmu yang menurut data base payscale.com, Jumat (20/1) bisa datengin gaji tahunan paling gede begitu kerja nanti. Cekidot!

1. Teknik perminyakan

via vault.com
(Sumber: vault.com)

Beruntung bagi anak IPA yang suka matematika dan fisika. Ilmu soal teknik perminyakan bisa datengin gaji tahunan sekitar 96.700 dollar AS atau sekitar 1,2 miliar rupiah. Gede abis. Cuma, kuliahnya teknik perminyakan/teknik pertambangan kan engga gampang juga.

2. System engineering

via mitre.org
(Sumber: mitre.org)

Ilmu soal system engineering juga bikin kamu tajir melintir. Gaji awalnya aja bisa sampe 900 jutaan rupiah per tahun. Kalo di Indonesia, mungkin jurusan yang sesuai sama bidang ilmu itu adalah teknik industri dan teknik mesin. Pantesan aja jurusan teknik selalu rame peminat.

3. Ilmu aktuaria

via flickr.com
(Sumber: flickr.com)

Apa tuh ilmu aktuaria? Itu adalah ilmu matematika/statistik yang fungsinya memprediksi untung-rugi masa depan menggunakan data yang telah ada. Kemampuan tersebut biasanya dibutuhin banget dalam semua industri, terutama asuransi. Kalo mau jago beraktuaria, masuk aja jurusan matematika, statistik, keuangan, dan ekonomi. Gaji awalnya bisa sekitar 60.800 dollar AS atau 817 juta rupiah tiap tahun. Gokil.

4. Teknik kimia

via hull.ac.uk
(Sumber: hull.ac.uk)

Teknik kimia mungkin bukan jurusan populer di Indonesia, tapi terbukti menghasilkan gaji tahunan sekitar 900 jutaan rupiah. Kerjaannya nanti engga mesti di pabrik obat, kok. Semua pabrik pada dasarnya butuh ahli kimia buat mengolah bahan mentah jadi bahan setengah jadi lalu produk siap pakai.

5. Teknik komputer

via clemson.edu
(Sumber: clemson.edu)

Kalo ilmu teknik kimia bakal kepake di semua pabrik, teknik komputer bakal kepake di semua kantor. Hari gini, kantor mana sih yang engga ada komputernya. Ambil aja salah satu jurusan ada di fakultas ilmu komputer. Engga bakal salah deh. FYI, gaji tahunannya bisa sampe 950 jutaan rupiah per tahun, loh.

6. Nuklir

via wonderfulengineering.com
(Sumber: wonderfulengineering.com)

Ilmu tentang nuklir juga bakal bikin tajir dengan gaji tahunan sekitar 920 jutaan rupiah. Kalo susah nyari jurusan nuklir di Indonesia, ambil aja jurusan fisika. Nanti kerjanya bisa di Badan Tenaga Nuklir Nasional atau di reaktor nuklir Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan (Puspiptek) Tangerang Selatan.

7. Teknik Elektro

via cnbc.com
(Sumber: cnbc.com)

Sementara itu, jurusan teknik elektro bisa ngasilin sekitar 900 jutaan rupiah juga dan ilmunya bakal berguna di semua pabrik yang beroperasi pake listrik. Intinya, semua jurusan teknik, fisika, kimia, dan komputer bakal datengin penghasilan paling gede waktu kerja nanti.

Di Indonesia mungkin penghasilannya engga bakal segede itu, cuma pekerjaannya tergolong “paling aman” di antara yang lain. Lalu, gimana nasib anak-anak IPS? Selaw. Bisa bikin makmur juga, kok. Lanjut aja baca artikelnya.

8. Ilmu pemerintahan

via tribunnews.com
(Sumber: tribunnews.com)

Yup. Kamu pasti bisa nebak kalo jurusan terkait ilmu sosial, politik, dan pemerintahan bakal masuk daftar. Dari jaman Belanda, kerja di bagian pemerintahan selalu “aman” kok. Rata-rata gaji tahunannya bisa sampai 600 jutaan rupiah, apalagi kalo kamu udah sampe ke pucuk pimpinan. Misalnya, jadi walikota, gubernur, presiden, atau kerja di kantor pemerintahan skala nasional seperti DPR, MPR, dan Kementerian.

9. Marketing

via icslearn.co.uk
(Sumber: icslearn.co.uk)

Bagaimana cara supaya kaya raya? Ya jualan. Karena itu, ilmu marketing paling engga bisa datengin keuntungan tahunan sebesar 600 jutaan rupiah. Kalo kamu mampu jadi pucuk pimpinan perusahaan yang laris manis dagangannya, mungkin pendapatan segitu gedenya bisa didapet dalam hitungan bulan.

10. Media dan bahasa

via independent.co.uk
(Sumber: independent.co.uk)

Jangan remehin ilmu tulis menulis, ngoceh, ngerekam gambar, dan segala hal yang terkait nyebarin informasi. Soalnya, gaji tahunan pekerja media bisa sampe 500 jutaan rupiah. Well, wartawan baru mungkin gajinya engga segede itu, cuma kalo penulis buku seperti JK Rowling pasti pendapatannya jauh lebih banyak. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.