Rabu, 8 Februari 2023

Genmuda – Musuh besar cewek dewasa engga dateng dari lingkungan sekitarnya, melainkan dari diri sendiri. Sekitar satu bulan sekali, temen yang engga pernah diundang bakal dateng dan bisa bikin perut sakit bukan main. Ngerusak mood kamu seharian.

‘Dapet’ emang bisa jadi cobaan berat, tapi bukan berarti cewek cuma bisa pasrah. Banyak kok yang bisa dilakuin supaya dapetnya engga sakit-sakit banget. Kalo engga percaya coba aja terapin 7 tips berikut ini. Disclaimer: Sebaiknya lakuin tips ini jauh-jauh hari sebelum ‘temen’ kamu itu dateng ya.

1. Perbaiki pola makan

via Food Network
(Sumber: Food Network)

Kurangi lemak dan perbanyak makan sayur terbukti mampu mengurangi rasa sakit pas dapet. Diet vegetarian seperti itu juga bikin metabolisme tubuh meningkat supaya badan tetep fit. Dianjurkan lemak yang dikonsumsi juga berasal dari bahan nabati. Apabila emang pengen makan lemak hewani, usahain makan ikan karena minyak ikan mengandung banyak banget nutrisi yang dibutuhin badan.

2. Vitamin D

via whicdn.com
(Sumber: whicdn.com)

Selain itu, minum vitamin D yang cukup juga diperlukan. Sebuah studi di Italia nunjukin kalo rasa sakit pas dapet diberikan vitamin D3 bisa berkurang hingga 41 persen. Kamu bisa berjemur di matahari pagi supaya badan cukup memiliki vitamin D. Kulit yang terkena mentari pagi bakal terangsang buat memproduksi vitaminnya dari dalam tubuh.

3. Banyak gerak

via tumblr.com
(Sumber: tumblr.com)

Kamu juga perlu banyak gerak sebelum dapet. Selain olahraga, caranya bisa dilakuin dengan naik-turun tangga atau banyakin jalan. Gampang, kan? So, engga perlu keseringan naik lift dan eskalator kalo lagi belanja. Aliran darah bakal teratur dan pas dapet badan kamu udah siap melakukan fungsi bulanannya tanpa banyak hambatan.

4. Minum air putih

via hercampus
(Sumber: Hercampus)

Ketika hari pertama dapet, kamu juga perlu banyakin minum air putih. Cara ini bisa membantu kamu ngelancarin aliran darah. Efeknya bakal lebih terasa kalo kamu minum air hangat.

5. Minum teh kamomil

via newportnaturalhealth.com
(Sumber: newportnaturalhealth.com)

Ketika kamu stres mikirin rasa sakit yang bakalan dateng, sebaiknya minum teh kamomil aja. Teh dari bunga itu mengandung senyawa pengurang stres. Bisa juga bikin kamu ngantuk, jadi cocok kan buat yang susah tidur.

6. Makan cokelat

via lovethispic.com
(Sumber: lovethispic.com)

Salah satu cara menetralisir rasa sakit adalah lewat nambahin jumlah endorfin di dalam tubuh. Cokelat adalah makanan yang bisa nambahin kadar endorfin. Lebih enak lagi kalo cokelatnya pemberian si doi. *asik.

7. Ngulet di tempat tidur

via popsugar.com
(Sumber: popsugar.com)

Kalo sakitnya udah engga bisa ditahan, saatnya ngulet pakai selimut sambil kompres perut kamu dengan air hangat. Cara itu juga disaranin dari berbagai studi karena terbukti ngilangin rasa sakit ketika dapet. Jadi silakan aja kamu coba sendiri!

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.