Sabtu, 17 April 2021

Genmuda – Momen yang bakalan kembali hebohin netizen di berbagai medsos udah tinggal menghitung hari nih, gaes. Debat kedua Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta rencananya diadain di Hotel Bidakara Jakarta, Jumat, 27 Januari mendatang.

Pastinya Kawan Muda bisa nonton siarannya di Metro TV, MNC Grup, dan TVRI, tiga official broadcaster debat keduanya. Paling semua stasiun televisi pada akhirnya bakal nyiarin juga seperti debat pertama 13 Januari lalu.

Nah, supaya netizen engga salah fokus seperti debat pertama, Genmuda.com ngerasa panitia debat udah punya beberapa strateginya. Perhatiin aja upaya-upaya mereka di bawah ini.

1. Ngerolling moderator

via tribunnews.com
Ini Ira Koesno. Masih inget kan? (Sumber: tribunnews.com).

Berdasarkan debat-debat politik sebelumnya, panitia selalu ngeroling moderator tiap debat. Maksudnya mungkin supaya bagi-bagi rejeki dan bikin netizen merhatiin moderatornya mulu kali ya. Tapi, kenyataan berkata lain.

Netizen selalu salah fokus ke moderatornya. Kayak waktu Ira Koesno dipuji-puji netizen aja di debat pertama. Nanti, giliran milih moderator berwajah serius, berpembawaan formal, dan berbicara kayak akademisi, pasti malah dicengin seperti waktu debat pemilu presiden beberapa tahun lalu.

2. Milih Tina Talisa

via initialdesign.co.id
Yah, ini mah yang cowok makin salah fokus liatin Tina Talisa. (Sumber: initialdesign.co.id).

Sebagai ganti Ira Koesno, panitia milih Tina Talisa sebagai moderator. Mojang kelahiran Bandung, 24 Desember 1979 (Yup, doi adalah cewek Capricorn) itu juga udah punya jam terbang cukup banyak sebagai presenter di beberapa stasiun tv swasta di Indonesia.

Cowok-cowok jangan banyak ngarep ya karena doi udah nikah sama Amrinur Okta Jaya, seorang pengusaha restoran, sejak 17 Juli 2011 lalu. Jangan sedih gitu lah, bro! Masih banyak ikan di laut, tapi engga ada yang nyangkut ki pancingan.

3. Tandemnya Eko Prasojo

via tempo.co
Ini dia Pak Eko Prasojo. (Sumber: tempo.co).

Buat mastiin engga salah fokus (engga juga sih kayaknya), panitia juga mengundang Eko Prasojo, mantan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Doi merupakan guru besar Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI sekaligus pakar Kebijakan Publik.

4. Temanya ngena banget

via Tempo.co
Kemacetan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. (Sumber: tempo.co)

Ini yang wajib Kawan Muda simak. Jumat itu, ketiga pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta bakal debat soal reformasi birokrasi dan pelayanan publik serta penataan kawasan perkotaan. Beberapa tema seru pasti bakal disinggung pada debat kali ini, misalnya kayak masalah kecepatan ngurus surat-surat kependudukan, solusi ngatasin macet, dan pastinya soal komitmen anti korupsi masing-masing calon pemimpin. Ntap!

5. Jedanya dipanjangin

via imgur.com

Kalo kamu perhatiin kalender, debat debat pertama dan kedua diberi jarak istirahat seminggu. Jeda itu bikin netizen istirahat dari segala urusan debat DKI Jakarta. Ira Koesno yang mencuri perhatian di debat sebelumnya juga engga banyak diungkit-ungkit lagi. Sekarang, netizen udah siap salah fokus sama Tina Talisa merhatiin materi debatnya.

Sekali lagi diingetin, ya! Lima hal di atas adalah keputusan KPU DKI yang menurut Genmuda.com bisa mengurangi kemungkinan salah fokus netizen. Menurut Kawan Muda, gimana caranya supaya debatnya berjalan efektif? Tulis komentar kamu di bawah ini, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.