Kamis, 1 Oktober 2020

Genmuda – Teori konspirasi merupakan sebuah bahasan menarik karena melibatkan organisasi misterius. Sastrawan dan ilmuwan pun engga pernah kapok bikin buku seputar organisasi rahasia itu.

Walaupun harusnya nama dan identitas organisasi itu engga bisa diketahui publik, udah ada sejumlah organisasi yang berhasil ‘dikorek’ rahasianya. Berikut ini adalah bocorannya yang udah berhasil Genmuda.com selidiki dari berbagai sumber (ceritanya jadi Sherlock Holmes). Cekidot sob!

1. Freemason

via kompasiana.com
Seorang turis menjelajahi jejak Freemason di Jakarta berdasarkan petunjuk dari buku Jacatra Secret. (Sumber: kompasiana.com)

Penggemar sejarah Amerika Serikat dan film National Treasure udah pasti paham sama istilah Freemason. Sejarahnya dipercayai dimulai waktu sejumlah kelompok elit-intelektual London berkumpul dan mendirikan sebuah ‘loji’ (lodge) atau diistilah kasarnya adalah kantor pusat, 1717.

Sejak berdiri, pengaruhnya tersebar ke antero Eropa, bahkan hingga ke daerah-daerah jajahan kerajaan di Eropa. Termasuk ke Indonesia (jajahan Belanda) dan Amerika Serikat (jajahan Inggris). MasterMason.com bilang kalo kelompok ini bertujuan bikin anggotanya jadi lebih baik dan punya kuasa.

2. Illuminati

via lionsgroundnews.com
‘The New World Order’ (Sumber: lionsgroundnews.com)

Kelompok ini awalnya dibuat sebagai perkumpulan intelektual yang mengusung logika daripada doktrin agama. Dibentuknya oleh Adam Weishaupt di Bavaria (sekarang Jerman), 1 Mei 1776. Salah satu anggota Illuminati juga ada yang tergabung di Freemason.

Dengan kata lain, Illuminati isinya adalah orang-orang berkuasa. Pengaruhnya pun tersebar dengan cepat ke seluruh dunia. Dipercayai, hampir semua pejabat negara dan perusahaan gede di seluruh dunia pernah ditempatin sama agennya Illuminati.

3. The Order of the Skull and Bones

via indiatimes.com
Foto anggota Order of the Skull and Bones. (Sumber: indiatimes.com)

Pengaruh illuminati pun tersebar hingga ke universitas di Amerika Serikat. Organisasi The Order of Skull and Bones (OSB) pun didirikan mahasiswa-mahasiswa Universitas Yale akibat pengaruh Illuminati, sejak 1832 .

Yale emang selalu jadi ‘pabriknya’ orang penting di Amerika, tapi alumni OSB lah yang biasanya jadi pejabat negara atau pemimpin perusahaan besar. Karena itu, orang sering menganggap alumni OSB bekerja atas kepentingan Illuminati.

4. The Black Hand

via tinypic.com
Lambang persatuan The Blackhand Serbia (kiri). (Sumber: tinypic.com)

Menginjak abad ke-20, imperialisme Eropa makin menjadi. Perang makin berkecamuk di tanah Eropa. Dua tahun sebelum Perang Dunia I terjadi, berdirilah organisasi Black Hand di Serbia (tepatnya sekitar 1912). Pembentukannya dipicu karena sejumlah warga Serbia menolak Kerajaan Austria-Hungaria mencaplok negara tersebut.

Sejumlah bukti merujuk kalo Black Hand yang merancang pembunuhan Archduke Austria Franz Ferdinand. Tewasnya sang Archduke memicu Perang Dunia I dengan Austria-Hungaria sebagai pusatnya. Perang-perang terjadi dan berakhir hingga akhirnya Serbia jadi negara merdeka.

5. Bilderberg Group

via humansarefree.com
Sampul buku Club Bilderberg. (Sumber: humansarefree.com)

Organisasi ini dibuat ketika dunia udah memasuki masa modern, lebih tepatnya sekitar 1954. Anggota awalnya adalah Ben Bernanke yang merupakan keluarga kerajaan Spanyol dan Belanda, pejabat-pejabat World Bank, dan perwakilan perusahaan besar di dunia.

Mereka biasa bertemu setahun sekali sambil mengadakan seminar. Yang diomongin macem-macem gaes, misalnya aja soal perekonomian internasional, politik, ataupun pengaruh Amerika Serikat di dunia. Satu peraturan utama di kelompok itu adalah informasi apapun yang didapat waktu seminar engga boleh disebarluaskan ke pihak manapun.

6. Hashashin

via indiatimes.com
Tipikal penampakan Hashashin lagi beroperasi. (Sumber: indiatimes.com)

Tau game ‘Assassin’s Creed’ dong? Nah, game dan novel tersebut terinspirasi dari kisah sebuah kelompok Hashashin di daerah Iran-Syiria. Kalo dari bahasa aslinya, Hashashin berarti “mereka yang berpedoman pada pondasi” bukannya pembunuh.

Meski begitu organisasi rahasia yang dibentuk awal abad ke-11 ini emang melakukan beberapa aksi pembunuhan. Bahkan Raja Inggris di Perang Salib Richard The Lionheart pernah jadi target pembunuhan organisasi ini.

7. Klu Klux Klan

via indiatimes.com
Anggota KKK, ekstrimis sekaligus pembunuh warga kulit hitam Amerika Serikat. (Sumber: indiatimes.com)

Satu lagi organisasi tertutup yang dibuat dan berhasil meneror Amerika Serikat. Klu Klux Klan (KKK) merupakan organisasi khusus kulit putih yang hobinya adalah membunuh warga kulit hitam Amerika Serikat.

Gerakan KKK pertama terjadi sekitar tahun 1865-1870. Gerakan kedua dan terbesarnya terjadi sekitar tahun 1915-1944. Beberapa peristiwa kekerasan terhadap kulit hitam di AS pun menunjukkan kalo pengaruh KKK masih aktif hingga sekarang.

8. Anonymous

via askmen.com
Tipikal penampilan Anonymous. (Sumber: askmen.com)

Informasi yang beredar nunjukin kalo kelompok hackertanpa wajah’ bernama Anonymous tuh engga terorganisir. Yakin? Kalo engga terorganisir, mana bisa mereka menyusup ke situs pemeritahan Kanada, pasar saham Wall Street, dan mengekspos 1.000 nama anggota KKK modern.

“Anonymous dari seluruh dunia akan memburu dan tidak akan melepaskan mu,” kata salah satu Anon buat ISIS setelah penembakan di Paris. Akhirnya, 20.000 akun medsosnya ISIS di-hack dan dibeberkan ke publik oleh Anonymous. Situs yang ada hubungan sama teroris itu pun ditutup paksa.

9. Cicada 3301

via wnyc.org
Lambang perkumpulan/individu Cicada 3301. (Sumber: wnyc.org)

“5 Misteri Paling Misterius di Dunia Maya.” Begitu kata The Washington Post mendeskripsikan Cicada 3301. Organisasi ini pertama kali menampilkan diri 5 Januari 2012. Mereka memposting sebuah foto dengan kode petunjuk yang harus dipecahkan. Kode itu bakal menuju ke kode lain dan terus begitu hingga orang yang menelusurinya tiba di tempat pertemuan dan bertemu dengan si ‘Cicada 3301.’

Cuma ada seorang yang berhasil memecahkan petunjuk itu. Doi adalah Joel Eriksson, pakar stenografi dan kriptografi Swedia. Doi menelusuri petunjuk itu hingga serluruh dunia. Namun, sayang doi terlambat memecahkannya. Cicada 3301 keburu mengganti tempat pertemuan dan membuat kode baru lagi.

Biarpun banyak yang bilang organisasi di atas itu mitos semata, tapi bukti-bukti lainnya juga nunjukin kalo organisasi ini beneran ada. Gimana menurut Kawan Muda? Share pendapat kamu di bawah dong! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.