Kamis, 4 Maret 2021

Genmuda – Ada alasan banyak orang menganjurkan buka puasa dengan air hangat, bukannya air dingin. Alasan yang umum disebut-sebut adalah itu sunnah Rasul. Tapi, kenapa Rasul sampe menyunahkan minum air hangat buat buka puasa?

Ternyata, minum air hangat tuh emang banyak banget manfaatnya buat badan. Situs lifehack.org sering banget ngebahas soal hal ini. Dan, inilah rangkuman pembahasan manfaat minum air hangat dari situs tersebut.

1. Lancarin peredaran darah

air hangat
(Sumber: newsworks.org)

Air hangat tuh bisa bikin aliran darah kamu lancar. Itu penting banget supaya otot dan jaringan syaraf kamu aktif seperti semula. Selain itu, aliran darah yang lancar juga kamu butuhin sebelum menyantap menu berbuka yang manis dan berminyak. Supaya, kamu engga cepat merasa lemas dan mengantuk buat beribadah di malam hari.

2. Lancarin pencernaan

air hangat
(Sumber: hdwallpaperbackgrounds.net)

Minum air hangat juga baik buat penceranaan kamu. Dengan meminum air hangat, minyak yang kamu konsumsi waktu berbuka engga bakal menggumpal dan menjadi lemak. Usus pun bakal lebih mudah mencerna makanan yang kamu makan. Sementara itu, air dingin justru menggumpalkan minyak dan menjadikannya lemak membandel. Itu sebabnya berat badan kamu makin nambah selama puasa.

3. Menjaga berat badan

air hangat
(Sumber: msu.edu)

Minum air hangat juga bermanfaat jaga berat badan kamu, karena lemak-lemak bakal larut ketika kamu meminumnya. Bukan hanya yang ada di usus, tetapi juga yang ada di seluruh tubuh. Nantinya, lemak-lemak itu bakal dikeluarkan ketika kamu buang air besar atau lewat keringat.

4. Lancarin BAB

Salah satu permasalahan yang dialami ketika puasa adalah sulit buang air besar. Salah satu penyebabnya adalah kurang konsumsi sayur, buah, dan air seperti yang kamu tebak, gaes. Karena kurang bahan itu, usus jadi sulit bekerja. Nah, minum air hangat tuh sangat membantu buat mendorong sisa-sisa makanan sahur yang belum dicerna dengan smooth melewati usus-usus kamu, loh.

5. Membantu detoksifikasi

Salah satu manfaat puasa adalah mengeluarkan racun dari dalam tubuh (detoksifikasi). Proses detoksifikasi itu bakal sangat terbantu dengan meminum air hangat. Soalnya, suhu tubuh bakal naik dan membuat kita berkeringat. Nah, dari keringat itulah racun-racun di tubuh kita bakal keluar dengan sendirinya. Biar lebih ampuh, tambahin aja perasan jeruk lemon di air hangat yang kamu minum.

6. (Bonus) Mencegah penuaan dini

birdy high res kesunyian
(Sumber: la-belle-epoque.co.uk)

Karena racun-racun lancar dikeluarkan dari tubuh, kamu juga terhindar dari risiko penuaan dini. Terus, air hangat juga bantu memperbaiki sel-sel kulit biar lebih elastis. Lama-lama, kulit bakalan makin halus dan lembut kaya di tipi-tipi.

7. (Bonus) Menjaga kesehatan tenggorokan

Air hangat juga digunakan untuk membantu nyembuhin flu, batuk, dan sakit tenggorokan. Air hangat bakal membantu pencairkan riak. Selain itu, air hangat juga bakal bantu nyembuhin sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

8. (Bonus) Melancarkan datang bulan

air hangat
(Sumber: activemidlothian.org.uk)

Karena air hangat itu bisa melancarkan aliran darah, secara engga langsung itu juga bisa melancarkan datang bulan biar engga sakit. Selain itu, otot perut bakal terasa tenang dan nyaman karena minum air hangat. Secara engga langsung, kejang perut dan sakitnya bakal berkurang. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.