Rabu, 17 Juli 2024

Genmuda – Banyak yang bingung karena katanya besok libur, tapi kok gak tanggal merah? Nah iya, tanggal 1 Juni besok diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila yang baru ditetapkan sebagai hari libur nasional menurut Keppres Nomor 24 Tahun 2016, mulai tahun 2017.

Makanya banyak yang belum tau kalo besok itu libur, karena gak semua kalender yang menandakan besok sebagai hari libur nasional. Yeah!

Apa itu Hari Lahirnya Pancasila?

via: Tumblr

Jadi, hari kelahiran Pancasila besok itu memperingati hari dimana Soekarno berpidato tentang lima dasar negara, yaitu Pancasila, yang sebelumnya udah dirumuskan sama Muhammad Yamin dengan nama “Lima Dasar”. Panca itu artinya lima, dan sila adalah bahasa Sanskerta yang artinya prinsip atau asas. Isi pidatonya Soekarno itu adalah,

Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa – namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.”

Jadi, hari lahirnya Pancasila ini diperingati karena tercetusnya nama Pancasila untuk pertama kalinya, dan lahirnya lima sila yang kita kenal dan jaga sampe sekarang. Setelah rumusan Pancasila ini tercetus, lahirlah lima rumusan lain di tanggal 22 Juni, dikenal sebagai Piagam Jakarta, 18 Agustus 1945 yang masuk di Pembukaaan UUD, 27 Desember 1949 di mukaddimah Konstitusi Republik Indonesia Serikat, 15 Agustus 1950 di UUD sementara dan yang terakhir merujuk pada Dekret Presiden tanggal 5 Juli 1959.

Inget ya, Hari Lahirnya Pancasila itu adalah hari dimana Pancasila pertama kali dicetuskan sebagai dasar negara oleh Presiden Soekarno, di tanggal 1 Juni 1945.

Terus, apa bedanya sama Hari Kesaktian Pancasila?

pancasila paskibra cantik
(Sumber: merahputih.com)

Ada lagi nih hari yang memperingati tentang Pancasila, yaitu Hari Kesaktian Pancasila di tanggal 1 Oktober. Kalo hari lahirnya Pancasila tadi diperingati sebagai awal tercetusnya Pancasila sebagai dasar negara, maka ditanggal 1 Oktober ini berhubungan erat sama peristiwa G30S/PKI.

Oknum komunis yang dibilangnya ngerusak ideologi negara ini berkembang pesat di tahun 1965. Di tahun 1920-an, lahir PKI atau Partai Komunis Indonesia yang dibilang gak sesuai sama ideologi Pancasila. Di hari ini pun gak luput dari kejadian yang jadi sejarah buat bangsa Indonesia.

Di tanggal 1 Oktober 1965, 6 jenderal dibunuh dalam upaya kudeta. Dan sejak kejadian itu, Panglima Komando Strategi Angkatan Darat Mayjen Soeharto mulai ambil tindakan buat menumpas orang-orang yang diduga PKI. Di tanggal itu pula bendera merah putih dikibarkan setengah tiang tanda berkabung atas gugurnya para jenderal.

Setelah kejadian G30S/PKI ini, pembantaian komunis dianggap telah usai dan tanggal 1 Oktober 1965 diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila, untuk mengembalikan lagi dasar negara Indonesia yang sebelumnya ga ditegakkan karena paham komunis bersebrangan sama butir-butir kemanusiaan, keadilan, dan agama yang ada di Pancasila.

Mari kita rangkum. Jadi, Hari Kesaktian Pancasila adalah hari untuk memperingati peristiwa G30S/PKI, dan kembalinya Pancasila sebagai dasar negara. Beda ya sama Hari Lahirnya Pancasila. Jadi jangan sampai ketuker ya, Kawan Muda. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.