Jum'at, 9 Desember 2022

Genmuda – Alasan selingkuh dari pasangan, istri ataupun pacar dimiliki tiap pria, wanita, tua, ataupun muda. Dorongan selingkuh yang engga sesuai dengan norma dan bikin sakit hati itu pun ternyata tertanam di dalam gen seseorang dan bisa diturunkan ke generasi selanjutnya, berdasarkan studi.

Bahkan dikabarkan kalo lelaki berjenggot punya dorongan selingkuh lebih besar daripada cowok yang dagunya polos. Selain faktor internal itu, ada pula sejumlah faktor eksternalnya.

Berikut ini adalah alasan-alasan orang berpikiran buat ganti atau malah nambah pasangan menurut ilmu psikologi yang diberitakan situs Psychology Today tahun 2012.

1. Penasaran

via Tumblr

Ini sesuai dengan peribahasa Inggris ‘curiosity killed the cat’ yang lebih kurang artinya rasa penasaran bisa datengin bencana. Psikolog Susan Krauss Whitbourne seperti dikutip Psychology Today bilang kalo ada sejumlah orang yang selingkuh cuma karena penasaran.

Mereka umumnya ingin menguji kemampuan menggaet lawan jenis dan selingkuh karena merasa tertantang. Karena itu tetep bikin pasanganmu penasaran biar doi engga cari tantangan dari orang lain. Kalo jadi orang yang terlalu baik nanti malah di-friend-zone loh.

2. Pengen bales dendam

Ada kalanya dorongan selingkuh muncul karena mau balas dendam. Biasanya itu dirasa sama orang yang dulunya diselingkuhin. Namun, Whitbourne bilang kalo orang yang kebanyakan mencurigai pasangannya mendua malah selingkuh sendirinya.

Itu terjadi karena pikirannya dikuasai anggapan buruk hingga akhirnya diri menganggap anggapan itu sebagai sebuah kenyataan. Karena itu jangan suka mikir yang aneh-aneh sama pasangan kalo engga mau selingkuh.

3. Pengen dihargai orang lain

via Blogspot.com

Whitbourne bilang kalo rasa pengen dihargai orang lain bisa ngedorong orang buat selingkuh. Kalo seorang seniman bisa menyalurkan dorongan ini dengan cara ngebuat pagelaran, konser, atau cara lain buat nunjukin keahlian seni dan bikin orang berdecak kagum. Kalo engga tersalurkan, akhirnya doi cari jalan singkat buat selingkuh.

4. Kurang dihargai pasangan

Ada banyak hal yang bikin orang kehilangan minat sama pasangannya yang sekarang. Dicuekin udah jelas jadi alesan paling atas. Keseringan lupa tanggal-tanggal penting juga bikin orang kesel lama-lama malah sama sekali engga suka. Itulah yang bikin penting ngerayain hari jadian, hari ulang tahun, kelulusan, atau hari kenaikan pangkat.

5. Jatuh cinta sama orang baru

Situs Live Science, Jumat (5/8) bilang kalo kecenderungan jatuh cinta lagi meningkat ketika orang menginjak usia usia penghujung dekadenya (19, 29, 39 tahun). Buat orang yang udah punya pacar atau malah udah nikah, dorongan itu bisa berakhir selingkuh.

Karena itulah kamu mesti tetep ngingetin pasangan supaya engga tergiur godaan orang lain. Selain dengan cara ngomel-ngomel, mungkin kamu juga bisa pakai cara yang menyenangkan waktu pesta ulang tahun ke 29 si doi buat ngingetinnya.

6. Engga cinta lagi sama pasangan

via Eldiariodelanena.com

Bahkan psikolog sekaliber Whitbourne pun bilang kalo sulit mendefinisikan cinta apa lagi nentuin hal yang bikin orang hilang perasaan sama pasangannya. Karena itu mungkin baiknya kamu ngelakuin segala cara yang bikin doi tetep sadar kamu emang sayang doi dan engga bakal selingkuh.

7. Kebanyakan uang

Sebuah studi ASAP Science bilang kalo laki-laki yang menghasilkan lebih banyak uang ketimbang pasangan perempuan mereka punya potensi selingkuh. Potensinya engga hilang kalo laki-lakinya ternyata jadi pihak yang tinggal di rumah. Karena itu lah yang paling adil adalah memastikan kedua pasangan menghasilkan jumlah uang yang sama.

Gimana, gaes. tujuh hal itu merupakan alasan umum orang berselingkuh menurut sejumlah penelitian psikologi. Seiring berjalannya waktu, bakal muncul alasan-alasan lain yang membuat orang engga setia sama pasangannya. Menurut kamu, alesan apa lagi yang bikin orang berbuat seenaknya gini? Silakan comment di bawah. Mau curhat juga boleh loh. (sds) 

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.