Jum'at, 7 Agustus 2020

Genmuda – Makeup saat ini emang udah jadi salah satu kebutuhan yang engga bisa dilepasin dari para cewek. Terlepas dari itu, bukan berarti makeup engga berbahaya loh ya, Kawan Muda.

Buat sebagian cewek, makeup engga cuma sekedar bisa ngebantu nutupin kekurangan, memperindah penampilan, maupun ningkatin kepercayaan diri. Di sisi lain, makeup juga bisa jadi suatu bentuk seni yang engga jauh beda dengan seni lukis, dengan wajah sebagai media lukisnya.

Namun demikian, perlu diingat pula kalo engga selamanya makeup bakal bermanfaat buat kamu. Kalo kamu engga hati-hati, yang ada makeup malah cuma bakal bikin kamu sakit. Engga percaya? Cek aja 5 dari sekian banyak barang di tas makeup yang perlu kamu waspadai berikut ini:

1. Foundation

via vogue.com.au

Umumnya, foundation bisa bertahan sampai 12 bulan. Tapi, kalo kamu ngegunain foundation dengan nyelupin jari kamu ke wadahnya (apalagi tanpa cuci tangan dulu), mending kamu langsung ganti aja dengan foundation yang baru setelah 6 bulan. Lagi pula, yang bisa bermasalah itu bukan cuma foundation cair, tapi juga foundation mineral. So, kalo foundation kamu bikin kamu ngalamin gatal, iritasi, atau bahkan alergi, kamu sebaiknya hentiin penggunaannya dan konsultasi ke dokter kulit.

2. Eyeliner

Kalo kamu pake eyeliner pensil, cara termudah buat nyingkirin bakterinya adalah dengan nyerut bagian atasnya dan nyemprotin cosmetic sanitizer mist. Meski begitu, bukan berarti kamu langsung terbebas dari ancaman penyakit begitu aja. Penggunaan jangka panjang tanpa pembersihan secara reguler engga cuma bakal nyebarin infeksi ke mata kamu, tapi juga ngerusak penglihatan kamu. Oleh karena itu, hindari penggunaan eyeliner di dalam garis bulu mata dan ganti eyeliner pensil kamu setiap 18 bulan.

3. Maskara

via giphy.com

Engga kayak foundation, eyeliner, atau produk makeup lainnya yang bisa digunain sampai sekitar setahun atau lebih, maskara justru perlu kamu ganti setiap 4 bulan sekali. Sebuah survei di 2014 udah nunjukin bahwa 70% cewek cenderung ngegunain maskara terlalu lama. Hal itu jelas bisa ngakibatin penumpukan bakteri dan nimbulin risiko infeksi mata parah.

4. Lipstik

Sama kayak eyeliner, lipstik juga sebaiknya diganti setiap 18 bulan atau maksimal 24 bulan sekali. Iya sih kamu emang bisa nyimpan lipstik di kulkas biar lebih tahan lama atau ‘ngebersihin’ lipstik kamu dengan ngelap lapisan atasnya sebelum digunain (kalo udah kelamaan engga dipakai). Akan tetapi, kalo lipstik kamu udah berubah warna, udah engga padat lagi, atau aromanya udah aneh, mending langsung kamu buang aja. Daripada bibir kamu jontor ya ‘kan?

5. Kuas makeup

via tenor.co

Berhubung kuas makeup digunain di seluruh area wajah, otomatis bakterinya bakal lebih banyak. Apalagi kalo kamu nyimpannya sembarangan dan cuma ngebersihin seingatnya aja, yang ada kamu malah bakal jerawatan atau ngalamin masalah kulit lainnya. Coba deh mulai sekarang minimal kamu cuci kuas makeup kamu setiap seminggu sekali. Jangan lupa juga buat nyemprotin cosmetic sanitizer mist setiap kali kuas makeup-nya kamu pakai dan sebelum disimpan di tempat yang bebas kuman. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer