Selasa, 18 Januari 2022
Kekinian

Belum Seminggu Resmi Digelar, PON 2016 Jabar Udah ‘Bikin Heboh’

via pon-peparnas2016jabar.go.idAtlet cano Sulawesi Utara Marjuki (kanan) mendahului atlet Jabar Yuda Firmansyah. Marjuki meraih emas canoeing C-1 1000m. (Sumber: pon-peparnas2016jabar.go.id)

Genmuda – Ratusan kembang api warna-warni mewarnai langit Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (17/9). Setelahnya, barisan perkusi dengan glow stick menghibur penonton sebelum atlet legendaris nasional berparade stadion.

Malam itu, Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 resmi dibuka. Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana Widodo, Menpora Ahmad Nahrawi, Gubernur Tuan Rumah Ahmad Heryawan, dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil hadir menyaksikan.

Semaraknya pesta olahraga nasional itu langsung terasa begitu resmi dibuka. Tapi belum seminggu digelar, udah muncul kejadian di dalam dan luar lapangan yang bikin heboh netizen. Kawan Muda mau tau apa aja? Langsung aja simak di bawah ini:

1. Suporter bentrok

via republika.co.id
TNI AD membubarkan kisruh suporter Jabar dan DKI.

Pertemuan atlet sepak bola Jawa Barat vs DKI Jakarta di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (18/9) berujung ricuh. Karena saling ejek, suporter DKI menyerbu pendukung Jabar. Emosi makin menjadi berhubung DKI kalah 2-0 dari Jabar.

Pendukung masing-masing provinsi merupakan jelmaan dari Jakmania (fans Persija) dan Bobotoh (fans Persib). Seperti halnya para atlet, kelompok suporter kedua tim bisa dibilang derby di Indonesia.

2. Atlet sempat hilang waktu lagi bertanding

via garutkab.go.id
Ilustrasi perlombaan gantole. (Sumber: Garutkab.go.id)

Nasib naas mengiringi laga atlet gantole Sumatera Barat Rizalul Pathani. Ketika doi terbang di langit kawasan Sumedang, awan hujan mendadak terbentuk. Awan itu menyedot Rizalul naik dan terseret angin.

Doi sempat memberi kabar akan membuka parasit darurat. Kabar itu jadi informasi terakhir yang dimiliki panitia. Dalam keadaan putus hubungan dengan timnya, dia mendarat di sebuah semak.

Seorang tukang ojek kemudian menemui dan mengantar Rizalul ke Pom Bensin yang berjarak 12 km dari tempat pendaratan daruratnya. Dari situ, sang atlet diperiksa tim medis PON dan dinyatakan sehat.

3. Atlet renang disensor kostumnya

via malangtoday.net
Kostum atlet renang disensor di salah satu stasiun TV. (Sumber: malangtoday.net)

Hal lain yang dihebohin netizen adalah soal penyensoran kostum atlet renang oleh salah satu stasiun TV swasta. Padahal, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sama sekali engga ngasih imbauan apa lagi perintah buat menyensor. Pernyataan KPI itu dikutip di situs wowkeren.com, Senin (19/9).

4. Jabar gercep banget

via pikiran-rakyat.com
Barisan atlet-atlet Jawa Barat di pembukaan PON. (Sumber: pikiran-rakyat.com)

Sejak PON 2016 resmi dibuka, kontingen Jabar langsung melejit di atas juara bertahan DKI Jakarta dan pesaing beratnya Jawa Timur. Pada Senin (19/9) siang, Jabar udah memperoleh total 112 medali. DKI Jakarta baru 79 dan Jatim 70.

Jumlah medali emas Jabar ada 54, sementara DKI baru 24. Jawa Timur ketinggalan 4 medali emas dari DKI Jakarta. Di hari Senin, ada 21 perebutan medali lagi. Meski DKI memboyong semua emasnya, Jabar masih ada di posisi puncak.

5. Rekor nasional terpecahkan

via republika.co.id
I Gede Siman Sudartawa. (Sumber: Republika.co.id)

Meski ada di posisi dua, salah satu atlet DKI berhasil pecahkan rekor nasional. Perenang I Gede Siman Sudartawa pecahkan waktu terbaik renang 100 meter gaya punggung. Siman menyelesaikan lomba dengan waktu 56,19 detik.

Sejumlah rekor lain juga dipecahin. Perenang Jabar Ricky Anggawijaya pecahin rekor renang gaya bebas 400 meter dengan waktu 4 menit 40,67 detik. Kemudian, perenang Jabar Triadi Fauzi S selesaikan renang gaya bebas 50 meter dengan waktu 22,85 detik. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.