Kamis, 29 Juli 2021
Gaya HidupPiknik

Belajar dari Kasus First Travel, Ini 7 Tips Memilih Travel Agen buat Perjalanan Liburan Kamu

©Genmuda.com/2016 TIMSeorang agen travel agent lagi mastiin brosur yang dibawanya lengkap. Doi cakep banget. Bikin salah fokus. ©Genmuda.com/2016 TIM

Genmuda – Kasus penipuan calon jemaah umrah First Travel bisa jadi pengalaman berharga buat kita semua. Dengan modus penawaran paket perjalanan murah, tercatat udah lebih dari 500 orang yang tertipu dengan total kerugian sekitar Rp 500 miliar.

Meski Kementrian Agama telah menutup izin usaha First Travel per tanggal 1 Agustus 2017 dan kasusnya sedang ditanganin oleh pihak kepolisian, namun kecil kemungkinan para korban bisa pergi ke tanah suci. Belajar dari kasus tersebut, jika kamu mau pake jasa travel agen buat perjalanan liburan, gak ada salahnya ngelakuin 7 tips ini supaya gak nyesel di kemudian hari.

Selengkapnya di bawah ya, gengs!

1. Cari tau riwayat travel agen

via: Pop Sugar

Biarin agak repot di awal tapi nyaman pas liburan. Intinya sih, sebelum nentuin pake travel agen apa, gak ada salahnya kok buat cari tau riwayatnya. Simple aja, mulai kapan travelnya berdiri, udah berhasil berangkatin berapa orang, dan lain sebagainya. Travel agen profesional umumnya gak pernah gagal memberangkatkan calon penumpangnya.

2. Jangan ketipu sama embel-embel murah

via: giphy

Di kasus First Travel, kejanggalan paling keliatan pada harga tiket yang di bawah rata-rata, –malah gak masuk diakal. Teliti sebelum membeli dan tanya aja semua rincian paket perjalanan yang ditawarkan, jangan sampe udah beli tiket, eh kamu malah gagal berangkat karena travel agennya bodong. *amit-amit.

3. Pilih travel agen yang jaringannya banyak dan luas

Via: Tumblr

Selanjutnya pastiin travel agen yang dipilih punya jaringan luas. Baik maskapai penerbangannya, hotel, tempat wisata, dan lain-lain. Biasanya travel agen abal-abal gak punya kelebihan kayak poin ini.

4. Sesuain sama rute perjalanan kamu

via: giphy

Memilih travel agen otomatis kamu harus mengikuti semua agenda serta rute perjalanan dari mereka. Nah, kalo emang rute perjalanannya aneh dan gak sesuai sama destinasi wisata kamu mendingan jangan dipilih, daripada liburan dan uang kamu terbuang percuma kayak angin bungkus ciki.

5. Awas jebakan promo

via: Tumblr

Siapa sih orang yang gak suka promo? TAPI, sebanyak-banyaknya promo tetep aja ada SYARAT dan KETENTUANNYA. Selalu, wajib, harus, kudu, mesti biasakan baca dan pastiin setiap promo yang dikasih sama travel agen. JANGAN GAMPANG KETIPU!

6. Liat reviewnya

Di jaman serba canggih kayak sekarang, kamu juga gak usah males buat cari tau track record si travel agen. Udah banyak kok situs atau blog wisata yang merangkum review berbagai travel agen. Make sure juga kalo reviewnya asli dan bukan asal tulis.

7. Kalo bisa jalan-jalan sendiri, mending gak usah pake travel agen

Misalnya kamu paham atau pernah pergi ke negara tujuan wisata kamu, gak ada masalah juga kok traveling sendiri. Selama gak nyasar dan aman, Genmuda.com sih lebih nganjurin cara ini. Siapa tau bisa lebih hemat.

Terakhir perlu kamu inget, gengs bahwa pergi ‘dengan’ atau ‘tanpa’ travel agen sama-sama punya risiko. Jadi semua pilihannya tetep ada pada kamu. Selamat liburan, semoga tetep aman dan gak nyasar.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.