Minggu, 26 Juni 2022

Genmuda – Masa wisuda tengah berlangsung, otomatis kehidupan perkuliahan juga bakal resmi berakhir bagi sebagian dari kamu. Buat nandain kehidupan baru yang bakal segera kamu jalanin, ada baiknya sih kamu mulai beberes dari sekarang, Kawan Muda.

Pertama-tama, selamat karena kamu udah bisa ngelaluin masa-masa perkuliahan kamu dan sampai ke tahap wisuda. Kini, otomatis udah saatnya bagi kamu buat ngehadapin dunia nyata dan ninggalin sejumlah hal dari masa perkuliahan kamu, apalagi yang berbentuk barang-barang.

Well, buat kamu yang selama kuliah tinggal di kamar kost atau asrama khususnya, sekecil apapun kamar kamu itu pasti selama beberapa tahun terakhir ini ada aja macam-macam barang yang kamu simpan di sana. Yang penting-penting sih engga apa-apa tetap disimpan, tapi yang lainnya mending kamu relain aja. Berikut ini adalah 5 jenis barang yang engga perlu kamu simpan lagi setelah lulus kuliah:

1. Kertas dan buku materi kuliah

Iya sih selama kuliah duit kamu dan ortu kamu emang banyak abis buat beli barang yang satu ini. Terlepas dari itu, kalo kamu engga berniat buat ngebuka-buka lagi materi kuliah kamu atau kamu engga bakal lanjut kuliah di bidang yang sama, mending kamu buang aja kertas-kertas tugas atau coret-coretan kamu dan kasih atau sumbangin buku kamu buat orang lain. Kalo masih engga tega juga, coba aja jual ke tukang loak atau pasar barang bekas.

2. Perlengkapan perkuliahan

via tes.com

Kamu mungkin bisa aja nyimpan kartu mahasiswa kamu atau name tag kepanitiaan tertentu yang kamu ikutin semasa kuliah. Tapi, bukan berarti setiap hal kecil yang kamu peroleh dan miliki semasa kuliah harus kamu simpan juga setelah kamu lulus kuliah. Pilih barang yang paling kamu suka buat kamu simpan dan sisanya lebih baik kamu buang atau kasih aja ke junior kamu.

3. Barang-barang yang udah ketuaan atau perlu diganti

Entah itu seprai atau sekedar dekorasi buat dinding kamar kamu, sebaiknya sih kamu ganti aja setelah kamu ninggalin kamar kost atau asrama kamu. Belum tentu barang-barang semacam itu bakal sesuai buat kamu pakai lagi di rumah atau tempat tinggal kamu yang baru. Itung-itung kamu juga bisa sekalian ngasih nuansa baru buat memulai tahap kehidupan kamu yang berikutnya.

4. Baju-baju yang engga sesuai dengan kehidupan setelah kuliah

via theodysseyonline.com

Ingat, setelah lulus mau engga mau kamu bakal masuk ke dunia bisnis, di mana kamu bakal lebih dituntut buat berpenampilan rapi. Oleh karena itu, singkirin sebagian baju yang kemungkinan engga bakal bisa kamu pakai lagi, bahkan pas kamu lagi nyantai di rumah. Sama kayak buku kuliah, kamu pun bisa ngebuang, nyumbangin, atau ngejual baju-baju kamu itu.

5. Barang-barang yang kemungkinan engga bakal dipakai lagi

Pada banyak kasus, jenis barang yang terakhir ini umumnya lebih berhubungan dengan beragam perabotan, mulai dari lemari, meja, kursi, sampai rak. Daripada cuma menuh-menuhin dan nyempit-nyempitin rumah atau tempat tinggal baru kamu, lagi-lagi kamu harus ngerelain barang-barang tersebut. Intinya adalah bawa dan simpan apa yang masih bisa berguna buat kehidupan kamu ke depannya. Selamat beres-beres, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer