Senin, 6 Februari 2023

Genmuda – Setelah diprotes sejumlah netizen Indonesia, Awraldine (Awkarin dan Anya Geraldine) resmi minta maaf. Keduanya secara engga langsung merasa memberi contoh buruk terutama buat anak di bawah umur.

Permintaan maaf Anya Geraldine disampaikan setelah doi dipanggil Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Senin pagi (3/10). Anya dateng pukul 10.00 WIB ditemenin pacarnya, Okky Raditya.

Pihak Anya dan KPAI pun berdiskusi di ruang tertutup hingga 13.00 WIB. Setelahnya, barulah Ketua KPAI Asrorun Niam memberi informasi. Dia bilang, pertemuan itu untuk menindaklanjuti laporan netizen.

Anya pun minta maaf setelah Asrorun selesai berbicara. Doi mengaku bersalah atas teruploadnya video mesra berdurasi 5 menit 14 detik itu. “Kami mengaku lalai. Video itu telah kami hapus,” ujar Anya. Meski begitu, cuplikan videonya yang diunggah ulang akun lain masih beredar di YouTube.

via detik.com
Anya Geraldine waktu menghadiri panggilan KPAI, Senin (3/10). (Sumber: detik.com)

Engga mau lagi

Pada kesempatan itu, Anya bilang doi engga bakal mengulang kelalaiannya. “Kami siap bekerjasama dalam memberikan edukasi pada masyarakat. Kami akan mengupload konten positif dan baik,” tegasnya.

Kalo emang doi tepat janji, netizen engga bakalan lagi bisa nonton doi dan Okky beduaan, berpelukan, cium-cium, dan berendem di jacuzzi bareng buat kesekiankalinya di masa mendatang.

Awkarin minta maaf lewat video

via YouTube
Cuplikan video permintaan maaf Young Lex dan Awkarin. (Sumber: YouTube)

Satu lagi selebgram yang diomelin netizen Indonesia adalah Awkarin. Puncak amarah netizen terjadi waktu doi ngerilis video klip rap bersama Young Lex. Lagu itu dinilai berisi lirik negatif dan ngajarin netizen muda buat hidup hedon.

Video permintaan maaf dan klarifikasi Young Lex dan Awkarin pun diupload keduanya ke channel YouTube masing-masing, Rabu lalu (28/9). “Aku kaget videonya bisa sebooming ini. Aku minta maaf buat kalian semua, terutama anak-anak di bawah umur yang kena dampak buruknya,” lebih kurang gitu kata Awkarin.

Sementara itu, Young Lex menegaskan kalo lirik lagunya dibuat bukan untuk ngasih contoh buruk. Doi bilang kalo itu hanyalah curahan jujur yang keluar dari dalam dirinya. “Jangan munafik. Kita semua pernah muda. Kenakalan remaja tuh gak bisa dipungkiri,” lebih kurang gitu pesan Young Lex buat netizen.

Doi juga bilang kalo 80% netizen kasih komentar negatif (bahkan cenderung hatespeech) terhadap video klipnya. Sementara itu, 10% dari mereka ngasih kritik pedas yang membangun. Sisanya hanya menjadi silent audience.

Udah selesaikah perkara ini?

via republika.co.id
Asrorun Niam dalam sebuah konferensi pers KPAI. Tugasnya masih berat mengingat kelakuan sejumlah netizen remaja Indonesia emang kaya Awraldine. (Sumber: republika.co.id)

Menurut Kawan Muda gimana? Udah selesai kah perkara yang diresahkan netizen dan orang tua Indonesia dengan permintaan maaf Awraldine? Memperhitungkan pengaruh keduanya dan betapa viral-nya video yang dimaksud, Genmuda.com sendiri engga yakin kalo kelakuan remaja labil Indonesia bisa berubah mendadak.

Yang jelas, keduanya telah diperingati. Anya berjanji bakal meng-upload konten positif sementara Awkarin telah menyadari kalo video klipnya bermuatan negatif. Semoga aja peristiwa ini bikin semua channel YouTube berintrospeksi diri dan makin kreatif lagi. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.