Kamis, 24 September 2020

Genmuda – Merayakan Hari Frankofoni 2016, Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar lomba foto dengan tema “Avenir, Jeunesse” (Masa Depan, Masa Muda) yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia dan malam perayaan Pekan Frankofoni pada 16 Maret di Auditorium IFI Jakarta.

FYI, Pekan Frankofoni adalaha perayaan bahasa Prancis sebagai bahasa pengantar di dunia yang dipakai oleh 220 juta orang yang tersebar di lima benua. Bahasa Prancis pun menjadi bahasa resmi di berbagai organisasi internasional seperti PBB dan Uni Eropa serta di berbagai lembaga nirlaba seperti Palang Merah Internasional dan Amnesty Internasional.

Di Asia Tenggara bahasa Prancis menjadi salah satu matapelajaran di sekolah dasar, sekolah menengah atas, Alliance Française dan institusi-institusi Prancis lainnya. Melalui Atase Kerjasama Linguistik Kedutaan Besar Prancis di Indonesia François Roland-Gosselin mengatakan, jika kemampuan berbahasa Prancis bagi generasi muda Indonesia akan membawa keunggulan-keunggulan baik di bidang bisnis dan industri maupun di bidang kompetensi lainnya. (Selain Bahasa Inggris yang udah universal ya) 

“Dengan menguasai bahasa Prancis, kita semakin punya peluang untuk melakukanmobilitas internasional baik sebagai pelajar, peneliti maupun pekerja profesional.” ungkap FrançoisRoland-Gosselin

Nah, rangkaian kegiatan Pekan Frankofoni (Semaine de la Francophonie) turut melibatkan perwakilan negara-negara penutur bahasa Prancis lainnya seperti Belgia, Kanada, Libanon, Swiss dan Tunisia serta beberapa institusi pendidikan di Indonesia yaitu Universitas Negeri Jakarta, Universitas Indonesia dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Lomba fotografi ini berlangsung sampai hari Minggu 6 Maret 2016 dan penganugerahan hadiah bagi pemenang diadakan pada hari Rabu, 16 Maret 2016 di Auditorium IFI Jakarta. Akan hadir dalam acara yang sekaligus menutup rangkaian Pekan Frankofoni ini, delegasi dari kedutaan negara-negara Asia, Eropa, Afrika, Timur Tengah, perwakilan perusahaan-perusahaan Prancis di Indonesia, serta perwakilan kementerian-kementerian pemerintah Indonesia.

Buat informasi lebih lengkapnya langsung aja kamu lihat di sini ya. Selamat berkompetisi Kawan Muda!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.