Minggu, 27 November 2022
Gaya HidupTeknomotive

ASUS Rilis Ponsel Serba Bisa, ZenFone Max Plus M1

©Genmuda.com/2018 TIMRegional Director South East Asia Benjamin Yeh luncurin Zenfone Max Plus M1 di Jakarta, Kamis (1/3). ©Genmuda.com/2018 TIM

Genmuda – ZenFone Max Plus M1 rilis di Indonesia, Kamis (1/3). Kemunculan ponsel kamera belakang ganda berbaterai 4.130 mAh itu sekaligus tandai awal seri produk baru Zenfone.

Setelah luncurin ponselnya di Jakarta, Regional Director ASUS South East Asia, Benjamin Yeh, bilang bahwa selanjutnya akan ada ZenFone Max Plus M2, M3, M4, dan seterusnya yang sama-sama mengusung kapasitas baterai besar.

Marketing Manager ASUS Indonesia, Galip Fu menyatakan, “Riset kami menunjukkan kapasitas baterai itu penting. Para gamers membutuhkannya biar main lebih lama. Penyuka foto pun butuh supaya jepret foto lebih banyak.”

Semua lebih besar, kecuali ukuran ponselnya

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Galip Fu juga bilang kalo ponsel anyar ASUS itu lebih banyak keunggulan tanpa harus mengorbankan ukuran. Ponselnya tetap slim dengan dapur pacu lebih besar dari rata-rata.

Pertama, layar 5,7 inchnya. ZenFone Max Plus M1 dipasangi layar 1440 x 720 dengan perbandingan 18:9. Alias, itu kali pertama ASUS pasang layar full view mengikuti tren ponsel zaman sekarang. Tapi, ukuran ponselnya tetap seperti ponsel 5,2 inch.

“Tampilan layar lebih lebar, berarti lebih banyak notifikasi, aplikasi, dan hiburan yang bisa ditampilkan. Kelebaran layarnya juga cocok untuk membuka dua aplikasi sekaligus,” kata Galip Fu presentasiin produknya.

RAM dan storage besar

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Ponsel yang dibanderol seharga Rp 2.799.000 itu dipasangi RAM 4GB dan penyimpanan sebesar 64GB. Angka itu lebih tinggi daripada ZenFone 4 Max Pro — ponsel last year yang masih 2GB/32GB atau 3GB/32GB.

Kapasitas penyimpanan ponsel dual sim 4G/CDMA itu juga bisa ditambah dengan MicroSD hingga 256GB. Dikombinasikan dengan layar lebih lebar, spesifikasi itu cocok buat gamers dan penikmat multimedia.

Sensor cepat

©Genmuda.com/2018 TIM
Wartawan menjajal kecepatan fokus kamera Zenfone Max Plus M1. ©Genmuda.com/2018 TIM

Sensor sidik jari dan pemindai wajah ZenFone Max Plus M1 pun dipercepat. Kini, proses pemindaian hanya berlangsung hingga 0,3 detik menurut klaim pihak ASUS.

Sensor kameranya bekerja lebih cepat lagi, yaitu 0,03 detik untuk mendeteksi fokus secara otomatis, menyalakan LED, atau mengubah setingan kamera. Kalo kata orang, gak pakai lama!

Kamera belakang oke

©Genmuda.com/2018 TIM
Galip Fu jelaskan fitur kamera ponsel anyarnya. ©Genmuda.com/2018 TIM

Bagian belakang ponsel ramping pas di genggaman itu dilengkapi dua kamera yang hampir sepenuhnya rata sama bodi metaliknya. Kamera pertama punya 16MP dengan aperture f/2.0. Hasil foto pencahayaan minim terbilang masih cukup oke.

Kamera kedua punya 8MP dan fitur wide-angle 120 derajat. Objek yang gak muat difoto dengan kamera pertama bakal lebih muat dengan kamera kedua. Keunggulannya ditambah sama fitur penggabungan gambar.

Dengan fitur tersebut, Zenfone Max Plus M1 bakal gabungin 4 foto yang sama hingga tercipta satu foto berkualitas jauh lebih tinggi. Warnanya lebih cerah dan definisinya lebih detil. Setara kayak hasil jepretan kamera 64MP.

Kamera depannya pas

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Di bagian depan ponsel, ada kamera 16MP dengan aperture f/2.0. Kamera selfie itu dilengkapi fitur beauty, selfie panorama, dan stiker dalam bentuk GIF. Tanpa aplikasi tambahan, aplikasi kamera bawaan ponsel juga bisa hasilkan selfie kekinian.

Fitur beauty ponselnya bisa otomatis mengedit mata jadi lebih besar, pipi lebih tirus, dan kulit lebih halus. Misalnya pengen foto apa adanya, seluruh fitur beauty bisa dimatikan.

Baterai tahan lama

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Dari segi tenaga, baterai ponsel perdana ASUS tahun 2018 itu gak lebih besar dari ponsel tahun lalunya. ASUS ZenFone 4 Max Pro yang rilis kisaran 2017 punya baterai 5.000 mAh.

Meskipun demikian, baterai ZenFone Max Plus M1 gak bisa dianggap remeh juga. Berdasarkan klaim ASUS, baterainya bertahan hingga 26 hari saat standby. Saat dipakai menonton video, bertahan hingga 13 jam.

Kalo pengen buru-buru, baterainya bisa terisi hingga 3 jam talktime hanya dengan 15 menit mengisi baterai dengan fitur quick charge. “Baterainya juga dilengkapi teknologi pengaman sehingga tidak cepat rusak,” klaim Galip Fu.

Dia juga bilang, usia baterai ZenFone Max Plus M1 dua kali lipat lebih lama daripada ponsel-ponsel pada umumnya.

Chipset yang teruji

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Keseluruhan fitur ponsel itu beroperasi dengan chipset Mediatek MT6750T octa-core dengan kecepatan 1,5Ghz. Berdasarkan perbandingan performa, putaran intinya lebih cepat ketimbang Qualcomm Snapdragon 425 (1,4Ghz) pada Asus ZenFone 4 Max Pro.

Dari sisi interface, ponsel anyar ini menggunakan ZenUI 4.0 berbasis Android 7.0 Nougat. Kalo kamu minat, langsung aja serbu toko-toko ponsel terdekat di sekitar rumah kamu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.