Kamis, 9 Desember 2021

Genmuda – Laptop menjadi kebutuhan penting di masa pandemi, terutama untuk kebutuhan sekolah, kampus, sampai kantor. Oleh sebab itu Asus baru aja memperkenalkan tiga laptop Chromebook terbarunya, yakni Chromebook C124, Chrome Flip C434 dan Chromebook Flip C436.

Ketiganya diklaim cocok buat kantong anak sekolah, mahasiswa, hingga orang kantoran. Dalam perilisannya, Minggu (22/8/2021), ASUS Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin, tiga laptop baru ini punya kualitas terbaik bagi semua kalangan.

“Ketiga Chromebook yang diperkenalkan kali ini juga ditargetkan untuk pengguna yang berbeda, mulai dari anak-anak, pengguna kasual, hingga bisnis.” kata Jimmy.

Chromebook C124

ASUS Chromebook Flip C214©Asus Indonesia/2021

Latop berbasis Chrome OS ini menyasar anak-anak dengan desainnya yang ringkas dan ringan. ASUS Chromebook C214 hadir dengan bobot maksimal hanya 1,2 kilogram dan memiliki layar 11,6 inci. Gak cuma itu, laptop ini punya bodi khusus yang tahan benturan dan percikan air.

ASUS Chromebook C214 ditenagai oleh Chrome OS lengkap dengan Google Classroom. Kemudahan operasional dan dukungan layanan Google membuat laptop yang ditenagai Chrome OS ini menjadi perangkat tepat untuk edukasi anak.

Untuk memudahkan kebutuhan, Asus melengkapinya dengan layar sentuh yang mendukung hingga 10 titik sentuh. Selain itu Chromebook C214 telah mengadopsi tipe layar flip screen yang dapat diputar hingga 360 derajat, sehingga laptop ini dapat digunakan layaknya sebuah tablet.

Ada pula stylus khusus (opsional) sehingga ASUS Chromebook C214 juga dapat difungsikan sebagai papan gambar digital. Ada dual kamera yang dapat digunakan untuk menangkap gambar layaknya smartphone.

ASUS Chromebook C214 ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4000 serta memori DDR4 RAM sebesar 4GB dan penyimpanan berupa eMMC hingga 32GB.

Chromebook Flip C434

ASUS Chromebook Flip C434©Asus Indonesia/2021

ASUS Chromebook Flip C434 menawarkan kemudahan, kecepatan dan keamanan data. Bodi laptopnya dilapisi oleh bahan logam ringan dan kokoh. Asus membekalinya dengan screen-to-body ratio hingga 87%, serta engsel 360° ErgoLift memungkinkan laptop ini dapat dioperasikan layaknya tablet dengan daya tahan hingga 10 jam pemakaian.

Salah satu keunggulan ASUS Chromebook Flip C434 adalah layarnya yang dapat diputar hingga 360 derajat sehingga bisa memaksimalkan fleksibilitas laptop buat bekerja, mode stand untuk presentasi, hingga mode tablet untuk menonton film.

Engsel ErgoLift 360 juga memungkinkan posisi mengetik yang lebih nyaman. Mekanisme khusus yang terdapat di engsel tersebut memungkinkan keyboard dapat sedikit terangkat sehingga lebih ergonomis untuk mengetik.

ASUS Chromebook Flip C436 

ASUS Chromebook Flip C436©Asus Indonesia/2021

Berbeda dengan dua laptop sebelumnya, Chromebook Flip C436 dirancang untuk Kawan Muda dengan mobilitas tinggi. Bodinya yang tipis, ringkas, dan ringan, tapi tetep powerful.

Laptopnya mengusung layar 14-inci dengan teknologi NanoEdge Display. Layarnya beresolusi Full HD (1920×1080) dengan color gamut 100% sRGB sehingga cocok untuk hiburan bahkan untuk kegiatan content creation seperti photo maupun video editing.

ASUS Chromebook Flip C436 ditenagai oleh prosesor Intel Core, serta didukung oleh memori 8GB RAM dan penyimpanan berupa M.2 SSD sebesar 256GB. Selain itu ada pula fitur konektivitas yang lengkap seperti dual-band WiFi 6, USB Type-C, dan pembaca kartu MicroSD yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 2TB.

Ketiga laptop Chromebook ASUS ini sudah tersedia di Indonesia. Harga ASUS Chromebook C214 dibanderol mulai dari Rp,6 juta, ChromeBook Flip C434 Rp11,8 juta, dan Chromebook Flip C436 seharga Rp17,3 juta.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.