Jum'at, 30 Oktober 2020

Genmuda – Amerika Serikat balas kekalahan melalui laga pertandingan melawan Costa Rica, Rabu (8/6) di Soldier Field, Chicago, AS dengan kemenangan 4-0. Tiga gol berhasil dicetak di babak pertama dan gol terakhir dicetak menjelang akhir babak kedua.

Kemenangan ini jadi prestasi buat AS, sob. Soalnya doi pernah dikalahin Costa Rica 0-1 waktu pertandingan persabatan jelang Copa America Centenario, Oktober 2015. Habis itu, AS juga sempat tersandung di penampilan awalnya waktu kalah 0-2 dari Colombia, 3 Juni lalu.

Costa Rica seengganya tampil lebih baik dari AS di laga awal doi waktu lawan Paraguay, 4 Juni. Pertandingan Costa Rica kali itu berakhir imbang 0-0. Menjelang pertandingan lawan AS, Costa Rica udah di atas angin aja karena melihat statistik pertandingan itu.

Sebelum pertandingan, ESPN FC mengabarkan Presiden Federasi Sepakbola AS Sunil Gulati bilang, “Penampilan tim Amerika hingga kini sama sekali tidak sesuai harapan, terutama dalam laga penyisihan grup.” Soalnya, Pelatih AS Jurgen Klinsmann terlanjur berjanji buat ngebawa AS hingga semifinal meski statistik berbicara lain.

Copa America Centenario
Jurgen Klinsmann sumeringah aja nih timnya bisa bantai anak orang. (Sumber: Business Insider)

 Costa Rica bagus di awal

Di awal babak pertama, serangan cepat Costa Rica terbukti kuasai lapangan tengah. Penyerang AS pun engga bisa berbuat banyak dan terpaksa harus mundur hingga ke setengah lapangan sendiri. Sayangnya, ujung tombak Costa Rica gagal hasilkan angka.

Di menit ke-9, Bobby Wood cs. berhasil mendapat kesempatan emas di dalam kotak penalti lawan. Keberuntungan berada di pihak AS, karena pemain Costa Rica Cristian Gamboa mendorong Wood dari belakang sampe jatuh.

Wasit memutuskan penalti dan Dempsey mengeksekusinya dengan baik ke sisi kiri kiper Pemberton yang telah terkecoh. Setelah itu, jalan mulus serasa didapatkan AS karena pemain bertahan Costa Rica mulai terlihat engga fokus di lapangan.

copa america centenario
Clint Dempsey waktu mengeksekusi penalti di menit ke-9. (Sumber: Getty Images)

Terus menyerang dari sisi Kiri, akhirnya Jermaine Jones memanfaatkan operan dari Dempsey  yang sudah menggocek-gocek hingga ke dalam pertahanan Costa Rica. Tendangan datar Jones engga mampu dihalau kiper Pemberton di menit ke-37.

Lima menit kemudian, Dempsey lagi-lagi member operan yang berbuah gol. Kali ini, giliran Bobby Wood yang mencetak angka. Doi nerima bola operan Dempsey, kemudian berputar untuk mengelabui pemain Costa Rica. Tendangan datar Wood sempet mengenai tangan Kiper Pemberton, tapi bola tetep masuk ke gawang di menit ke-42.

copa america centenario
(Sumber: starsandstripesfc.com)

Babak pertama pun berakhir 3-0 buat AS. Di babak kedua, Costa Rica tetep nyoba menyerang meski engga bisa nembus pertahanan AS. Sementara AS jaga tempo permainan biar engga kecolongan angka. Soalnya, unggul 3 angka sangat mempengaruhi posisi anak asuh Klinsmann di grup.

Di babak kedua, Bobby Wood dan Clint Dempsey digantikan oleh Chris Wondolowski dan Graham Zusi. Mengikuti jejak pemain yang digantiinnya, Zusi mencetak angka tambahan buat AS di menit ke-87. Pertandingan pun berakhir, dan skor 4-0 buat AS jadi angka finalnya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.