Sabtu, 4 Februari 2023

Genmuda – Coba Kawan Muda tanya, “Apa yang biasa kamu langsung lakukan begitu bangun tidur?” Cek handphone? Ngumpulin ‘nyawa’? Atau langsung minum air putih? Kalo jawabannya langsung minum air putih, kamu layak berbangga diri.

Soalnya dengan meminum segelas air putih di pagi hari ternyata mampu mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti diabetes hingga obesitas. Faktor ini dikarenakan 70% tubuh manusia adalah air. Jadi engga heran kalo kamu diwajibkan minum air putih minimal 3 liter sehari atau sekitar 8 gelas.

Terus kenapa harus minum air ketika baru bangun tidur?

Metode ini udah terbukti ampuh melawan berbagai penyakit dikarenakan dehidrasi alias kekurangan air sepanjang hari. Buat kaum hawa, minum air putih di pagi hari juga ampuh mengatasi gangguan PMS.

Proses tersebut dianjurin karena segelas air putih di pagi hari dapat menghilangkan racun di dalam tubuh. Fungsi air juga dapa meningkatkan produksi sel-sel otot dan sel darah merah.

Lebih lanjut, sebuah studi ngebuktiin kalo minum air putih di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 24% setiap harinya. Tentunya fakta ini ngebantu banget buat kamu yang lagi ngejalanin program diet.

Membantu mengurangi berat badan

Sebagai mana yang udah Genmuda.com singgung sebelumnya, air putih juga dapat mengurangi berat badan kamu secara alami. Perut yang udah dinetralisir oleh racun, akan meningkatkan sistem pencernaan. Kamu pun jadi engga gampang lapar, yang artinya dapat mencegah kenaikan berat badan.

Secara air punya sifat cair, jadinya segala sisi makanan yang tersisi di usus akan larut dan didorong secara alami. Tentunya kalo Kawan Muda juga punya masalah susah BAB, coba aja rutin minum air putih di pagi hari.

Mempercantik kulit dan rambut

Kalo mempercantik kulit kamu sih kayaknya udah pada tau ya. Soalnya kalo kamu dehidrasi, kulit kamu pun juga bakalan kering, kusam, dan engga shiny kayak mutiara. *lebay.

Air putih inilah yang punya fungsi membuat kulit lebih bercahaya secara alami. Sedangkan buat rambut sangat berguna mencenggah rambut rontok atau patah karena di sisir. Jadi engga perlu sering-sering pakai sampo. *canda

Cara sehat paling murah

via: Giphy

Para ahli kemudian sepakat jika minum air putih setelah bangun tidur adalah obat paling murah buat melawan segala macam penyakit. Karena air putih dapat menyeimbangkan sistem kerja ginjal untuk mengeluarkan racun.

Intinya kalo kamu udah baca fakta di atas, udah engga ragu lagi dong buat selalu minum air putih di pagi hari? Selamat mencoba ya!

Sumber: NCBI

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.