Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – Selain jaga pola makan, olahraga teratur jadi faktor utama yang bikin badan langsing dan perut six pack. Kalo buat cowok, punya dada bidang dengan lengan berotot bisa jadi nilai plus. Buat cewek sendiri, punya tubuh langsing bisa jadi daya tarik dan nambah rasa percaya diri.

Meski begitu cara-cara seperti, diet atau maksain olahraga berat bukan jadi cara sehat buat ngebentuk badan idaman. Biar engga bingung dan hopeless duluan, kamu bisa kok ngebentuk badan lebih porposional dengan cara simple kayak gini:

1. Makan karbohidrat kompleks sebelum berolahraga

Kalo serealnya bergula kayak gini, kamu mesti hati-hati juga. Jangan sampai konsumsi gulanya berlebihan. (Sumber: spoonuniversity.com)

Apa itu karbohidrat kompleks? Itu adalah jenis karbohidrat dengan susunan molekul yang sulit dicerna. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu bisa nemuin itu di padi-padian, atau sereal yang biasa kamu makan.

Kata peneliti Loughborough University Inggris, makanan itu bisa jaga level insulin tetep rendah dan bikin pembakaran lemak makin efektif. Selain itu, daya tahan ketika berolahraga juga makin terjaga. Bagusnya sih karbohidrat kompleks ini kamu makan dengan lauk yang seimbang nutrisinya paling engga sejam sebelum olahraga.

2. Hindari makanan berlemak tinggi 4 jam sebelum olahraga

Kurangin gorengan deh. (Sumber: majalahkesehatan.com)

Makanan tinggi lemak bikin darah sulit terpompa ke bagian tubuh yang sedang berolahraga. Efek ini terjadi selama 4 jam setelah makan lemak (apa lagi yang kadarnya tinggi), seperti junk food, gorengan, atau minuman bersoda. Sederhananya, saat sirkulasi darah kamu lancar, makin banyak pula gerakan yang bisa kamu lakukan karena daya tahan tubuh tetep terjaga.

3. Tambah sayuran sebelum berolahraga

Salad yang engga kebanyakan mayones yang baik. (Sumber: foodnetwork.com)

Penelitian Maryland School of Medicine bilang kalo sayuran hijau yang kamu makan dengan menu rendah lemak sangat berguna buat kebutuhan olahraga. Kalo bisa tambah menu makanan jelang latihan dengan sayuran hijau seperti brokoli atau selada.

4. Fokus dengan olahraga

(Sumber: askmen.com)

Selain itu, kamu juga perlu fokus dengan gerakan yang kamu lakuin ketika olahraga. Dengan begitu, otot yang sedang dilatih bakal lebih aktif. Pembentukan otot dan pembakaran lemak pun bakal terjadi lebih efektif dengan cara itu. Jadi jangan bengong doang pas olahraga.

5. Berlatih dengan partner

Sekalian olahraga sekalian gosip. Eh ga boleh deng. (Sumber: hercampus.com)

Ini ada hubungannya dengan sifat kompetitif manusia, alias sifat engga mau kalah. Ketika berolahraga dengan orang lain — entah itu partner di gym atau teman yang kamu paksa ikut, kamu bakal punya dorongan ekstra. Dorongan inilah yang bikin kamu jauh lebih berenergi dan kuat ngelakuin lebih banyak gerakan.

6. Seimbang

Kelenturan, kecepatan, kekuatan, dan pernapasan bisa terlatih lewat bela diri. (Sumber: Istimewa)

Berbagai penelitian udah nunjukin kalo olahraga terbaik adalah olahraga yang seimbang antara ngelatih kekuatan, kelenturan, dan kardiovaskuler. Dengan kata lain, kamu perlu peregangan, olahraga otot, dan olahraga aerobik seperti lari, bersepeda, atau berenang.

7. Pertahankan pola makan

Kalo engga makan demi ngurangin kolesterol, bisa-bisa badan kamu jadi kayak lidi-lidian. (Sumber: Istimewa)

Kebanyakan kolesterol emang engga baik. Tapi bukan berarti kamu sama sekali engga mengonsumsi kolesterol. Soalnya itu tetep dibutuhin ketika olahraga. Riset Kent State University nunjukin kalo olahragawan yang asupan kolesterolnya seimbang justru punya 55% lebih banyak tenaga dari yang kolesterolnya kurang.

8. Minum teh

Ngeteh dulu lah biar kaya Sherlock Holmes. (Sumber: Tumblr)

Meski menyenangkan waktu dilakukan, olahraga merupakan salah satu kegiatan yang menimbulkan stres. Bukan otak dan psikologis kamu yang ngerasain, tapi juga otot. Buat ngurangin level stres tersebut kamu sebaiknya rutin minum teh tiap pagi.

Biar keliatannya sederhana, kunci ngedapetin badan porposional tetap harus rutin dan seimbang berolahraga ya. Mumpung udah masuk weekend, yuk langsung kamu coba tips di atas.

 

Sumber: Muscle and Fitness | (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.