Rabu, 23 September 2020

Genmuda – Karena sekarang banyak banget dukun orang pinter, teknologi baru muncul hampir tiap hari, malah hampir tiap ngedip. Tuh. Kamu abis ngedip kan? Di luaran sana, kemungkinan besar ada deh satu atau dua inventor yang menghasilkan teknologi baru saat kamu ngedip.

Meskipun demikian, semua temuan anyar belom tentu berkualitas. Saking banyaknya produk teknologi, malah ada produk yang levelnya jauh lebih absurd lagi. Di antara semua yang ada di dunia, di bawah ini adalah 10 (dari ratusan) teknologi engga guna yang entah kenapa bikin manusia tetep tertarik membelinya.

1. AromaCare

via kisskissbankbank.com
(Sumber: kisskissbankbank.com)

Penyemprot parfum ruangan yang sekarang dalam tahap pengumpulan dana produksi di KissKissBankBank ini bisa dikontrol lewat ponsel. Aplikasinya bisa mengatur seberapa sering alatnya menyemprotkan parfum dan mengatur seberapa wangi parfum itu tiap kali disemprot.

Keliatan pintar emang. Yang engga pintarnya, barang ini dijual seharga 100 dolar AS (1,4 juta rupiah) sementara penyemprot parfum ruangan otomatis tersedia di berbagai toko swalayan dengan harga jauh di bawah itu.

2. Pause

Semua ponsel yang dimasukin ke dalam box metal bermerk dagang Pause ini emang kehilangan koneksinya dari sinyal Wi-Fi dan jaringan seluler. Namun, harganya yang di atas 40 dolar AS terkesan kemahalan. Soalnya, tiap ponsel kan emang bisa dimasukin ke flight mode dan dimasuki laci supaya mendapat fungsi serupa.

3. Quitbit Lighter

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Pemantik api ini diciptakan untuk membantu perokok berhenti merokok. Layar di bagian bodinya ngasih tau kapan terakhir kali pemiliknya menyulut rokok. Tapi, bukankah perokok yang lagi berjuang berhenti merokok justru malah tergoda untuk sebats lagi kalo doi ke mana-mana bawa korek, apa lagi yang pintar ya? Ironis.

4. Drowse Buster-E

Penjual Drowse Buster-E: “Dengan harga 31 dolar AS, Anda dapat fokus menyetir jarak jauh, rapat, belajar, dan berbagai kegiatan penting lainnya tanpa kantuk. Nyalakan dan rasakan kesegaran dengan sensasi akupuntur China!”

Genmuda.com: Kalo fungsinya mencegah kantuk, kenapa engga ngopi aja?

Penjual Drowse Buster-E: *hening*

5. Heatweed

Heatweed berfungsi memanaskan rumput liar hingga ke akar tanpa api. Butuh waktu sekitar 10-15 detik supaya rumputnya tercabut sepenuhnya dan engga tumbuh lagi. Sementara itu, kamu cuma butuh waktu paling engga tiga detik buat mencabut rumput sampai ke akarnya dengan tangan sendiri.

6. Rubato Clock

via techwalla.com
(Sumber: techwalla.com)

Sebenarnya, jam kayu yang kece bentuknya ini berfungsi untuk menambah konsentrasi dan kreativitas. Caranya dengan berjalan lebih cepat ketika “mode serius” diaktifkan. Teorinya, orang yang dalam keadaan kepepet bisa memfungsikan lebih banyak bagian otak untuk berpikir.

Sayangnya, otak para pembeli jam unik ini bisa membiasakan diri dengan jarum jam yang berjalan cepat hingga akhirnya ngerasa itu hal biasa, bukan situasi kepepet lagi.

7. NoPhone ZERO

NoPhone ZERO merupakan sekotak plastik tipis berwarna hitam yang fungsinya menggantikan “alat komunikasi plastik yang selama ini Anda pakai.” Apa aja fitur di alat “canggih” ini? TIDAK ADA. NoPhone seharga 5 dolar AS emang cuma plastik doang yang dibungkus dan diiklankan layaknya ponsel bergengsi. What the f!

Tapi tenang. Ada keluaran terbaru NoPhone dengan nama NoPhone Selfie (15 dolar AS)Seperti yang kamu duga, fitur selfienya didapat dengan menambahkan cermin yang ditempel di salah satu sisi plastik engga berguna ini. Para “developernya” membuat ponsel ala-ala ini dengan maksud mengeritik merk ponsel yang seolah-olah di-Tuhan-kan karena desain produk mereka bagus.

Aneh kan, tapi semua penemuan itu bener-bener ada di dunia. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.