Jum'at, 10 Juli 2020

Genmuda – Minat mobile gaming diprediksi terus meningkat seiring dengan meningkatnya perputaran uang di industri tersebut hingga 2020. Produsen ponsel pun menyesuaikan diri sejak dini biar tetep diminati.

Mengutip venturebeat.com, 26 April, total pendapatan mobile gaming 2017 ada sekitar 46,18 miliar dollar AS. Jumlahnya diprediksi meningkat jadi 65 miliar dollar AS tiga tahun berikutnya.

Gameplay, fitur, dan kualitas grafis tiap game relatif berkembang dari tahun ke tahun. Perubahan itu butuh spesifikasi ponsel yang juga bagus, tapi dengan harga yang gak terlalu tinggi.

Dari sekian banyak pilihan ponsel relatif bebas ngelag, baterai tahan lama, dan layarnya bagus, di bawah ini adalah rekomendasi Genmuda.com. Bersyukurlah Kawan Muda yang masih punya ponselnya.

1. Lenovo Vibe Z K910 (~Rp 2,6 juta)

via androidadvices.com
(Sumber: androidadvices.com)

Spesifikasi ponsel keluaran November 2013 ini masih mantap mainin aplikasi jaman sekarang, kok. Bentang layar sepadat 401 ppi dan seluas 5,5 inchi ngasih kualitas gambar yang terbilang bening. Hanya aja, RAM 2GB dan prosesor Snapdragon 800 masih ngelag mainin beberapa game berat.

2. Xiaomi M i4 (~3,7 juta)

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ponsel yang kini berusia tiga tahun ini unggul dari segi layar full HD dengan kepadatan warna 441 ppi. Berarti, makin bening kualitas gambarnya. Chipsetnya Snapdragon 801 dan RAM 2 atau 3GB. Game sekelas GTA Vice City berjalan lancar di ponsel ini.

3. Google Nexus 5 (~Rp 2,8 juta)

via digit.in
(Sumber: digit.in)

Di Indonesia, ponsel ini juga dikenal dengan nama LG Nexus 5. Meski RAM hanya 2GB dan chipset masih quad-core, ponsel ini termasuk ponsel gaming yang terbaik di kelasnya berkat OS bawaan langsung dari Google. Kekurangannya cuma dari segi baterai 2.300mAh.

4. Samsung Galaxy A7 2016 (~Rp 3,1 juta)

via androidauthority.net
(Sumber: androidauthority.net)

Harga Galaxy A7 versi tahun 2017 masih sekitar 5,5 jutaan, tapi harga keluaran tahun 2016 udah turun hingga 3,1 jutaan rupiah. Prosesornya udah octa-core, RAM udah 3GB, dan layar udah jernih dengan kepadatan warna hingga 401 ppi. Baterainya pun besar sekitar 3.300mAh.

5. ASUS Zenfone 4 Max Pro (~Rp 3 juta)

via kompas.com
(Sumber: kompas.com)

Di balik bodi plastik Zenfone 4 Max Pro yang tipis dan ringkih, tersimpan dapur pacu yang oke. RAM 3GB, prosesor octa-core Snapdragon 425, dan baterainya 5.000mAh. Kekurangannya dari segi layar 5,5 inchi yang masih berkepadatan 267 ppi. Kurang jernih dibanding layar empat ponsel di atas.

6. Oppo F5 (~Rp 4 juta)

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Meski masih setia jadi ponsel selfie, Oppo keliatan mulai merambah dunia gaming dengan seri F5. Pada ponsel octa-core dengan RAM 4GB ini, Oppo menanamkan fitur gaming mode yang secara otomatis (bisa manual juga) mengoptimalkan hardware untuk main game.

7. Vivo V7

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Kayak gak mau kalah, Vivo juga pasang gaming mode pada ponsel V7 anyar mereka. Dengan RAM 4GB dan prosesor octa-core, gaming kayaknya bakalan relatif bebas lag. Namun demikian, layarnya gak sejernih ponsel lain karena masih layar HD sementara ponsel di atas udah FHD. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.