Senin, 13 Juli 2020

Genmuda – Buat sebagian anak muda nemu pekerjaan berdasarkan passion itu kayak sesuatu yang keren, syukur-syukur passionnya berbanding lurus sama penghasilannya. Lain ceritanya kalo kamu kerja yang engga cocok sama kepribadian kamu, mau segede apapun gajinya bawaannya pasti kurang semangat. Setuju engga?

Demi dapetin karir impian, engga sedikit dari anak muda yang all out nunjukin kepribadian yang bukan dirinya banget. Hasilnya sering kan denger istilah “Fake it until you make it!” Padahal sih, kamu engga perlu sampai segitunya juga kok. Bahkan kalo kamu termasuk orang yang pemalu dan ngirit ngomong, masih banyak pekerjaan yang cocok sama kepribadian kamu. Engga percaya? Pilih aja salah satu profesi di bawah ini.

1. Freelancer

via: Muvilla
(Sumber: Istimewa)

Entah mau penulis atau desainer, jadi freelancer itu sejatinya engga perlu sering-sering keluar rumah. Malah kerjaan yang nyamperin kamu ke rumah. Saat ada revisi dari klien kebanyakan dilakuin via email atau telpon. Yah, selama kerjaannya bener, pasti revisiannya juga sedikit kok.

2. IT

via community.sparknotes.com
(Sumber: community.sparknotes.com)

Setiap kantor pasti ada yang namanya divisi IT. Walaupun keliatannya gabut (baca: gaji buta) di depan laptop, namun kerjaan mereka emang kayak gitu sob. Meski cabang pekerjaannya masih banyak, tapi bagi orang pemalu dan engga suka ketemu banyak orang, mungkin divisi IT layak kamu pilih.

3. Seniman

©Genmuda.com/2016 TIM
Maudy lagi menata pernak-perniknya buat foto Flatlays. Tau foto barang-barang yang tertata rapi dan populer di IG itu kan? Nah, itu namanya Flatlay. (©Genmuda.com/2016 TIM),

Jadi seniman itu mungkin engga selalu dapet untung gede, tapi satu yang paling mungkin dalam pekerjaan ini adalah kamu punya waktu lebih banyak untuk sendiri, dibandingkan profesi lainnya. Seorang seniman juga punya waktu yang lebih fleksibel terkait apa yang mereka mau kerjain, apalagi mereka lebih suka bekerja di rumah atau studio sendiri.

4. Editor film, naksah, atau audio

via: Google
Cast film ‘Spotlight’ (Sumber: Istimewa)

Dalam industri hiburan atau media, ada peran seseorang di balik layar yang berfungsi mengevaluasi suatu bahan mentah dari tulisan, video, atau audio menjadi layak dan sesuai prosedur, doi disebut editor. Karena kerjaannya mengolah bahan supaya makin cantik, engga heran kalo profesi ini lebih jarang ketemu sama banyak orang dan kebanyakan kerja di dalam kantor.

5. Gamers

via: Dok. Nix1a
(Sumber: nixiagamers)

FYI, profesi gamer juga punya cabang-cabangnya gaes, ada gamer profesional, ada gamer review, atau kometator game. Yang jelas ketiga jenis gamer tersebut hampir jarang ketemu sama orang banyak, nyaris engga kayak orang kantoran. Kalo emang kamu suka main game, engga ada salahnya loh buat pilih salah satu profesi yang tadi Genmuda.com sebutin. 

6. Desainer Grafis

©Genmuda.com/2016 Liki
Nurfadli Musyid dengan helm Stromtrooper miliknya ©Genmuda.com/2016 Liki

Seperti halnya seorang seniman, seorang desainer grafis bisa menghabiskan banyak waktu untuk proses kreativitas dan pencarian ide. Tentu ada pula beberapa posisi desainer grafis yang mengharuskan mereka ketemu sama klien, tapi ada juga posisi yang engga memerlukan mereka banyak interaksi dengan orang lain. —terutama saat brainstorming pencarian ide.

7. Analis Keuangan

via: Coming Soon
(Sumber: Istimewa)

Suka sama data, angka, atau pasar modal? Maka engga ada salahnya buat memantapkan diri menjadi analis keuangan. Tugas mereka yang mempelajari tren pasar dan menyarankan bisnis atau investasi yang tepat bagi klien/perusahaannya. Sekalinya berinteraksi dengan klien biasanya pada proses audit. Selebihnya? Ya pacaran deh sama angka, angka, dan angka… (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.