Jum'at, 23 Oktober 2020

Genmuda – Kalau ada hubungan yang jauh lebih rumit dari hubungan kamu sama mantan kamu yang masih terlibat dalam CLBK alias Cinta Lama Belum Kelar, maka itu adalah hubungan kamu sama nyokap kamu. Kenapa gitu?

Dari kecil, kita semua jelas udah sering diajarin dan udah tahu banget kalau bohong sama ortu itu bisa bikin kamu jadi anak yang durhaka sekaligus kualat. Meski begitu, tetap aja godaan buat ngelakuin hal tersebut bakal selalu ada, engga peduli kapanpun, dimanapun, atau apapun penyebabnya.

Well, kamu mungkin nganggap kalau sebagian dari sekian banyak kebohongan yang kamu sampein ke nyokap kamu itu merupakan white lie alias kebohongan buat kebaikan. Intinya sih ya kamu cuma engga pengen nyokap kamu jadi mendadak panik dan langsung bereaksi lebay kalau tahu hal yang sebenarnya. Berikut ini adalah 7 contoh kebohongan yang pasti pernah kamu sampein ke nyokap kamu:

  1. Hp aku nyala terus, mungkin sinyalnya jelek

Udah berkali-kali dihubungin nyokap lewat, telepon, SMS, WA, Line, dan BBM, tapi kamu engga ngebalas-balas juga. Pas akhirnya ketemu dan ditanya kenapa kamu sama sekali engga ngerespon, kamu akhirnya malah nyampein alasan yang pertama ini. Padahal, kamu mah lagi malas aja buat nanggepin pertanyaan-pertanyaan nyokap atau lagi engga pengen diganggu.

  1. Iya, aku suka kok masakan mama

Nyokap udah susah payah masak, masa mau dibilang kalau masakannya engga enak? Bisa-bisa yang ada nyokap kamu langsung nyanyiin lagunya Glenn Fredly yang judulnya ‘Tega’ loh. Kamu pun mau engga mau cuma bisa pasrah ngunyah dan nelan dengan sabar daripada harus kelaparan plus seharian dikacangin sama nyokap kamu.

  1. Aku lagi di rumah teman, engga ngapa-ngapain

Eaaaaa… Yakin banget nih kamu sama sekali engga ngapa-ngapain? Biasanya sih kalau ngomong kayak gini artinya itu ya justru hal yang kebalikannya. Benar engga tuh, Kawan Muda? Hayo, udah ngapain aja nih kamu? Mending kamu ngaku aja deh ke nyokap sebelum nanti ketahuan.

  1. Udah sholat kok

Wahai anak yang dikasihi Allah, ortu, teman-teman, dan pacarnya (kalau ada), kenapa kamu bisa-bisanya bilang udah sembayang padahal belum? Ingat, bakal ada azab yang menanti kamu loh. (Sok iya banget, padahal penulis juga sembayangnya kalau ingat atau abis diingatin sama nyokap doang.)

  1. Engga tahu/engga lihat/engga ngerti/engga bisa (dan engga yang lainnya)

Maksud dari berbagai kalimat “engga” yang suka kamu sampein ke nyokap sebenarnya merupakan bentuk penolakan kamu terhadap berbagai pertanyaan atau permintaan tolong beliau. Kalau dirangkum, seharusnya kamu bisa aja cuma bilang “engga mau” tanpa harus ngomong berbelit-belit atau ngelak sana-sini dulu. Tapi, ya lagi-lagi kamu ‘kan harus ngejaga perasaan nyokap kamu.

  1. Baru temenan doang

Ngomong ke nyokap sih memang baru temenan doang sama si dia, tapi kok udah sering jalan bareng, diantar-jemput sana sini, gandengan tangan, dan bahkan ultah pun udah dikasih kado sekaligus kejutan ya? Awas, nanti yang ada si dia ternyata memang cuma nganggap kamu teman dan kalian cuma terjebak friendzone loh, Kawan Muda. Mending terjebak friendzone atau terjebak nostalgia nih?

  1. Aku engga apa-apa, baik-baik aja

Ke si dia ngomongnya gini, eh ke nyokap ngomongnya gini juga. Kamu kayaknya senang banget deh terus-terusan tersenyum dalam hati menangis. Jangan kebanyakan pura-pura lah. Pura-pura terus tuh capek kali, Kawan Muda! (Apalagi pura-pura engga mau baca dan engga mau ngasih komentar buat tulisan ini. He-he.) (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer