Selasa, 26 Januari 2021

Genmuda – Ngejalanin gaya hidup sehat merupakan salah satu hal yang memang harus kita lakuin sedini mungkin. Apalagi buat kamu para cewek yang bakal memasuki usia 18 tahun khususnya, ini adalah waktu terbaik buat kamu nyiapin diri loh, Kawan Muda.

Kalau kamu berpikir ngejalanin gaya hidup sehat itu cuma sekedar diet dan olahraga, maka kamu keliru. Ngerawat diri sendiri juga termasuk bagian penting dari gaya hidup sehat. Bahkan, kalau pengen hidup lebih lama, engga gampang sakit, lebih berenergi, dan lebih bahagia, kamu sebaiknya ngejalanin gaya hidup sehat yang tepat dari usia yang sangat muda.

Sayangnya, sering kali ada aja hal yang bisa bikin niat kamu buat ngejalanin hidup sehat jadi melempem. Mulai dari godaan junk food sampai malas bangun pagi, semua hal semacam itu suka muncul di saat yang engga tepat. Alhasil, dari yang semua udah pengen banget buat berubah, kamu akhirnya balik lagi ke kebiasaan lama kamu.

Namun demikian, kamu sebenarnya masih punya banyak kesempatan buat ngejalanin hidup sehat kok, Kawan Muda. Cuma kamu mungkin belum sadar aja kalau hidup sehat di sini bisa dilakukan pula lewat beberapa kebiasaan sederhana. Di samping olahraga dan ngekonsumsi makanan sehat, berikut ini adalah 7 kebiasaan sehat yang harus kamu para cewek miliki sebelum berusia 18 tahun:

1. Bangun tidur di waktu yang sama setiap hari

Hal yang satu ini memang bisa jadi hal yang sulit buat dilakuin. Tapi, buat kesekiankalinya Genmuda.com kasih tahu, kamu harus maksa diri kamu buat konsisten dalam hal ini.

Selain bikin kamu jadi ngerasa begitu capek di sepanjang minggu, dengan begitu kamu pun bakal ngerasain adanya keseimbangan pada jiwa dan raga kamu. Tubuh kamu lama-kelamaan pasti bakal terbiasa dan hal ini engga bakal sulit lagi.

2. Ngebersihin kamar seminggu sekali

Beberes dan bersih-bersih memang capek, tapi di sisi lain kebiasaan ini bisa bikin kamu ngerasa lebih baik, Kawan Muda. Dengan kebiasaan ini, kamu bisa ngerasa lebih produktif dan lebih terorganisir sekaligus bisa ngebersihin isi kepala kamu.

Coba deh luangin waktu sehari dalam seminggu buat ngebersihin kamar kamu, kamu pasti bakal ngerasain manfaatnya. Jangan lupa juga buat engga numpuk-numpuk baju dan selalu ngerapiin tempat tidur kamu abis bangun tidur ya.

3. Minum lebih banyak air putih

Ada banyak banget manfaat air putih bagi kesehatan yang sayang banget buat kamu lewatin. Kalau harus dijabarin satu-satu, tentu bakal panjang banget dan engga bakal muat di satu artikel ini.

Lantas, gimana kalau kamu engga suka air putih? Well, kamu tambahin irisan lemon atau buah-buahan segar lainnya aja biar kamu bisa lebih tertarik buat minum lebih banyak air putih.

4. Keluar rumah

Ayo gerak, jangan mager, Kawan Muda! Long weekend kayak gini memang enak buat leyeh-leyeh, tapi bakal lebih enak lagi kalau kamu keluar rumah supaya bisa ngedapetin vitamin D dari sinar matahari sekaligus udara yang segar.

Kekuatan otak kamu bahkan bisa meningkat dan kamu bisa lebih bersemangat maupun lebih bahagia kalau kamu ngelakuin hal ini. Kamu engga perlu sampai ikutan camping segala, minimal kamu cukup jalan kaki selama 15 menit setiap harinya kok.

5. Mulai rajin ngerawat kulit

Jiwa dan raga udah dijaga, kulit juga engga boleh ketinggalan dong. Selagi usia kamu masih belasan, ada baiknya kamu mulai rajin ngerawat kulit. Contohnya adalah dengan ngebersihin wajah di malam hari sebelum tidur.

Jangan sampai kamu cuma tahu cara makeup-annya doang, tapi engga tahu cara ngebersihinnya. Selalu cari produk perawatan yang sesuai sama jenis kulit kamu supaya kamu ngedapetin manfaat yang maksimal.

6. Baca setiap hari

Baca di sini bukan bacain chat si dia doang loh ya, Kawan Muda. Engga peduli seberapa malas atau bencinya kamu buat baca, yang namanya baca itu tetap aja penting buat dilakuin.

Di samping nambah wawasan dan bikin kamu lebih pintar, baca juga bisa ngebantu ngelawan penyakit syaraf kayak Alzheimer dan ngurangin stres. So, sebagai permulaan, coba buat baca buku, cerpen, atau bahkan koran selama seengganya 20 menit setiap hari.

7. Kurang-kurangin main gadget

Nah, ini dia nih yang terbilangn paling sulit buat dilakuin remaja jaman sekarang. Jangankan 30 menit, 5 menit engga ngelihat layar kayaknya udah nyiksa banget.

Terlepas dari itu, coba tantang diri kamu buat ngelakuin hal ini. Alihin perhatian kamu dengan kegiatan lain kayak yang ada di poin-poin sebelumnya. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer