Senin, 26 Oktober 2020

Genmuda – Pertama kalinya dalam sejarah, kamu bakalan tinggal sendirian dan jauh dari orang tua? Biar nanti engga shock banget, pahami hal-hal ini dulu, Kawan Muda!

Bisa merantau dan pisah dari orang tua mungkin jadi impian buat sebagian anak muda, tapi bisa juga jadi nestapa buat yang lainnya. Biasanya, momen dimana kita harus ninggalin rumah dan tinggal sendirian adalah pada masa kuliah (yang notabene kampus-kampus biasanya jauh dari rumah), atau mulai meniti karir di tempat kerja.

Ada yang dari Jakarta, jauh-jauh kuliah sampe ke Jogja. Ada yang dari Jogja, jauh-jauh nyari kerja di Jakarta. Yang udah punya ini, pengen itu. Yang punya itu, pengen ini. Sebagai manusia terkadang emang engga ada puasnya.

Anyway, sebelum kamu mutusin buat tinggal sendirian, atau buat kamu yang udah pasti bakalan keluar dari rumah dan lagi senang-senangnya mikirin hal-hal seru yang bisa kamu lakuin tanpa aturan dan larangan dari nyokap bokap kamu, jangan buru-buru riang gembira, Kawan Muda. Sebelumnya, inget dulu hal-hal ini ya!

  1. Engga ada yang bakal ngatur-ngatur kamu (kecuali mungkin ibu kost/pemilik kontrakan)

Yup, literally, you are free now. Ini kan biasanya yang paling diimpiin anak-anak yang baru ngerantau. Bisa tinggal sendiri tanpa harus diawasin orang tua, engga dibangun-bangunin tiap pagi, engga dibawelin, dan lain-lain. Pokoknya, engga ada lagi yang bakalan ngatur-ngatur kamu, kecuali pastinya ibu kost atau pemilik kontrakan tempat kamu tinggal.

  1. Semuanya milik kamu… termasuk semua kekacauan yang mungkin kamu lakuin

Emang sih, kamu bebas ngelakuin apa aja, mau engga gerak dari tempat tidur seminggu, mau engga pernah buang sampah, mau engga nyuci baju kotor. Semua milik kamu dan terserah kamu, termasuk juga semua kekacauan yang mungkin bakalan kamu lakuin. Nanti bakalan berasa deh, gimana kamu harus bertanggung jawab sama apa yang kamu lakuin sendiri. Engga ada nyokap yang ngingetin makan, engga ada bibi yang beresin kamar. Baru deh kamu ngerasa kehilangan. 

  1. Bakalan kesepian

Rasa seneng dan bebas yang kamu rasain engga bakalan bertahan lama guys. Di hari-hari selanjutnya, kamu bakalan lebih ngerasa sepi dan sendiri. Di saat itulah kamu bakalan kangen keluarga, kangen ramenya rumah, kangen ribetnya ortu kamu, kangen berantem sama adik atau kakak. Duh, pokoknya siap-siap ngerasa homesick!

  1. Harus mulai belajar masak

Skill masak adalah salah satu pertahanan hidup yang harus dimiliki anak kost. Kecuali kamu emang tajir melintir tujuh turunan dan selalu dapat uang bulanan yang cukup buat makan di restoran mahal setiap hari. Kamu harus banget mulai belajar masak. Seenggaknya masak yang gampang-gampang deh, kayak masak air, masak mie instan, dll. Biar hemat dan engga ngutang mulu di warung kostan.

  1. Menyiapkan apa-apa sendiri

Kalau waktu sekolah, pakaian kamu udah disiapin tiap pagi, sekarang di jaman kuliah kamu harus mikirin mau ke kampus pake baju apa tiap hari. Engga ada lagi deh yang namanya apa-apa tinggal terima jadi, semuanya harus kamu kerjain sendiri. Kalau bukan kamu, siapa lagi?

  1. Perbanyak teman

Namanya juga jauh dari keluarga dan orang tua, sekarang kamu harus mulai bersosialisasi dan memperbanyak teman. Soalnya, kalau ada apa-apa, kamu bakalan butuh mereka sebagai orang terdekat yang bisa ngebantuin kamu. Dengan banyak teman, kamu juga jadi engga terlalu kesepian loh. Jadi jangan sombong-sombong sama tetangga kostan.

  1. Selalu berhati-hati

Jangan lupa kamu harus selalu jaga diri ya, Kawan Muda. Waspada maling, orang jahat, dll. Mulai sekarang, biasain periksa semua pintu dan jendela, karena kan kamu tinggal sendirian dan engga ada orang rumah yang ngejagain kamu.

Gimana, udah siap merantau sekarang? Tinggal sendirian bisa jadi pengalaman yang bagus banget dan ngajarin kita buat bertanggung jawab terhadap diri kita kok. So, good luck, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥