Selasa, 6 Desember 2022

Genmuda – Setiap nyambut tahun baru, sebagian besar dari Kawan Muda pasti ngucapin “Happy New Year”. Tapi, sebenarnya udah se-‘happy’ apa sih kehidupan New Year kamu?

Kayak yang pernah Genmuda.com bahas sebelumnya, kesehatan mental itu sebenarnya sama pentingnya dengan kesehatan fisik dan keduanya bakal saling nunjang satu sama lain. Kalau yang satu udah sakit, maka engga jarang yang satunya lagi pasti bakal nyusul ikutan sakit.

Singkatnya, percuma aja kalau kamu rajin nge-gym, tapi di luar gym kamu masih suka ngelakuin hal-hal yang bisa berbahaya buat kesehatan mental kamu. So, biar di tahun 2016 ini kesehatan mental kamu bisa lebih terjaga, mending kamu coba lakuin 7 hal berikut ini aja:

 

  1. Lakuin hobi yang bisa bikin kamu senang

Hobi di sini bukan hobi yang sekedar bisa bikin CV kamu kelihatan keren dan dapat pujian dari orang-orang ya, Kawan Muda. Tapi, hobi yang sebaiknya kamu lakuin adalah hobi yang bisa bikin kamu ngerasa jadi pribadi yang seutuhnya, yang bisa bikin kamu ngerasa lebih puas, santai, atau tenang.

  1. Simpan kenangan kecil di toples
Memory jar (Sumber: parentmap.com)

Nulis hal-hal menakjubkan yang terjadi pada diri kamu setiap harinya engga cuma bisa ngasih kamu retrospektif yang luar biasa dari sepanjang tahun ini, tapi juga bisa jadi latihan bersyukur yang baik buat kamu. Lumayan loh, hitung-hitung di akhir tahun nanti kamu udah punya banyak hal buat nostalgi(l)a.

  1. Kurang-kurangin mengeluh

Kebanyakan mengeluh engga cuma bisa bikin kamu dijauhin orang-orang, tapi juga bisa bikin kamu nimbun banyak pikiran negatif. Kalau kamu udah kebanyakan pikiran negatif, kesehatan mental kamu jelas juga bisa ikut terganggu. Lakuin aja sesuatu buat ngungkapin pikiran negatif kamu supaya kamu bisa langsung move on.

  1. Tidur yang cukup

Kurang tidur bisa nambahin perasaan engga bahagia maupun depresi dan kecemasan. Oleh karena itu, mulai seimbangin waktu tidur kamu di sepanjang tahun ini, tapi jangan kebanyakan tidur juga. Kebanyakan tidur justru bisa ngebunuh kamu secara perlahan.

  1. Kurang-kurangin main medsos

Banyak hal yang kamu lihat di medsos biasanya cuma yang bahagianya aja, sehingga kamu akhirnya malah jadi lebih gampang ngerasa kalau kehidupan kamu masih kurang. Engga ada bosan-bosannya nih Genmuda.com ngingatin kamu, Kawan Muda: Selama masih punya dunia nyata, jangan kebanyakan main di dunia maya kayak medsos deh.

  1. Perlakuin diri kamu kayak sahabat kamu

Setiap kali kamu terdorong buat ngerendahin atau ngehukum diri kamu, biasain buat bertanya, “Apa gue bakal ngelakuin hal ini ke sahabat gue?” (atau orang lain yang kamu anggap layak diperlakuin dengan perasaan sayang dan hormat). Singkatnya, perlakuin diri kamu segimana mestinya, kayak yang kamu harapin dari orang lain.

  1. Beresin tempat tidur

Masih berhubungan sama tidur yang cukup, beresin tempat tidur jelas merupakan cara paling sederhana yang bisa kamu lakuin buat ngebantu ngejaga kesehatan mental kamu. Ngelihat hal-hal yang tertata rapi ‘kan secara engga langsung juga bisa bikin kamu ngerasa lebih baik. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer