Rabu, 28 Juli 2021

Genmuda – Kalau Kawan Muda ditanya, apa sih tujuan atau target yang pengen kamu capai? Kamu pasti langsung kepikiran hal-hal yang besar. Ya engga?

Mumpung bulan Januari bentar lagi beres, kita ngomongin resolusi yuk. Udah sampe mana nih target dan tujuan kamu yang pengen kamu capai di tahun 2016 ini? Ada perkembangan apa aja? Dan apa aja yang udah kamu lakuin dalam 25 hari pertama di tahun 2016 kemarin?

Kebanyakan orang kalo ditanya pengen ngapain atau apa tujuan serta target yang pengen dicapai, pasti langsung kepikiran hal-hal yang gede. Misalnya, tahun ini pengen dapet jodoh dan nikah biar engga ditanya-tanyain om tante mulu. Atau bisa beli mobil Lamborghini, atau pengen liburan ke Korea dan ketemu sama oppa-oppa ganteng, dan berjuta hal lainnya yang beda-beda buat masing-masing orang.

Punya impian, tujuan, dan target yang besar emang engga ada salahnya Kawan Muda. Justru ada pepatah yang bilang kalo impian kita haurs gede dan tinggi. Tapi yang kadang salah dan sering banget kita lakuin adalah, kita terlalu fokus sama tujuannya, tanpa mulai menaiki anak-anak tangga yang harus kita jalani buat sampe ke tujuan kita itu.

Dan anak-anak tangga kecil serta sederhana inilah yang sebenernya penting kita lakuin, tapi malah kita lupain. So, belum terlambat kok buat memulai langkah-langkah sederhana kayak gini:

  1. Bangun pagi dengan semangat

Sesimpel bangun pagi setiap hari dan memulai hari kamu dengan semangat, udah bisa kamu lakuin belum guys? Kenapa bangun pagi dan semangat penting, karena inilah yang akan menentukan satu hari kita kedepan nantinya.

Kalo dari bangun aja kamu udah buru-buru, males-malesan, atau badmood, yang ada apapun yang kamu lakuin bakalan kerasa salah aja dan engga sesuai sama yang kamu mau. Dan pada akhirnya kamu bakalan beralasan, “Ih, bad day banget sih!”

  1. Menulis kegiatan yang harus dan pengen kamu lakuin dalam satu minggu

Untuk bisa produktif dan nentuin prioritas serta gak kelabakan dalam ngebagi waktu, kamu harus mulai bisa mengatur schedule kamu. Jangan lagi ada yang namanya nunda-nunda pekerjaan sampe mepet deadline, atau main iya-iya aja kalo disuruh tanpa tau kamu udah ada kegiatan yang harus dilakuin pada saat yang bersamaan.

Caranya gimana? Kamu bisa mulai menulis kegiatan yang harus dan pengen kamu lakuin dalam satu minggu, itu bakalan ngebuat hidup kamu lebih produktif dan teratur.

  1. Makan teratur dan rajin berolahraga

Kenapa gaya hidup yang sehat juga harus diperhatiin? Karena dengan gaya hidup sehat, mindset kamu juga bakalan ikutan jadi postif Kawan Muda. Makan yang sehat dan teratur, olahraga yang rajin, dan tidur yang cukup bikin kamu lebih berkonsentrasi dan semangat dalam kerja. Kalo udah gini kan, kamu juga bakalan jadi produktif, dan badan juga jadi enak diajak beraktivitas.

  1. Memperhatikan penampilan

Give a little love for yourself! Walaupun sibuk ini itu, memperhatikan penampilan diri kita sendiri juga engga boleh dilupain. Bukan cuma inner beauty aja yang harus dijaga, tapi penampilan luar juga mempengaruhi banget terhadap rasa percaya diri dan pandangan orang lain terhadap diri kita. Selain itu, dengan memberikan perhatian sama diri kita, kita juga jadi lebih bahagia, dan itu bakalan terpancar serta jadi daya tarik yang bahkan engga kamu sadari loh.

  1. Banyak bersyukur

Kerjaan numpuk, harus lembur, dan banyak hal yang harus dipikirin sampe bikin kamu stres? Coba tarik nafas sejenak dan inget-inget lagi buat bersyukur. Saat kamu lagi pusing sama kerjaan, banyak orang di luar sana yang lebih pusing lagi karena susah dapet pekerjaan. Di saat kamu lagi sibuk ngumpulin uang buat liburan ke Eropa, banyak orang lain yang lagi mikirin besok mau nyari uang gimana. Dengan banyak bersyukur, kita jadi lebih termotivasi dan semangat buat ngejalanin aktivitas.

  1. Jangan lupain perhatian pada orang-orang terdekat

Jangan juga kita terlalu sibuk sama diri kita sendiri, sampe lupa sama orang-orang terdekat. Kapan terakhir kali kamu memeluk ibu dan bilang ‘I love you’? Kapan terakhir kali mengajak orang tua dan adik/kakak kamu makan di luar bareng dan ngobrolin banyak hal?

Memberikan perhatian sama orangg-orang terdekat bukan cuma bakalan ngasih mereka kebahagiaan, tapi juga sebagai charging semangat buat diri kita sendiri. Percaya deh,kalo kamu lagi banyak masalah trus bisa cerita sama orang-orang tersayang, pasti langsung dapet tambahan energi.

  1. Jalin hubungan baik dengan orang lain

Manusia engga bisa hidup sendirian, kita selalu butuh orang lain guys. Maka dari itu, jangan males buat menjalin hubungan baik dengan banyak orang. Relasi juga jadi penting dan bisa berguna buat kita dalam mencapai tujuan loh.

Dengan kenal dan menjaga hubungan baik sama banyak orang, apalagi dalam berbagai bidang atau profesi, pasti kamu bakalan lebih mudah dalam melakukan apapun. Bisa nanya-nanya tiket murah, bisa dapet diskon di showroom mobil, atau sesederhana dibantuin nyeberang jalan sama orang yang kamu senyumin. Banyak banget kan, hal-hal sederhana yang selama ini sering kita lupain? (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥