Senin, 17 Januari 2022

Genmuda – Kalo ada suatu hal yang lagi kamu suka atau jadi favorit kamu banget, umumnya kamu pasti bakal terus-terusan kepikiran dan engga bisa lepas dari hal tersebut. Bahkan, pengalaman semacam itu berlaku pula pada film-film tertentu, yang walau panjangnya minta ampun tetap aja kamu tonton terus.

Dari waktu ke waktu, beragam film baru terus bermunculan dan ngeramein bioskop. Sebagian ada yang cuma satu film doang langsung kelar, tapi sebagiannya lagi ada juga yang abis itu masih beranak pinak sampai beberapa film alias jadi franchise tertentu. Pokoknya ada banyak banget deh film di dunia ini.

Nah, ngomongin soal franchise, pada dasarnya engga semua franchise bakal dikenang sepanjang masa. Meski begitu, dari sekian banyak franchise yang sukses di pasaran, ada beberapa franchise yang sampai hari ini masih tetap ditonton orang berulang-ulang kali dan ditunggu-tunggu kelanjutannya. Berikut ini adalah 7 contoh di antaranya, yang kemungkinan besar udah kamu tonton lebih dari sekali:

1. ‘Batman’

Digarap Tim Burton, versi live-action ‘Batman’ pertama kali dirilis di tahun 1989. Film tersebut berhasil nuai kesuksesan besar, yang kemudian berujung pada kemunculan tiga sekuel. Namun demikian, generasi sekarang tentu lebih akrab dengan versi reboot garapan Christopher Nolan, ‘The Batman Trilogy’. Apalagi dengan kehadiran Heath Ledger — yang disebut-sebut sebagai pemeran Joker paling ikonik — di ‘The Dark Knight’, franchise ini jelas punya daya tarik selain tokoh Batmannya itu sendiri.

2. ‘Star Wars’

Sejauh ini, udah ada delapan film dalam franchise ‘Star Wars’, termasuk ‘Star Wars: The Clone Wars’ (2008). Lewat tokoh-tokohnya yang unik dan ceritanya yang penuh fantasi sekaligus nostalgi(l)a, franchise film ini mampu narik perhatian penonton lintas generasi, mulai dari anak-anak sampai yang udah pada kakek-nenek sekalipun. Ditambah dengan kekuatan merchandise-nya yang luar biasa, wajar aja kalo franchise ini disebut-sebut sebagai salah satu franchise tersukses sepanjang masa.

3. ‘James Bond’

Franchise ‘James Bond’ udah dimulai dari tahun 1962 lewat film ‘Dr. No’. Hingga saat ini, total udah ada 26 film yang diproduksi, dengan dua di antaranya bukan hasil buatan Eon Productions. Salah satu hal yang bikin franchise ini terus menarik dari masa ke masa adalah aktor utamanya yang terus berganti. Dengan demikian, franchise ini bisa terus berubah dan nyesuain diri buat tiap generasi baru.

4. ‘Harry Potter’

Buat anak-anak Generasi 90-an khususnya, franchise ini bisa dibilang merupakan salah satu franchise favorit. Seiring bertambahnya pembaca baru buku-buku karya J.K. Rowling, otomatis franchise ini juga ikut kebagian tambahan penonton baru. Dengan kisah penuh fantasi dan tokoh-tokoh utamanya yang muda nan kece, engga heran kalo franchise ini tetap diminatin walaupun serinya udah berakhir. Semoga aja sih ‘Fantastic Beasts and Where to Find Them’ bisa ngelanjutin kesuksesannya.

5. ‘Fast & Furious’

Engga kalah seru dari franchise lainnya, ada pula franchise ‘Fast & Furious’. Kekuatan dari franchise ini ada pada para deretan pemainnya yang cukup multikultural dan tokoh penjahat baru yang berbeda di tiap filmnya. Bagi orang Indonesia khususnya, franchise ini juga jadi makin berkesan berkat kemunculan Joe Taslim di salah satu filmnya.

6. ‘The Lord of the Rings’

Pada masanya, franchise ini udah masuk dalam kategori franchise paling epic. Franchise ini dianggap sebagai salah satu proyek film terbesar dan terambisius dengan total anggaran dan waktu pembuatan yang engga main-main. Walau demikian, justru karena hal itulah franchise ini masih tetap disukain sampai sekarang. Engga peduli selama apa durasi satu filmnya, tetap aja keinginan buat nonton tiga film di franchise ini bakal selalu muncul.

7. ‘Marvel Cinematic Universe’

Saat ini, franchise terbesar yang paling digandrungin orang-orang engga lain dan engga bukan adalah ‘Marvel Cinematic Universe’. Dengan total 13 film saat ini dan karakter superhero yang beragam, film ini udah sukses nyiptain pasarnya sendiri, termasuk lewat berbagai merchandise-nya. Meski kamu bukan penggemar superhero sejati, sebagai moviegoers dijamin sebagian besar film ‘MCU’ pasti pernah kamu tonton (ya minimal kamu tau lah). (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer