Selasa, 18 Januari 2022

Genmuda – Berbahagialah para karyawan. Setelah mendapatkan THR, maka mereka turut mendapatkan gaji. Mumpung di awal bulan, suasana gajian kayaknya masih tersisa di dompet kamu. Apa kamu masih belum gajian? Yaudah, sini penulis ‘puk-puk’-in.

Seminggu habis Lebaran, sebenernya sih pengeluaran kamu justru gak berkurang, malah makin meningkat. Belum lagi kamu harus ngeluarin berbagai keperluan dadakan yang gak kenal waktu dan kondisi.

Oke, biar lebih jelas, mendingan sekarang mulai simpen uang kamu karena 7 pengeluaran mendadak ini pasti bakalan tiba setiap bulannya.

1. Sakit

Siapa sih yang mau sakit? Ya, gak ada lah. Tapi namanya musibah, manusia gak bisa prediksi kapan mereka akan jatuh sakit. Gak peduli lagi tanggal muda atau tanggal tua. Penyakit bisa dateng kapang aja, kan.

Belum lagi ongkos berobat gak murah dan segampang, slogan BPJS dari pemerintah. Otomatis uang untuk biaya berobat harus disiapin. Kalo udah terlanjur sakit gimana? Coba atasi dengan beli asuransi kesehatan yang klaimnya gampang.

2. Barang diskon

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Ini salah satu godaan yang susah banget ditotak. Kalo dulu belanja harus ke mall atau tokonya, sekarang begitu buka smartphone segala kebutuhan kamu udah bisa ditemuin dengan harga murah. Mau itu baju, sepatu, kerudung, kemeja dan segala macem keperluan (gaya) hidup.

TAPI, walau udah didiskon, baju-baju yang kamu beli itu pasti akan tetep mahal (apalagi kalo belinya banyak). Belum lagi bisa aja harganya dinaikin dulu, baru dikasih diskon. Jadi jangan ketipu ya! Gak boleh kalap liat diskon-diskon jahanam itu!

3. Pulsa dan Kuota Internet

Suka gak suka, di jaman sekarang kayaknya susah banget kalo gak pegang smartphone. Dan semakin banyak aplikasi medsos, chatting, atau streaming di hp kamu maka semakin banyak juga kuota yang dibutuhin. Inilah biaya yang biasanya membengkak setiap bulan.

Lebih lanjut, biaya pulsa biasanya dianggap sepele sehingga kita gak mikir sebelum pakenya, terutama yang pake kartu prabayar. Hal ini yang membuat pulsa dan kuota membengkak. Buat mengatasinya, kamu bisa harus nahan diri saat pake pulsa. Gunakan buat hal-hal yang perlu, gak mesti setiap hari hubungin pacar lewat telpon kan? Emangnya kamu customer service?

4. Hobi

via: Google
(Sumber: Istimewa)

“Yang namanya hobi kalo diturutin emang gak masuk akal.” Itu kata Boy, salah satu Kawan Muda yang punya hobi koleksi action figure. Pengeluaran akan hal ini kadang bikin kita gak sadar sama pengeluaran yang akhirnya kebablasan.

Punya hobi bisa jadi suatu kepuasan yang sangat menyenangkan. Namun jangan sampe hobi ngalahin kebutuhan pokok ya. Buat mengatasinya, kamu harus mulai membatasi dan membuat anggaran pengeluaran buat hobi.

5. Sedekah

Cash Money.gif

Ini sih jangan ditanya lagi. Semua ibadah dan amalan pasti akan dilipatgandakan pahalanya, termasuk juga sedekah. Banyak cara yang bisa kamu lakuin buat melakukan sedekah, gak cuma ngasih uang ke yang membutuhkan aja, tapi kamu juga bisa ngelakuin aksi lain, contohnya ngasih makanan atau minuman bagu orang-orang yang kurang mampu.

Tapi tenang aja, buat pengeluaran yang satu ini semuanya pasti bakal dilipatgandakan dan jadi berkah buat kamu. Aamiin!

6. Kondangan temen

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Jangan seneng dulu karena udah terlepas dari kelima pengeluaran di atas. Kamu mesti inget kalo abis buat Lebaran, pasti banyak yang ngelangsungin pernikahan. Jangan mikir “ah gak ada deh kayanya” atau “masa iya sih ada yang mau nikah.” Nanti yang ada kamu kaget sendiri pas dapet banyak undangan pernikahan.

Belum lagi kalo kondangannya sekalian halal bi halal. Jadi abis kondangan, pergi ke tempat lain buat jalan-jalan atau sekedar makan. Sama aja sih sebenernya, intinya kamu mesti menghemat uang kamu dari awal bulan. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.