Kamis, 20 Januari 2022

Genmuda – Naik angkutan umum emang dianjurkan sama pemerintah dan organisasi-organisasi di seluruh dunia. Tapi, masih ada aja orang yang ogah dan tetap naik kendaraan pribadinya. Alasannya sepele. Naik angkutan umum tuh engga enak karena sumpek.

Mereka belum tau aja. Sering naik angkutan umum tuh bisa munculin kekuatan super kita. Seriously! Kalau Kawan Muda belum tau, nih Genmuda.com sebutin jurus-jurus super yang bisa didapat kalau membiasakan diri naik transportasi umum.

1. Tidur Berdiri

kekuatan super 2
Penumpang pemula yang kecapean bisa gini nih. (Sumber: Daily Mail)

Genmuda.com sering nemuin penumpang angkutan umum bisa tidur berdiri. Suer. Biarpun itu bus atau keretanya sumpek banget, doi tetep aja bisa pules. Sopir kendaraannya ugal-ugalan kaya apa juga, dia tetep aja molor. Kayanya, doi udah terlatih mengencangkan pegangan serta menutup telinga dan hati di alam bawah sadarnya. Skill survival ini penting banget kalo kamu mau bertahan di kejamnya “hutan beton” Ibu Kota.

2. Body Charge!

kekuatan super
CHAAARGE!! (Sumber: boulderneurofeedback.com)

Isi angkutan umum di jam sibuk tuh kacau. Sumpek banget. Mungkin malah lebih lega isi sarden kalengan daripada bus atau kereta. Saling beradu bahu dan membodi udah biasa buat penumpang yang berdiri.

Tapi, itu bukan kondisi yang membuat jurus-jurus body charge penumpang terlatih. Waktu mau turun dan naik kendaraan umum itulah latihan yang sesungguhnya. Bayangin ya. Isi ribuan penumpang yang sumpek-sumpekan di dalem kendaraan mau turun. Sementara ribuan penumpang lainnya udah kebelet naik.

Saat itulah penumpang turun dan naik saling beradu jurus body charge! Saling dorong itu udah biasa banget. Bener. Tapi, kalo ada yang jatuh terjerembab biasanya penumpangnya pada berhenti buat nolongin. Kawan Muda tetep hati-hati ya.

3. Paru-paru kuat

Karena sering sumpek-sumpekan itu juga penumpang angkutan umum punya paru-paru terlatih secara engga langsung. Logikanya, mereka perlu berebut oksigen dengan penumpang lain. Buat penumpang yang pendek, lebih parah lagi. Selain berebut oksigen, doi juga perlu merasakan campuran bau apek keringat penumpang lain.

4. Tangkas

Kadang, ada momen ketika kita engga kebagian tempat berpegang di dalam kendaraan. Kalo udah gini, kita bener-bener perlu ngandelin kuda-kuda dan keseimbangan. Tantangannya, kita engga pernah tau kapan angkutan kita belok dan berhenti mendadak.

Namun, penumpang bus kota lebih terlatih lagi. Soalnya, sopir tuh jarang banget mau berhenti total di sisi kiri jalan waktu kita mau turun. Jadi, Kawan Muda perlu semacam loncat sedikit dari bus yang sedang melaju. Emang busnya pelan-pelan sih. Tapi kalo engga hati-hati tetep bisa jatuh juga.

5. Kontrol Emosi

kekuatan super 2
(Sumber: Giphy)

Jurus ini nih biasanya cuma bisa dimiliki penumpang-penumpang yang udah makan asam garam dan menguasai jurus sebelumnya. Doi udah udah jadi sulit terprovokasi banget, atau bahkan engga terprovokasi sama sekali mau diapain juga.

6. Indra Keenam (sort of)

kekuatan super 3
(Sumber: sixfootlobster.blogspot.com)

Kita jujur aja. Biar sistem transportasi udah bagus kaya apapun, engga ada yang bisa benar-benar memusnahkan pencopetan di angkutan umum. Kalo udah sering naik angkutan umum dan denger cerita orang-orang yang pernah kecopetan, kamu bisa merasa lebih waspada kalo kamu lagi diincar copet. Paling engga, kamu jadi lebih waspada dengan barang-barang milik pribadi.

Well, kira-kira dari 6 kekuatan super di atas mana yang udah Kawan Muda kuasain? Meski, engga super-super banget, paling engga itu semua berguna buat survive di Jabodetabek. Selamat beraktivitas! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.