Sabtu, 21 Mei 2022

Genmuda – Sebentar lagi bulan puasa. Nah loh. Meski belum resmi diumumkan pemerintah, udah ada aja pihak memprediksi 1 Ramadhan akan jatuh (sakit dong) pada Senin, 6 Juni 2016. Tinggal menghitung hari lagi, ya kan.

Di momen ini, orang Indonesia punya kebiasaan khas dalam menyambut bulan Ramadhan. Mulai dari serba religi, sampe yang HERI alias heboh sendiri. Kawan Muda masih kepo ada apa aja? Yuk, langsung simak semuanya di bawah ini.

1. Pusat Perbelanjaan Penuh

antre puasa
(Sumber: Quick Meme)

Tumplek, blek. Jelang bulang puasa, orang Indonesia gemar mengunjungi pusat perbelanjaan. Sebagian belanja dengan hati gembira emang karena senang menyambut bulan istimewa itu, dan sebagiannya lagi emang belanja karena perlu. Yang jelas, jumlah kasir di pusat perbelanjaan engga pernah sebanding sama jumlah pengunjung. Selalu deh antre panjang.

2. Belanja Berlebihan

buy_all_things puasa
(Sumber: bombshellbb.blogspot.com)

Bukan hanya belanja kebutuhan sahur dan berbuka harian, ibu, bapak, adik, atau kakak di pusat perbelanjaan belanja seperti buat satu bulan ke depan. Banyak. Banget. Lebih gawatnya lagi, orang-orang ini masih juga ngeborong isi pusat perbelanjaan di minggu berikutnya, atau bahkan keesokan harinya. Gawat. Bukan belanja Ramadhan, itu sih belanja buat zombie apocalypse.

3. Harga-harga Naik

harga mahal puasa
(Sumber: Quick Meme)

Harga naik sih biasa. Kawan Muda pasti pernah rasain. Masalahnya, harga apapun naiknya gak kira-kira menjelang bulan puasa. Wafer abal-abal biasa dijual 12 ribu harganya jadi 24 ribu. Es kelapa muda dulu biasa dibeli 3 ribuan, harganya jadi 10 ribu. Kan sebel.

Emang sih, menjelang puasa orang pada belanja banyak buat stok makanan. Penjual sebenernya berhak-berhak aja buat naikin harga mumpung ada kesempatan seperti itu. Tapi, engga gitu juga kali.

4. Serba Religi

tobat puasa
(Sumber: Meme Comic Indonesia)

Rasanya seperti sangat engga afdol bagi para produsen film dan serial kalau engga buat acara Ramadhan. Bahkan, sebelum bulan puasa pun acaranya ada yang sudah tayang. Beberapa kali, bahkan pernah ada sinetron Ramadhan tayang sebelum puasa lalu tamat jauh setelah bulan puasa berakhir.

Bukan hanya produser film, musisi juga ikut melihat peluang di bulan puasa. Penyanyi yang biasa bawain lagu cinta doang, banting stir jadi bikin lagu-lagu religi. Cek deh di media. Sebentar lagi, musisi mana aja yang bakal nerbitin album religi.

5. Iklan Bersambung

bersambung puasa
(Sumber: Pulsk.com)

Mirip acara televisi, beberapa iklan bertema Ramadhan juga sudah disiarkan jauh sebelum bulan Ramadhan dimulai. Biasanya nih, iklan seperti ini dibuat bersambung menjadi tiga bagian dan punya alur cerita.

Iklan yang tayang sebelum bulan puasa biasa mengisahkan protagonis yang dibully atau diremehkan. Terus, waktu bulan puasa tiba, muncul lagi iklan jilid dua mengisahkan titik balik tokoh protagonis. Menjelang lebaran, jilid tiganya muncul. Di jilid terakhir ini, si protagonis bakal mengalahkan si bully dan mereka pun berdamai. Semacam dongeng from zero to hero gitu deh.

6. Meminta Maaf

puasa maaf Meme-Lucu-Buat-Mantan-Maafkan-Aku-Yang-Dulu
(Sumber: Download Gambar Berkata)

Orang Indonesia juga cenderung memanfaatkan momen menjelang puasa untuk bermaaf-maafan. Menurut ajarannya, emang  bulan baik ini disambut dengan baik. Maka dari itu, banyak orang berusaha membersihkan dosa dengan meminta maaf.

“Udah mau puasa nih. Maafin gue ya.” Wei! Mau minta maaf aja ngapain mesti nunggu bulan puasa, wei!? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.