Rabu, 17 Juli 2024

Genmuda – Di era ini, Televisi udah jadi pilihan hiburan yang murah dan mudah diakses sama semua orang. Berbagai stasiun televisi akhirnya bermunculan dan berlomba-lomba buat nyajiin tayangan yang menarik, mau stasiun mancanegara ataupun lokal. Engga heran akhirnya dari hari ke hari jumlah penonton televisi makin banyak.

Ngilangin rasa capek habis seharian beraktivitas ya emang paling enak tidur-tiduran atau duduk doang, tapi kayaknya ada yang kurang gitu kalo engga sambil main handphone atau nyalain TV. Kadang kita malah ngabisin berjam-jam cuma buat duduk sambil nonton TV.

Pernah kan pasti waktu kecil kamu diomelin mama atau papa karena kebanyakan nonton kartun? Ternyata mereka ngomel emang ada benernya juga. Televisi tuh bisa ngasih segudang dampak negatif, nih berikut faktanya yang Genmuda kutip dari berbagai sumber.

 

1. Ngeliat iklan makanan dikit laper, padahal itu baru makanan di TV

Duh, kalo ngeliat dia jadi tambah laper

Kamu mungkin baru aja selesai makan, terus duduk nonton acara TV. Eh engga sengaja nonton acara lomba masak. Cuma dengan ngeliatin aja tuh otak kamu bisa bikin kamu mau makan lagi, minimal ngemil. Apalagi kalo iklan makanannya ngegodain banget. Dilansir dari shape, kamu bisa mendadak laper kalo nonton tayangan yang berbau makanan dalam waktu 10 menit.

2. Bikin gak fokus!

Apakah kamu lagi berjuang buat fokus belakangan ini? Coba kurang-kurangin nonton TV-nya. Sebuah studi penelitian berhasil ngungkapin kalo nonton TV selama 2 jam sehari itu bisa ngerusak fokus seseorang. Dan yang lebih ngagetin, kebanyakan anak-anak nonton TV minimal selama 3 jam dalam sehari.

3. Bikin gendut!

Bukan berarti buat kamu yang badannya kurus jadi malah sering nonton TV biar gemuk. Kalo kamu nonton TV secara teratur setiap harinya, lebih besar kemungkinan kamu lebih gemuk dari orang yang engga nonton TV sama sekali. Dikutip dari shape, kalo kebanyakan nonton TV tuh tubuh kamu engga gerak dan kalori yang terbakar juga dikit.

4. Likestar Wannabe

Karena kebanyakan liat artis cantik/ganteng dan perilakunya, akhirnya kamu mulai ngikutin mereka di kehidupan nyata.

5. Banyak adegan kekerasan, bikin orang jadi kasar/galak

Seumur hidup kamu nonton TV, berapa adegan pembunuhan yang udah kamu liat? Coba itung. Engga mungkin bisa, karena terlalu banyak. Latimes juga nambahin kalo sebuah penelitian menunjukan bahwa rata-rata orang ngeliat lebih dari dua adegan pembunuhan semasa hidupnya. Dan ini jadi contoh yang jelek banget. Setuju?

Masih inget peristiwa anak kecil di Indonesia yang main smack down sama temennya dan akhirnya temennya meninggal?

6. Banyak adegan sedih, jadi inget mantan

Krik… Krik… Krik… *ambil tissue! (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis