Rabu, 2 Desember 2020
Kekinian

6 Fakta yang Wajib Kamu Tau dari Kerjasama FC Barcelona dengan Rakuten

via as.comKiri-kanan: Presiden FC Barcelona Josep Maria Bartomeu foto bareng CEO Rakuten Hiroshi Mikitani. (Sumber: as.com)

Genmuda – FC Barcelona umumin kerjasama sponsor dari Rakutan, merk e-dagang asal Jepang di Auditorium 1899, Barcelona, Spanyol, Rabu siang (16/11) waktu setempat. Kabarnya diterima netizen Indonesia sekitar Kamis pagi dan langsung jadi topik perbincangan.

Pengumuman kerjasama itu dihadiri Josep Maria Bartomeu sebagai Presiden FC Barcelona juga Hiroshi Mikitani selaku CEO Rakuten. Hadir juga nama-nama besar Barca seperti Manel Arroyo dan beberapa media.

Menurut Bartomeu, kerjasama itu bikin Barca jadi klub terdepan di kelasnya. Sementara itu, Mikitani berharap Rakuten makin dikenal berkat kerjasama itu. Di bawah ini, kamu bisa liat detil kerjasama yang cukup gokil tersebut.

1. Selama empat tahun

via YouTube.com
Tinggal tambah logo Rakuten di depan. (Sumber: YouTube.com)

Kontrak sponsor itu bikin logo Rakuten tersemat di dada jersey Barca mulai musim 2017/2018 nanti. Periodenya berlangsung hingga empat musim berikutnya. Ada kemungkinan kontraknya diperpanjang setahun lagi kalo performa Barca bagus musim depan.

2. Seharga 782,7 miliar

Kerjasama itu sendiri dihargai sekitar 782,7 miliar rupiah (sekitar 47 juta pound sterling) pada Kamis sore (17/11). Itu baru setahun, gaes. Berarti, Barca bakal terima hingga 3,1 triliun selama empat musim bila kerjasamanya sesuai kontrak.

3.  Temennya Gerard Pique

via cnbc.com
Selebrasi gol Gerard Pique (depan) dengan Luis Suarez (belakang). (Sumber: cnbc.com)

Kabar dari BBC bilang kalo nego sponsorship itu dilakukan sejak 2015 lalu dalam sebuah makan malam yang dirancang Gerard Pique. Ternyata, Pique ini merupakan temennya Hiroshi Mikitani. Engga heran kan klub Spanyol bisa kerja sama e-dagang Jepang.

4. Emang gila bola

Selain punya temen pemain bola, Mikitani juga dikabarin gila bola. Doi bahkan punya klub sepakbola sendiri di J-League, yaitu Vissel Kobe. Klub itu merupakan salah satu klub berbahaya di divisi utama liga Jepang, kalo kata Wikipedia.

5. Buat gedein stadion

via w-dog.net
Camp Nou. (Sumber: w-dog.net)

Menurut BBC, Kamis (17/11), uang miliaran itu engga bakal dipakai buat beli pemain baru tapi buat gedein stadion Camp Nou. Bartomeu sebagai presiden Barca dikabarin berniat tambah bangku Camp Nou hingga 105 ribu tempat duduk. Sekarang, kapasitasnya ada sekitar 100 ribuan.

6. Makin memepet Madrid

Kerjasama itu juga bikin Barca makin memepet Real Madrid dalam urusan kekayaan. Lembaga akuntan Deloitte mencatat kalo Barca meraup untung hingga 560,8 juta Euro pada musim 2014/2015. Sementara itu, Madrid meraup 577 juta Euro dan otomatis jadi klub terkaya di dunia.

Namun, keadaannya bisa berbalik di musim 2017/2018 karena Barca dapet tambahan modal buat muter duit. Gimana menurut Kawan Muda soal kontrak kerjasama ini? Share pendapat kamu di bawah ini, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.