Rabu, 25 November 2020

Genmuda – Engga kerasa udah mau seminggu Kawan Muda ngejalanin ibadah puasa Ramadhan. Gimana nih puasa kamu? Pantang kendor dong ya, masa awal-awal udah pada bolong?

Eniwei, dari beberapa Kawan Muda udah ada yang request ke redaksi Genmuda.com soal tempat-tempat bukber yang bisa kamu pilih di daerah Jakarta. Beruntunglah gaes pasalnya permintaan kamu bakalan kita kasih sekarang juga. *cring!

Genmuda.com sendiri bakalan kasih tau kamu 5 tempat bukber paling enak serta dengan harga terjangkau. Tentunya kami membaginya berdasarkan kotamadya ya, jadi mau kamu tinggal di ujung atau perbatasan Jakarta, seenggaknya masih bisa terjangkau. Yuk, cekidot gaes!

1. Jakarta Timur – Banjir Kanal Timur

Kamu anak nongkrong Banjir Kanal Timur (BeKaTe)? Ketawan ngabuburitnya sambil mojok di pinggiran kali ya? *canda. Di luar bulan puasa, kawasan di Jakarta Timur ini sering kali dijadiin pasar tumpah, pasar rakyat, hingga pasar malam (lama-lama jadi pasar induk). Meski adanya jogging track harus berubah jadi lapak pedagang, namun kawasan ini tetep aja punya daya tarik tersendiri.

Memasuki bulan Ramadhan sepanjang jalan BeKaTe biasanya dipenuhi oleh sejumlah pedagang takjil dengan harga yang relatif terjangkau buat kantong mahasiswa. Pilihan menu dari kue basah, gorengan, hingga aneka es khas Indonesia semuanya ada di BeKaTe. Kalo engga suka bukber di pinggir jalan, ada juga aneka kafe, restoran, sampe coffee shop di sepanjang BeKaTe. Cetar banget iya engga sih?

2. Jakarta Pusat – Pasar Bendungan Hilir

(Sumber: Republika)

Bukan karena pasar Benhil deket dari kantor Genmuda.com terus masuk ke daftar ini. Bukan. Jadi, berdasarkan historisnya kawasan ini emang jadi spot paling rame saat bulan puasa (kalo bukan puasa aja udah rame dan macet). Nah, di pasar Benhil biasanya kamu bisa nemuin takjil yang engga kalah variatif dari BeKate.

Karena letaknya yang cukup strategis di wilayah perkantoran, pasar Benhil biasanya dipadain sama mahasiswa dan orang kantoran. Agak malam sedikit, tempat ini pun semakin rame oleh pedagang. Khusus buat makanan berat harganya mungkin lumayan mahal, tapi cukup worth it kok buat hangout bareng bff kamu.

3. Jakarta Barat – Jalan Panjang Kebon Jeruk

Masuk ke kawasan Jakarta Barat, Jalan Panjang Kebon Jeruk udah terkenal banget sebagai surganya makanan berbuka puasa atau pedagang takjil. Selain banyak pilihan, soal harganya pasti terjangkau banget, jadi engga heran kalo banyak masyarakat yang memilih bukber di daerah ini.

Para pedagang biasanya menggelar lapak mereka dengan tenda-tenda sederhana di pinggir jalan. Jadi maklum aja jika kawasan ini selalu padat jelang waktu berbuka puasa.

4. Jakarta Utara – Kelapa Gading

(Sumber: Istimewa)

Meski dikenal sebagai kompleks perumahan mewah, tapi Genmuda.com lebih nyaranin kamu coba kuliner Ramadhan yang ada di sepanjang Jalan Boulevard Kelapa Gading, bisa dalam bentuk warung tenda atau kafe (BUKAN MALL). Beragam kuliner Indonesia, Asian, dan Western dapat kamu cicipin di daerah Kelapa Gading. Selain banyak pilihan tempat yang cozy, harganya pun masih cukup terjangkau.

Saran dari Genmuda.com sebaiknya kamu datang lebih awal kalo mau buka puasa di daerah Kelapa Gading, kalo engga selamat bermacet ria atau masuk waiting list. Jadi silakan pilih-pilih aja dulu tempat makan yang sesuai dengan selera kamu. *gercep

5. Jakarta Selatan – Lapangan Blok S

Selain di bulan Ramadhan, Lapangan Blok S emang udah terkenal sebagai salah satu tempat makan para anak muda atau orang kantoran di Jakarta. Selama bulan puasa tempat ini pun tetetp bisa ngemanjain perut kamu. Selain takjil, kamu juga bisa icip makanan berat seperti sate, nasi goreng, seafood, dan masih banyak lagi.

Karena lokasinya yang strategis pastinya kamu engga bakalan kesulitan deh buat bukber di Blok S. Soal hargnya masih relatif terjangkau kok buat para first jobber. Tertarik coba yang mana nih?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.