Senin, 26 Oktober 2020

Genmuda – Senin, 23 Januari dan Senin-Senin seterusnya bagi para Sherlockian bakal terasa lebih nyebelin daripada biasanya. Soalnya, season terbaru “Sherlock” udah abis dengan episode terakhir yang engga ngasih tanda-tanda bakal ada season selanjutnya.

Kalo diinget-inget, episode terakhir season pertama gantung banget dengan adegan penyanderaan John Watson (Martin Freeman) di kolam renang. Terus, season kedua berakhir dengan kemunculan Sherlock (Benedict Cumberbatch) yang harusnya udah tewas sewaktu terjun bebas.

Kamu pasti masih inget juga dong kalo season ketiganya rampung dengan kemunculan Jim Moriarty (Andrew Scott) di seluruh televisi Inggris, ngomong “Did you miss me?” Padahal, doi kan juga udah tewas di season sebelumnya.

Sementara itu, episode terakhir season 4 dengan rapi nyeritain semua masa lalu dan ngungkap rahasia Keluarga Holmes. Meski engga ada adegan gantung, masih ada beberapa misteri yang bikin Sherlockian harap-harap cemas sama season kelima Sherlock. Di bawah ini adalah misteri tersebut.

1. Siapa yang ngehack semua televisi di Inggris?

via: Tumblr

Setelah diselidiki, Sherlock, John, dan Mycroft (Mark Gatiss) nyimpulin kalo Moriarty bisa nampang lagi di semua TV Inggris karena stasiun televisinya dihack “kelompok teroris.” Cuma, kelompok teroris yang mana?

Semua gembong Moriarty kan udah Sherlock berantas habis waktu doi pura-pura tewas. Sampe akhir season, engga diceritain tuh siapa hacker yang sebenarnya. Ugh, penasaraan.

2. Di mana Mutiara Hitam Borgias?

Di kisah “The Six Napoleon” karya Sir Arthur Conan Doyle, Sherlock bertekad nangkep perusak patung-patung Napoleon di seluruh Inggris. Setelah diusut, ternyata ada Mutiara Hitam Borgia, –mutiara curian, yang dicari polisi tersembunyi di dalam salah satu patung.

Terus kisah itu diadaptasi lewat judul, “The Six Thatcher,” dikisahin kalo Mutiara Hitam Borgia juga ilang dan patung-patung Margaret Thatcher lagi pengen dirusak seseorang. Setelah diusut, isi patungnya bukan mutiara melainkan flashdisk berisi file pasukan rahasia. Terus, di mana dong mutiara itu berada?

3. Di mana Philip-Donovan?

via: Tumblr

Ada yang aneh sama susunan kepolisian Inggris di season 4Ke mana perginya Sally Donovan (Vinette Robinson) dan Philip Anderson (Jonathan Aris) yang biasa dampingi Inspektur Greg Lestrade (Rupert Graves) di tiap penyelidikan?

Oke lah, Anderson mungkin jadi gila waktu Sherlock tiba-tiba muncul lagi dari ‘kematiannya’ di awal season 3 dan penonton bisa berasumsi doi dipensiunkan dari kepolisian. Sementara itu, Donovan masih sehat wal afiat dan keliatan dampingin Lestrade terus di season sebelumnya. Ke mana doi ya?

4. Gimana kelanjutan Molly-Sherlock?

Spoiler dikit. Ada adegan Sherlock nembak Molly Hooper (Louise Brealey) di akhir season 4. Sherlock ngelakuinnya karena kebutuhan kasus yang doi tangani, sedangkan Molly menganggap cowok idamannya beneran nembak. Sampai season berakhir, engga diceritain apakah mereka bedua jadian atau gimana.

5. Culverton Smith beneran ditangkep?

via: Tumblr

Dengan kekuatan politik, kelicikan, dan uang sebanyak itu, engga mungkin lah Culverton Smith (Toby Jones) yang notabene seorang pengusaha bisa tunduk begitu aja setelah ditangkep. Bahkan di akhir episode “The Lying Detective,” Smith bilang pengen ‘ngobrak-abrik’ Amerika. Well, entah kebetulan atau emang penulis naskahnya cuma pengen ngatain presiden AS yang sekarang terpilih? Biarin itu jadi penasaran kamu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.