Kamis, 20 Januari 2022

Genmuda – Ngumpulin buku referensi penting buat bahan kuliah semester selanjutnya jadi salah satu kegiatan yang bisa banget dilakuin waktu liburan akhir semester genap. Karena waktu liburnya lebih panjang, mahasiswa punya waktu lebih banyak buat nyari referensi.

Perpustakaan masih jadi tujuan utamanya, entah itu perpus kampus atau Perpustakaan Nasional di daerah Salemba, Jakarta Pusat. Sementara itu, toko buku jadi tujuan kedua ketika buku yang lagi dicari ternyata engga ada di perpustakaan.

Sayangnya, budget jadi kendala buat sebagian mahasiswa. Hal tersebut bikin mereka engga bisa leluasa belanja buku atau sumber referensi lainnya. Tapi tenang, soalnya Genmuda.com bakal kasih referensi 5 situs download buku gratis yang bisa kamu pakai. Berikut ini daftarnya:

1. Project Gutenberg

via ebookfriendly.com
(Sumber: ebookfriendly.com)

Situs ini merupakan tempat download dan nyari informasi soal buku-buku yang hak kekayaan intelektualnya udah kadaluarsa atau engga diperpanjang lagi. Dengan kata lain, ini adalah rumahnya buku-buku klasik.

Sekarang, situs Gutenberg.org udah punya koleksi sekitar 50 ribu judul buku. Semuanya bisa dicari. Bukan cuma itu, situs Project Gutenberg juga ngasih daftar puluhan situs download buku gratis yang jadi partner kepercayaannya. Ntap!

2. Bookfi (Ressurected)

via Genmuda.com
Laman BookFi yang lama. (Sumber: Istimewa)

Sekitar 2004-2007 ada sebuat situs download buku gratis yang namanya ebooksclub.org. Situs itu ganti nama jadi gigapedia.com dari 2007-2010. Setelah itu, situsnya down dan muncul penggantinya bernama BookFi yang kemudian ditutup juga karena melanggar hak cipta.

Sekarang, situs BookFI kembali bangkit. Situs berbahasa Inggris ini cuma bisa diakses lewat alamat en.bookfi.net. Sebanyak 2,3 juta judul buku tersedia di situs itu.

3. Bookboon

via goodreader.com
(Sumber: goodreader.com)

Penyuka buku yang ditulis dengan bahasa ringan bisa mengunjungi situs Bookboon.com. Kebanyakan buku yang tersedia di situs ini adalah buku-buku softskill, kayak marketing, motivasi, keuangan, hukum, tema lain yang menyangkut bisnis.

Situs ini pun merupakan salah satu ‘pemain senior’ di antara situs download buku gratis lain, karena udah didirikan sejak tahun 1988 di Denmark. Waktu pertama kali berdiri, namanya adalah Ventus. Tahun 2015 lalu, ada sekitar 50 juta judul buku yang bisa di-download dari situs ini.

4. Freebookspot

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Sementara itu, buku-buku yang lebih ‘alternatif’ bisa di-download lewat situs freebookspot. Web yang udah beredar sejak 2007 ini punya koleksi buku dari penulis-penulis yang namanya jarang didenger tapi punya sudut pandang menarik juga.

Meski begitu, keterangan resmi situs ini bilang kalo semua daftar buku yang muncul di situs itu sama sekali engga tersimpen di server mereka, tetapi di server lain. Bisa dibilang, cara kerjanya mirip kayak Google.

5. Google Scholar

via Google Scholar
(Sumber: Google Scholar)

Ketika semua situs di atas engga bisa muasin perburuan sumber ilmiah, Google Scholar jadi pilihan terakhir. Situs ini merupakan mesin pencari khusus sumber-sumber ilmiah. Bukan cuma buku, hasil penelitian, jurnal, dan riset teknis juga bisa kamu ditemuin di sini.

Sayangnya, engga semua sumber ilmiah yang terdaftar bisa di-download secara gratis karena berasal dari berbagai situs. Meski begitu, Google Scholar bisa ngasih ‘jackpot.’ Kalo lagi hoki, sumber langka yang bagus banget bisa di-download secara gratis di situs ini.

Yoks, 5 situs di atas adalah situs download buku gratis yang paling worth it buat dikunjungi. Masing-masing punya keunikan dan kelebihan yang engga dimiliki situs lain. Jadi, buku apa aja yang mau kamu download? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.