Sabtu, 8 Agustus 2020

Genmuda – Bertahun-tahun sejumlah penelitian secara konsisten menebutkan bahwa populasi bayi laki-laki melebih jumlah bayi perempuan saat lahir. Namun fakta itu berbanding terbalik karena pada saat dewasa populasi cowok di dunia justru lebih sedikit ketimbang cewek.

Dari fakta tersebut disebut juga kalo para cowok ternyata paling rentan terkena penyakit berbahaya daripada cewek. Banyak faktor menjadi penyebabnya, seperti faktor biologis, jenis pekerjaan yang mereka lalukan, hingga sikap #bodoamat para cowok dalam menjaga kesehatan.

Dari sekian banyak kasus kematian cowok, berikut adalah 5 masalah kesehatan paling sering dihadapi kaum adam. Yah, walau umur emang urusan Tuhan, gak ada salahnya lo untuk lebih peduli sama kesehatan selagi muda.

1. Penyakit kardiovaskular

Namanya mungkin jarang lo denger, namun secara sederhana penyakit ini selalu berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah seseorang. Macem penyakitnya ada banyak kayak stroke, hipertensi, sampe gagal jantung.

Menurut penelitian menyebut bahwa 1 dari 3 cowok di dunua rentan terkena kardiovaskular. Diperkirakan ada 1,8 juta cowok menderita penyakit ini di usia masih relatif muda.

Apa sebabnya: Penyebab utama terletak pada kebiasaan gaya hidup gak sehat kayak merokok, makanan penyebab kolesterol, sampe cueknya para cowok buat cek kesehatan mereka setahun sekali ke dokter.

2. Penyakit pernapasan

via: Tumblr

Organ vital lain yang rentan terkena penyakit adalah organ pernafasan. Faktanya jumlah pria yang didiagnosis kanker paru-paru setiap tahunnya bertambah.

Walau perokok pasif justru para cowok punya risiko sama besar dengan mereka yang menjadi perokok aktif. Alasannya sederhana, karena kebanyakan cowok santai aja kalo sohib mereka ‘sebats’ di depan mereka.

Apa sebabnya: Selain karena rokok, penyeban lainnya ada pada lingkungan kerja yang terkontaminasi polusi. Meski lo udah berhenti merokok atau bukan perokok, para pakar kesehatan menyarakan buat mengecek paru-paru lo sambil diimbangi dengan olahraga secara teratur.

3. Kecanduan alkohol

Selain rokok, minuman beralkohol juga jadi ancaman lahirnya penyakit berbahaya buat cowok. Sebuah laporan menunjukan jika cowok dua kali lebih banyak mengonsumsi alkohol ketimbang cewek. Risiko penyakit yang dihadapi gak kalah serem,, mulai dari kanker mulut, tenggorokan, hati, hingga usus besar.

Pada saat bersamaan alkohol juga akan mengganggu fungsi reproduksi cowok. Bahkan dari beberapa kasus bunuh diri karena depresi disebabkan karena pengaruh alkohol. Jadi gak heran kan kalo kebiasaan ini bisa mengancam kesehatan lo kapan aja.

Apa sebabnya: Jelas ketergantungan sama alkohol dan obat-obatan terlarang. Solusinya buruan deh cari bantuan ke orang terdekat atau bisa ikutan rehabilitasi.

4. Diabetes

via: Tumblr

Ya, gak tua atau muda, gemuk atau kurus, ganteng atau biasa aja, diabetes dapat nyerang lo kapan aja, bro. Bukan cuma menyebabkan kematian, diabetes juga kasih efek samping berupa impotensi karena jumlah hormon testosteron yang rendah dan tersumbat.

Bukan nakut-nakutin nih, diabetes jadi penyakit paling banyak menyebabkan kematian di dunia dan belum ada obatnya. Untuk bisa sembuh dari penyakit ini diperkirakan bisa menghabiskan dana sebanyak 10 juta lebih.

Apa sebabnya: Masih sama, yaitu gaya hidup modern yang gak sehat. Salah satu obat paling murah, batasi jumlah makanan yang kamu konsumsi dan rutin olahraga.

5. Kanker kulit

Meski jumlah cowok penderita kanker kulit biasanya berusia 50 tahun ke atas, tapi masalahnya justru terjadi saat mereka masih remaja menurut Yayasan Kanker Kulit.

Adapun timbulnya penyakit ini karena kebanyakan cowok cuek saat mereka beraktivitas di bawah sinar matahari langsung. Entah pakai kacamata hitam, krim tabir surya, atau baju lengan panjang.

Alasan terakhir kenapa cowok justru lebih banyak menderita penyakit ini karena mereka males untuk konsultasi ke dokter kulit dan kecantikan karena takut dianggap kurang macho. Yaelah, kan dokter kulit bukan cuma buat cewek aja, bro.

Apa sebabnya: Cuek, cuek, dan cuek. Daripada nyesel di akhir, mendingan mulai rawat kulit tubuh lo dari sekarang.

 

Sumber: Boldsky

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.