Jum'at, 12 Juli 2024

Genmuda –  Mahasiswa, sebuah gelar super dahsyat karena ada kata ‘maha’ di dalamnya, menandakan bahwa kamu berada di tingkat pendidikan yang paling tinggi. Sebaliknya, siswa sendiri pada dasarnya berarti pelajar atau seseorang yang menuntut ilmu.

Nah, dalam kehidupan ber-ke-mahasiswa-an (apaan sih?), pasti juga banyak cerita di dalamnya. Sama aja kayak masa SMA yang disebut sebagai masa paling indah. Bedanya, kalo kuliah tuh biasanya kamu udah agak dibebasin gitu, tapi ya harus bertanggung jawab atas diri kamu sendiri.

Tapi, terkadang ada aja nih kelakuan aneh yang dilakuin mahasiswa waktu kuliah. Beberapa hal ini contohnya:

1. Awal-awal, salah kelas

Keluar lewat jendela aja deh biar greget (Sumber: uniqpost)

Sebagai mahasiswa baru, mengafal ruangan kelas itu bukan hal yang mudah. Ya, bukan karena susahnya juga, ada aja halangannya deh. Jalan ke kiri dikit, ada senior, akhirnya muter balik. Lewat kanan, ada senior juga, akhirnya muter balik. Udah deh, gitu-gitu aja sampe gelar junior kamu tuh kandas. Akhirnya kamu susah ngafalin denah fakultas kamu.

Begitu kepala nongol ke ruang kelas, semua mata tertuju ke kamu. “Lo siapa?” tanya senior. Yak, ternyata salah kelas dan apes banget malah masuk ke kelas senior. Tapi, engga seseram itu kok, lemesin aja gaes.

2. Main ke jurusan lain cari gebetan

Kamu cari aku ya? (Sumber: liputan6)

Lulus SMA bareng, tapi si doi di Bandung, kamu di Jakarta. Kalian engga kuat LDR-an, ya, akhirnya putus. Udah deh, biasanya tugas mahasiswa baru selain harus membaur sama lingkungan ya juga harus pinter-pinter main mata. Sekalinya ada yang bening dikit, pepetin, dikejar, nanya sana-sini minta dikenalin sebelum diserobot mahasiswa lain.

Terkadang, bosen ngeliat cewek/cowok di fakultas kamu, akhirnya melangkahkan kaki dengan pede buat jalan-jalan ke fakultas lain. Misalnya ke Fakultas Kedokteran gitu kalo ada. Giliran udah sampe di sana, mata kamu mendadak jadi norak karena isinya bening-bening dan kamu ngerengek ke mama minta pindah jurusan. Canda.

3. Kalo enggak dapet gebetan, ya jadinya nongkrong

Cie ditembak (Sumber: anakui)

Setiap kampus, bahkan jurusan, tuh punya tongkrongannya masing-masing nih biasanya. Anak desain biasanya nongkrong di lapangan sambil corat-coret tembok, anak mesin biasanya nongkrong di bengkel sambil ngotak-ngatik mesin, anak akutansi… Di mana ya? Di taman kali ya, biar adem.

Mulanya masuk ke tongkrongan baru, yang isinya berbagai angkatan, pasti kamu kerjaannya diem-diem aja tuh. Disuruh apapun nurut. Tapi, lama-kelamaan akhirnya jadi woles dan…

4. Keseringan nongkrong, pulangnya malem

Ya, pulang malem. Belajar engga, ngegosip iya. Ngomongin dosen, ngomongin ibu kantin yang naikin harga es teh manis, dan lainnya. Sekecil apapun hal baru yang terjadi di kampus pasti diomongin, entah di mana sisi serunya sampe bertahan nongkrong di malam hari. Kamu salah satunya? Coba ngacung!

5. Besoknya masuk kelas telat, ngitungin jatah bolos

Belajar kungfu ajalah (Sumber: rumus.web)

Nongkrong sampe malem, tidur juga tertunda akhirnya. Begitu bangun ternyata jarum jam ada di angka 9 dan kamu sadar kalo kamu telat. Bukannya bangun, malah tidur lagi. Apalagi anak kos nih.

Sambil rebahan di kasur, kamu ngitungin jatah bolos kamu. “Wah, kelas XYZ udah mentok banget nih absen gue. Besok gak boleh telat pokoknya.” Kelas engga masuk, tapi sorenya nongkrong. Sampe malem lagi. Besoknya telat lagi. Mahasiswa nih.

Well, beberapa contoh di atas tuh engga selamanya dirasain setiap mahasiswa sih. Cuma ya, minimal pasti ada di setiap kampus. Kamu punya cerita sendiri engga nih tentang kehidupan perkuliahan kamu? Ceritain ke kita dong di kolom komentar di bawah. Nanti kita godain! (gac)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis